Sejarah Korean Pop ( K-Pop )

Daya tarik terbesar dari “K-Pop” atau musik populer Korea dapat ditemukan dalam lagu-lagu yang bagus, para penari dan efek panggung. Tempo musik yang cepat dari para idola Korea bercampur dengan irama Asia yang dengan hebatnya menarik para remaja di China, Jepang, Taiwan, Hong Kong dan bagian Asia tenggara.

Sejarah Kpop sebenarnya dimulai dengan kedatangan group beranggotakan tiga orang Seo Taiji and Boys pada tahun 1992. Group ini memiliki kontribusi yang signifikan dalam merubah berbagai kebiasaan dari musik lokal dan mengenalkan berbagai jenis dan gaya dari luar negeri. Dengan adanya pergantian abad, musik tari menjadi bagian yang penting dalam K-Pop, melahirkan banyak idola pop muda.

Para penyanyi lainnya bergerak pada jenis R&B, hip-hop dan electronica, dan bahkan juga lagu-lagu “trot.” Trot pada dasarnya adalah gaya Korea dari musik campur triple atau quintuple, yang populer dengan generasi yang lebih tua. Hal ini berkembang sebelumnya dan selama saat-saat Jepang menempati Korea. Gaya baru Trot kembali dengan irama dan tempo yang lebih cepat.

Beberapa nama di dunia musik Korean Pop adalah TVXQ, Se7en, Lee Hyori, Shinhwa, Wonder Girls, Epik High, Super Junior, Big Bang, SS501, Girls’ Generation. Kesemuanya sibuk menghibur fans dengan konser, penampilan TV, fan meeting dan festival baik di Korea maupun di luar negeri.

Di China, boy band H.O.T telah membuat kehadiran mereka dikenali bahkan sebelum kepopuleran drama-drama TV dan film Korea di akhir tahun 1990an. Dalam periode yang sama juga terdapat duo pria berotot Clone yang menggelora di Taiwan dengan menjual 450,000 kopi di tahun tersebut, catatan angka tertinggi kedua untuk penyanyi asing setelah soundtrack film “Titanic.”

Di sisi lain, jauh lebih dulu lagi musik Korea telah menunjukkan kesuksesan yang sama di Jepang, dengan ditangani oleh musisi Korea sejak tahun 70an dan 80an termasuk Cho Yong-pil, Gye Eun-sook dan  Kim Yeon-ja dengan lagu-lagu trot.  Lalu kemudian datang berbagai jenis musik dengan idola Pop Korea BoA, yang melihat albumnya terjual jutaan kopi di jepang. Ia memenangkan posisi pertama di Chart Oricon untuk kategori album sebanyak enam kali bertutut-turut dan juga mempelajari bahasa Inggris, China dan Jepang dalam rangka melanjutkan gerakannya di luar negeri.

Park jin Young, seorang penyanyi multi-talented, pencipta lagu, koreografer dan sekarang CEO dari perusahaan produksi musik miliknya sendiri JYP Entertainment, yang telah memproduksi lebih dari 27 single hit dan 19 album nomor 1 di Asia. Perusahaaanya tak hanya melahirkan banyak selebriti Korea, tapi juga memproduksi musik untuk banyak penyanyi Asia termasuk F4, Jacky Cheung, dan AI. Dengan kesuksesan membuka kantor cabang di Amerika, JYP juga sekarang memproduseri musik untuk Will Smith, Mase dan Cassie.

Penyanyi Rain dari JYP Entertainment datang dengan kisah kesuksesan terbaik, sebagai entertainer kelahiran Korea yang telah pergi ke Hollywood. Rain, panggilan Jung Ji Hoon setelah ia diambil oleh JYP Entertainment, telah mengeluarkan banyak lagu hit dan tampil di berbagai drama ngetop. Pada tahun 2004 ia memenagkan MTV Asia Grand Slam dan penghargaan lainnya yang membuat namanya dikenal ke seantero Korea. Di bagian lain dunia, ia juga diundang ke acara American MTV Video Music Awards di Miami dan  MTV Latin Video Music Awards di Mexico pada tahun yang sama.

Pada tahun 2006 ia muncul dalam website majalah “Time” sebagai 100 Most Influential People Who Shape Our World” dan juga tampil di New York  Madison Square Garden pada bulan februari di tahun yang sama. Pada tahun 2007 Rain masuk kedalam daftar world’s Most Beautiful People.” Kemudian ia melangkahkan karir aktingnya dengan muncul dalam film aksi produksi Wachowski Brothers yang berjudul “Speed Racer” (2008) dan Warner Bros  yang berjudul “Ninja Assassin.”

Source. Korea.net | Indo trans by. Stalkinghero@hallyucafe (do not repost)

About these ads

About stalkinghero

me? you can ask jejung.. he knows me well :p

Posted on May 15, 2011, in Hallyu Stars, KCulture, KPop and tagged , . Bookmark the permalink. 9 Comments.

  1. Wonderful_KissMeSiwonEli

    Jewaipi….
    And The Wonder Girls would BACK!!

    KPop emank keren ^o^
    Ga nyesal mengenal KPop..

  2. JYP keren banget deh ya… penguasa industri musik korea nih keknya dia… hehehehe…

  3. waaahhh..jadi tambah pengetahuan lagi :)
    anyway lebih besar mana sih JYP atau SM entertainment?

    • kalo dari segi keuangan taun 2010, pendapatan penjualan SME adalah yg paling besar baru diikutin YGE dan JYPE.. entah kenapa yang dimasukin sama web Korea ini JYP, pdhl JYP baru berdiri taun 97 dan SME lebih dulu tahun 95. mungkin karena JYP awal adalah seorang entertainer tapi dia berhasil mendirikan rumah bakat yg melahirkan orang-orang seperti dirinya sendiri. Bayangin, dia yg nemuin rain, dan rain bisa bikin perusahaan sendiri juga. Hohoho..mudah2an penjelasanku membantu, nanti aku cari deh artikel sejarah agensi-agensi ini

  4. Waaa…
    Mo liad yg sei taiji, tp malezz napa ya???, hehehe

  5. woooowww ternyata yang rame di jepang pertama kali itu lagu trot ya!waah, baru tau aku.. kirain lagu kpop duluan yang nyebar di korea, ternyata trot..

  6. lagu2nya seo taiji keren2! yang kudenger musiknya beda sama kpop sekarang, tapi keren!
    kalo mv-nya sih belum pernah liat.

  7. dbsk ga dijelasin ya? pdhl setau gw, mreka tuh pembuka generasi idol kedua setelah masanya h.o.t dkk
    btw, gw baru tau klu jyp ngeproduserin musik f4…f4 taiwan kan maksudnya (atau skrg dikenalnya jvkv)? bnr2 genius ahjussi yg satu ini…

  8. SUPER JUNIOR is the best!!! fighting!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 182 other followers

%d bloggers like this: