Intermezzo: Golongan Darah dan Sifatnya

Menilik kepribadian orang lewat golongan darah sudah jadi kepercayaan tersendiri dalam masyarakat Korea dan Jepang sejak tahun 1920-an, dan tetap terkenal meski mitos itu sudah ditolak beberapa kali. Teori golongan darah dan kepribadian bisa dikatakan setara dengan cara pandang orang Barat terhadap zodiak.

Sama seperti zodiak yang mempengaruhi personaliti dan memprediksi hal-hal dalam hidup, begitu pula golongan darah di Korea dan Jepang. Ada banyak buku mengenai pekerjaan terbaik bagi tiap golongan darah, dan bagaimana golongan darah tersebut bereaksi dalam berbagai situasi berbeda, bahkan mengenai asmara antara golongan darah dan siapa yang paling cocok untuk tiap jenis.

Bahkan profil artis Korea dan Jepang juga menampilkan data golongan darah. Jika golongan darah tak ada, maka biodata dianggap tak lengkap. Inilah yang biasanya ditanya kepada teman baru, khususnya pada lawan jenis yang dianggap menarik. Dan orang Korea sendiri akan merasa aneh jika ada orang yang tidak mengetahui golongan darahnya.

Ilmuwan di Yonsei University pernah mengumumkan mereka baru saja menyelesaikan program riset kepribadian berdasarkan golongan darah. Berdasarkan 50 riset bermotifkan golongan darah dari mahasiswa lokal dan asing, mereka menambahkan laporan yang isinya sama dengan budaya populer yang sudah lebih dulu diketahui umum.

Ada hasil yang cukup mengejutkan. Orang dengan golongan darah B, yang terkenal di Korea dan Jepang memiliki kepribadian cukup buruk, kenyataannya memang seperti itu.

Golongan darah A adalah orang yang introvert, namun beralasan, stabil dan penuh pertimbangan. O adalah tipe yang terbuka dan stabil, punya jiwa kepemimpinan yang kuat. Tipe AB baik dan easy going. Sementara tipe B… nilai-nilainya kacau karena minus semua hehehe… tidak logis, labil, kurang jiwa kepemimpinan. Cerita asmara tentang golongan darah B dulu pernah difilmkan dengan judul ‘My Boyfriend is Type B’ yang dibintangi oleh Lee Dong Gun dan Han Ji Hye.

Tipe O:
Tipe O adalah orang yang suka keluar rumah dan suka bersosialisasi. Mereka penggagas, meski tidak selalu bisa menyelesaikan apa yang mereka mulai. Tipe O kreatif dan populer, suka jadi pusat perhatian dan tampil percaya diri.

Tipe A:
Dilihat dari luar adalah orang yang kalem, punya standar tinggi (perfeksionis) dan cenderung grogian di dalam hati mereka. Tipe A paling punya jiwa seni di antara golongan darah lain. Mereka bisa jadi pemalu, teliti, dapat dipercaya dan sensitif.

Tipe B:
Mereka punya tujuan dan berpikiran keras. Tipe ini akan memulai tugasnya terus sampai selesai dan dikerjakan dengan baik. B adalah orang yang individualis dan punya jalan hidup sendiri.

Tipe AB:
AB punya kepribadian macam-macam. Bisa jadi pemalu, percaya diri, dan pemalu. Mereka bertanggung jawab dan saking bertanggung jawabnya, bisa menyebabkan masalah. Tipe AB dapat dipercaya dan suka membantu.

Membagi kepribadian berdasarkan golongan darah adalah takhayul yang hanya populer di Korea dan Jepang. Tak masalah jika digunakan hanya untuk bersenang-senang, tapi akan bermasalah jika digunakan untuk menilai orang dengan cara yang salah. Ada baiknya postingan ini juga dianggap sebagai artikel untuk menyenangkan pembaca (selain jadi bahan iseng2), jangan terlalu berpatokan pada golongan darah karena sifat orang juga dipengaruhi oleh lingkungan dan kebudayaan :)

Nah untuk hari ini, kami membahas segitu dulu. Besok akan kami bahas satu per satu golongan darah B, O, AB dan A. Jadi tetep di HC ya :)

Source: globalvoiceonline, hubpages, elyanigunadi
Picture: farm3@flickr, bienvenue-chezmoi.blogspot
Re-written, re-composed, translated by Alois ★ あずゆ & y♥ssy from Hallyu Cafe
Dilarang repost tanpa seizin author Hallyu Cafe. Gomawoyo ^^~

About these ads

Posted on February 24, 2011, in Intermezzo, Unique Stuffs and tagged . Bookmark the permalink. 10 Comments.

  1. : Uwah, pas banget ya, golongan darahku O!!
    Tipe O adalah orang yang suka keluar rumah dan suka bersosialisasi. Mereka penggagas, meski tidak selalu bisa menyelesaikan apa yang mereka mulai. Tipe O kreatif dan populer, suka jadi pusat perhatian dan tampil percaya diri.

    iya dong, aku banget! pengen semua ornag nge-liatin aku, pokoknya lebih ke cari perhatian, kadang malu-malu-in, urat saraf udah putus! hahahaha

  2. aq berdarah biru, wkwkwk
    hee golongan a magsudnya, wkwkwk
    pernah baca d toko buku tp ga ngebeli ntu buku, yg aq inged kalo darah a ga cocok makan daging2an, sayur2an aj, coz sering sakit kalo telalu makan banyak daging2an. vegetarian dung, kalo o yg banyak makan daging2an, kataaanyaaa… hehehe
    ditungguu lanjutannyaa ^^

  3. Suntea**HottestVipCassie

    Gol.darah aku A,tp kpribadian kok lbh condong k gol.darah O yah?aku ga introvert,ga pemalu,ga punya bakat seni,ga kalem,hahaha…

  4. wuah… emang bener tuh… gol darah saya A dan saya introvert yang beralasan ahhahahaha
    ditunggu artikel selanjutnya….

  5. Waduh.,ceritanya gol darah B yg pling bruk ne…aa..pyah..
    Aq gol drah B tp ky’a gx aq bgetlh

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 183 other followers

%d bloggers like this: