Stasiun TV Korea: KBS (Korean Broadcasting System)

Kalian yang berlangganan TV kabel pasti udah nggak asing lagi sama yang namanya Channel KBS World. Channel ini memang mendunia banget, nggak cuma ada di Asia tapi sampe ke belahan Eropa dan Amerika juga. Bahkan acara musiknya sendiri—KBS Music Bank—jadi tontonan wajib para penilik blantika music dunia. Nggak heran kalau channel yang satu ini nggak lepas andil untuk menyebarkan hallyu wave ke seluruh penjuru dunia.

KBS adalah salah satu dari 4 perusahaan tv terbesar di Korea, yaitu SBS, MBC, dan EBS yang lebih berkonsentrasi pada pendidikan. Dalam hangul, channel ini dinamai한국 방송 공사atau Han-guk Bangsong Gongsa dalam romanizenya. KBS merupakan perusahaan penyiaran publik milik Pemerintah Korea.

Sejarah singkat

KBS awalnya didirikan oleh pemerintah Jepang di Korea pada 16 Februari 1927 dengan nama Kyeongseong Broadcasting Corporation (JODK) dengan hanya siaran radio. Sampai pada akhirnya JODK ganti nama jadi Seoul Central Broadcasting Station setelah radio ini berhasil mengudara di tahun 1961. Siaran televisi KBS sendiri mulai mengudara di tanggal 3 Maret 1961. Kalo perusahaan penyiaran pemerintah nggak menerima pendapatan dari iklan, lain lagi sama KBS. KBS mulai menerima pemasangan iklan sejak tahun 1980 dan tetap mendapatkan penghasilan dari iuran televisi yang dikucurkan pemerintahnya.

Panjang juga yah sejarahnya…

Siaran

TV:

  • KBS 1TV: isinya program berita, pendidikan, budaya, dan TANPA IKLAN
  • KBS 2TV: isinya lebih mengarah ke entertainment seperti drama, olahraga, music,  talkshow, dll. Cuma di channel ini yang ada iklannya, tapi tetep ajah masih banyakan iklannya TV Indonesia. ㅠ.ㅠ

TV satelit dan kabel:

  • KBS Prime: diluncurkan tahun 1996 dengan isi berupa drama dan kebudayaan.
  • KBS Drama: diluncurkan tahun 2002, dulu namanya KBS Sky Drama.
  • KBS N Sport: diluncurkan tahun 2002, dulu namanya KBS Sport/KBS Sky Sport. Kayaknya KBS Dream Team mejeng di sini juga… ㄱㄱㄱㄱ
  • KBS Joy: diluncurkan tahun 2006, isinya acara komedi, reality show, dan kuis. Hello Baby ngeksis di sini juga loch..
  • KBS World: diluncurkan 1 Juli 2003. Siaran ini bisa kalian nikmati dengan berlangganan TV kabel atau ngoprek-ngoprek frekuensi di Dekoder berteknologi MPEG4/HD seharga lebih dari 1,7 juta rupiah. Silakan liat jadwalnya di sini. Ada lagi KBS World i yang bisa dinikmati dengan cara streaming lewat internet. Sayangnya, siaran streaming ini nggak gratis. Kita harus bayar $6 untuk berlangganan sebulan, $32 untuk 6 bulan, dan $61 untuk setahun. Kalau mau berlangganan lewat KBS World i bisa klik gambar di bawah ini..

 

Radio:

Khusus yang bisa kita nikmati adalah KBS World Radio. Ini adalah radio streaming, jadi kita perlu koneksi internet. Jangan khawatir dengan masalah bahasa. Karena setiap pukul 18.00 wib adalah jamnya siaran berbahasa Indonesia, lihat di sini untuk jadwal siaran bahasa lain. DJnya merupakan gabungan dari orang asli Indonesia dan orang asli Korea yang saya lupa namanya karena udah lama nggak streaming, 애해해. Sumpah, DJnya lancar banget pake bahasa Indonesia, cuma logatnya ajah yang bikin beda, he2.

Di sini kita bisa dapat banyak hal tentang Korea. Mulai dari belajar bahasa Korea, siaran berita seputar korea, sampai tentang lifestyle Korea juga. Jadi jangan heran kalo suatu saat kalian mendengar siaran yang menceritakan Krisis Lobak dan Sawi Putih berasa kayak Krisis beras di Indonesia, atau berita yang melulu ceritanya tentang Korea Utara, dll.

Yang mau coba streaming, Yesul sarankan pake web browser Internet Explorer ya. Kalian tinggal klik icon bergambar headphone warna pink tua ajah, karena biasanya siaran berbahasa Indonesia ada di channel satu mulai pukul 18.00 wib. Atau kalian juga bisa pilih Siaran Bahasa Indonesia 24hr yang merupakan siaran ulang dari siaran sebelumnya. klik gambar di bawah ini..

Channel Youtube KBS World: mulai ada sejak 5 januari 2007. Di Channel ini isinya Trailer drama, sampai beberapa video dari KBS Music Bank. Inilah Channelnya.

Source: Wikipedia, KBS, KBS World, KBS World Radio

Yesulli for hallyucafe.wordpress.com

Do not repost or take any parts of this article.

Well, sekian cuap-cuap saya tentang KBS. He2 kalo ada yang mau ditanyakan bisa kalian tulis di komen n semoga saya, atau author lain bisa jawab. ㄱㄱㄱㄱ

Mau kasih kritik juga boleh, karena saya masih pemula di sini dan tentu ajah masih perlu banyak belajar dari masukan. ㅅ.ㅅ

About these ads

Posted on May 15, 2011, in Intermezzo, Radio and tagged . Bookmark the permalink. 31 Comments.

  1. nice post say ;)

    sayang meski langganan tv kabel aku ga dapet yg namanya kbs T_T

  2. bagus bagus!!! Wuiihh.. Hehe,, aku juga baca artikelmu yg review mv.. Hoho.. Keren..
    Btw,, met bergabung ya di hallyucafe \^O^/

  3. nice post :) .another welcome from another newbie :D

  4. Waaa…
    Author baruuu…
    Lam kenal ya,
    Yupi disinii ^^ (berharap umurmu lbi tua drku, wkwkwk )

  5. iyaaa, aku pernah sekali denger siaran kbs radio yang penyiarnya pake bahasa indonesia. klo gak salah, ada stasiun radio indonesia nyiarin kbs radio juga deh.. suara penyiar koreanya (yang ngomong pake bahasa indo) logatnya lucu deh.. hahaahh. tapi udah lama gak liat..

    well, hai yesulli!! salam kenaaaalll..
    purplee disini..
    selamat bergabung dengan keluarga HC.. ^^
    sering sering post yaaaa :)

  6. Hai Yesulli!! :) hwohoho… ada author baru lagi euy!! wellcome!! *tebar kembang 7 rupa*

    iya, aku juga pernah streaming KBS radio itu… lucu deh, soalnya setiap judul lagu yang disebutin sama DJ-nya di translet ke bahasa indonesia semua… hwehehehe… kata kimssipuin di indo juga ada radio yg nyiarin KBS radio itu… nama radionya camajaya fm, tapi aku ga pernah denger dari camajaya itu, soalnya di rumahku ga dapat frekuensinya…

  7. halo salam kenal yesulli.. saya juga maknae *karena baru sekitar 2 bulan bergabung di dunia kpop dan hal2 berbau korea :)

    wah postnya bagus..jadi tau sayah..harusnya chanel TV pemerintah kita niru nih.. mereka tetep ada yang terima iklan…tapi ada juga yang tdk terima iklan.. jadinya kan ga bangkrut.. *mohon maaf nasionalisme saya sangat tinggi tapi ga pernah nonton chanel TV pemerintah karena emang ga ada yang bisa di tonton dari chanel itu.. :(
    mudah2an ada orang Tv T*R* yang liat post ini..

    anyway HC makin keren deh punya author2 handal kaya gini..

  8. ko mbc n sbs g ad di tv kabel yak?huhu

  9. Nin,kren lho post kamu,
    aq pgen bgt bisa nnton kbs dirumah sendri tpi sayang aq gak pke tv kabel

  10. tv kabel apa yg nyediain 4 minimal 3 siaran tv korea itu

  11. Nur Sasya Dinata

    Di KBS World gk da hello baby ya ?

  12. SBS dan MBC ada di tivi kabel ga??? gomawo ^^

  13. AKU BENCI KBS “KBS DON’T TOUCH MY BIGBANG”

  14. kalau Hello baby ada gakk di KBS World??

  15. aku langganan punya tv kabel kok, tpi yang mana siaran KBS music bank

  16. Kalo snsd kayaknya muncul di kbs1,kbs2,mbc, sama sbs ya, itu channel dimana sih?

  17. hay…
    mo tanya nih gimn caranya join or register tv.kbs.co.kr pengen nnton kbs2 udh make number passport tp ttep ga bisa

    mksh^^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 183 other followers

%d bloggers like this: