Operasi Plastik di Korea

Kali ini gw akan coba sedikit jelasin tentang oplas yang hasilnya bisa wow banget. Kebetulan oplas2an ini sempat dijelaskan oleh salah satu member forum yang gw ikutin, dan untungnya beliau adalah mahasiswi jurusan plastic surgery di Jerman.

Sebelumnya gw akan mengenalkan 3 jenis oplas yang paling dilakukan orang/artis Korea:

Eyelid Surgery
Alias oplas kelopak mata. Ini mungkin yang paling populer di sana mengingat mereka umumnya cuma punya single eyelid. Gw harus menyensor gambar di bawah ini karena emang kelopak matanya disayat beneran. Dan kalau kalian perhatiin, yang warna merah itu adalah darah yg keluar.

kalau mau lihat uncensored, lihat di sini

Rhinoplasty
Oplas hidung. Tentu saja dilakukan bagi yang ingin hidungnya yang awalnya bengkok/pesek jadi mancung lurus. Kalau mau lihat gambarnya, silahkan cek di sini.

Jaw Shaping
Ini juga cukup sering dilakukan oleh orang-orang di Korea sana. Mengingat rahang mereka petak dan besar-besar. Makanya mereka menghaluskan rahang dengan cara ‘dikikis’ (bahasa sehari2) sehingga rahang mereka terlihat ramping dan berbentuk V-line. Penyembuhannya bisa 2-3 bulan.

Magnetic Resonance Imaging atau Pencitraan Resonansi Magnetik atau istilah sederhananya adalah scanner.

Jadi organ-organ tubuh kita digambarin secara detail, termasuk tulang. MRI beberapa tingkat lebih maju dibanding x-ray (yang suka dipake rontgen). Jadi MRI pada pasien yg mau dioplas bukan ditujukan untuk mencari kelainan (kanker atau tumor) tapi sekedar mencari titik khusus *istilahnya soft point* untuk “mengebor” kepala supaya tidak terjadi malpraktek. Kalau sering liat Greys Anatomy pasti pasti tahu alat ini.

Yang dipakai di Korea adalah teknik oplas internal, bukan eksternal. Maksudnya adalah, kulit muka diangkat dulu, kemudian tulang-tulang dan otot wajah yang ada di bawah kulit epidermis dibenerin. Misal, kalau mau mancung, tulang hidung diimplan pakai tulang rawan transplantasi dari bagian tubuh kita sendiri, dan rasanya sangat sakit. Di Eropa, teknik ini dipakai untuk yang cacat genetik seperti tulang mulut bersatu dengan hidung atau yang punya mata satu, tapi di Korea malah digunakan untuk oplas.

Sedikit ilustrasi setelah menjalani oplas:

di sini ada cewe asal China yang mancungin+kecilin hidungnya dan jaw shaping di Korea.

cewe ini musti dikasi supply oksigen, karena fungsi idungnya terganggu pasca operasi.

mukanya akan bengkak seperti kena beri-beri, karena cairan limfe yg mengalir ke muka terganggu.

jahitan shaping di bagian rahang

setelah mengering, bekas shaping tidak langsung jadi sempurna. Tendon otot yg ada di facial check masih infeksi sehingga agak menggembung ke samping.

proses singkatnya seperti di bawah ini.

jadinya begini

before and after

Sekedar catatan tambahan :
Teknik oplas di Korea yang sangat canggih mulai booming di tahun 2004, jadi untuk mengetahui seseorang itu oplas atau tidak, tidak bisa hanya dengan memegang/meraba bagian yang dicurigai sudah terkena pisau bedah. Tapi kalau masih penasaran juga, lebih baik melihat video lama dan baru dari orang tersebut. Karena foto memiliki banyak kekurangan, seperti :
1. Angle saat difoto dan kualitas pixel.
2. Tahun foto dibuat.
3. Make up. Make up tahun 1999-an banyak yang aneh2, seperti alis dikerok habis dan dandanannya lumayan menor. Jadi belum tentu artis yang dulunya wajahnya aneh sekarang kelihatan lebih cantik karena oplas.
4. Miracle of tech. Skin treatment yang hasilnya mulus baru ada tahun 2004-an. Tidak mungkin membandingkan foto Kim So Eun berusia 17 tahun (tahun 2006) dengan Lee Yo Won (tahun 1997), karena tahun foto diambil berbeda dan make up nya pun beda (ini hanya sekedar ilustrasi).

Teknologi kecantikan Korea yang maju salah satu bahan bakunya dari Indonesia. Yaitu buah manggis yang digunakan sebagai bahan untuk oplas2an. Kalau kita luluran pake manggis, muka akan terasa kenyal dan kinclong, flek hitam langsung luntur. Manggis mengandung senyawa xamthone yang memiliki antioksidan 10 kali lipat dari blueberry (yang katanya paling banyak antioksidannya). Lumayan nih nambah ilmu… hehehe..

explanation from youe@lautanindonesia (big thanks for her)
pics go to xz.xtata, media.daum, google, toonpool
composed by Alois ★ あずゆ@hallyucafe
DON’T REPOST

Advertisements

Posted on November 18, 2010, in Korean Life and tagged . Bookmark the permalink. 9 Comments.

  1. serem banget foto2nya. apalagi yg ngga disensor ituuuu

  2. ga akan pernah mau oplas..
    ngebayangin disayat2 gitu ja dah serem banget.. hiyy takut..

  3. YupinaCheonsaHaniya

    Ga mau nyalahin kodrat yg uda diberikan tuhan,..
    Begini ap adanya itu la yg terbaekk…

    Hiiii…
    Ga mau liad poto2 diataasss,,,
    Mengerikaaann…

  4. Aku sudah sangat cantik. Terima kasih…. ;P

  5. gw pribadi sih nggak ada masalah dgn oplas2an ini…
    gini deh, tiap orang itu punya tingkat prioritas yg berbeda… jadi, kalo misalnya si A oplas, yoweis biarin aja… dia pasti punya alasan tertentu kan kenapa dia melakukan oplas? toh si A juga oplasnya ga mintq dibayarin ama gw kan? jd gw pikir, gw ga punya hak untuk nge-judge dia macem2…

    gw pribadi, kalo dusuruh milih, gw ga mau oplas… karena oplas bukan prioritas gw… 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: