Ranking Universitas Korea Naik di Asia

mahasiswi Ewha Women University

Sejumlah universitas top di Korea naik peringkatnya di tingkat internasional. Kenaikan peringkat ini dipengaruhi oleh publikasi oleh pihak fakultas dan pengaruh akademis internasional.

Pada daftar “2011 Asian university rankings” dari the Chosun Ilbo dan Quacquarelli Symonds, Seoul university meraih peringkat 6, KAIST di peringkat 11, dan POSTECH di peringkat 12. Di Korea sendiri ketiganya adalh peringkat 1, 2, dan 3.

KAIST dan POSTECH naik dua peringkat dari peringkat Asia tahun lalu. Yonsei University di peringkat 18 (naik 1 peringkat) dan Korea University di peringkat 26 (naik 3 peringkat). Sungkyunkwan University membumbung tinggi 16 peringkat ke posisi 27. Kyunghee University di nomor 42, naik 20 peringkat. Hanyang University di posisi 44 (naik 5 peringkat) dan Ewha Womans University di posisi 45 (naik 3 peringkat). Chungang University naik besar hingga masuk jajaran top 100 di posisi 93.

Secara keseluruhan, posisi puncak adalah Hong Kong University of Science and Technology, disusul University of Hong Kong, National University of Singapore, dan University of Tokyo.

Tapi di akademik internasional, The University of Tokyo meraih nomor 1, nomor 2 adalah National University of Singapore, nomor 3 adalah Kyoto University, keempat Peking University dan SNU (Seoul National University) di posisi lima untuk Asia. Nilai ini diberikan oleh 10.563 akademisi di seluruh dunia berdasarkan pertanyaan “Universitas Asia manakah yang paling bergerak di bidangnya?”. Tahun ini, universitas Korea memiliki penilaian yang lebih baik secara berarti di bidang seni dan sastra. Tahun lalu 6 universitas Korea masuk di jajaran top 50, dan sekarang menjadi 9 universitas.

The University of Tokyo (Atau bisa disebut Toudai sama orang Jepang) menjadi nomor wahid di 4 dari 5 kategori ; seni dan sastra, keinsinyuran dan teknologi, kedokteran dan life sciences (aku bingung ngartiin ini, hehe, mian :p) dan ilmu pengetahun alam. national University of Singapore meraih posisi pertama untuk ilmu sosial dan manajemen. KAIST berada di puncak universitas Korea di bidang keinsinyuran dan Teknologi sementara 4 bidang lainnya dipuncaki oleh SNU. Peringkat ini dilakukan oleh the Chosun Ilbo dan QS sejak tahun 2009. Untuk tahun ini, ada sebanyak 437 dari 14 negara, termasuk Hongkong. Peringkat diberikan berdasarkan evaluasi untuk 4 kategori : Kualitas penelitian (60%), kualitas pengajaran (20%), penerapan kerja lulusan (10%), dan internasionalisasi [kemungkinan ini adalah hubungan dari para akademis universitas tersebut dengan dunia] (10%).

Peringkat dari universitas-universitas Korea tampaknya meningkat karena nilai mereka lebih tinggi dari tahun lalu. Para akademis internasional menilai kemampuan penelitian universitas Korea meningkat, dengan makin banyaknya hasil penelitian yang makin terkenal.

Source : the ChosunIlbo
Indonesia translation : opathebat @HallyuCafe

About these ads

About opathebat

I am not a martian. I guess so.

Posted on May 25, 2011, in Korean Life, News and tagged . Bookmark the permalink. 4 Comments.

  1. Untuk indonesia, UI masuk 50 besar loh… :D

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 183 other followers

%d bloggers like this: