Chinese Fans Caught Stealing Social Security Numbers to Vote for Idol Groups Online

Sudah jadi bahan pembicaraan netizen Korea kalau fans China mencuri nomor KTP penduduk Korea supaya bisa melakukan voting untuk grup idol favorit mereka pada ‘Melon Music Awards’ tahun ini.

Netizen mengambil screencap dari postingan di situs komunitas China, Baidu, yang berisi informasi dan cara voting penyanyi di ‘Melon Music Awards’ dan juga cara voting untuk program musik seperti ‘SBS Inkigayo’.

Yang mengejutkan, cara ini secara ilegal memakai KTP penduduk Korea. Selain itu, fans di luar negeri juga memakai nomor penduduk Korea untuk mendownload musik dan membeli ringtone ponsel.

Netizen juga menyadari dari statistik voting Super Junior untuk ‘Melon Music Awards’, 57% dari 28,720 suara berasal dari penduduk yang berusia lebih dari 40 tahun, yang tentu saja ini adalah kejadian tak biasa, mengingat grup ini paling populer di antara fans remaja dan usia 20-an. Statistik voting untuk grup yang berada di top 4 – SNSD, SHINee dan Jo Kwon & Ga-In juga berasal dari penduduk berusia 40 ke atas.

Postingan di Baidu juga menunjukkan postingan beberapa user yang memperlihatkan screencap dengan pop-up windows yang muncul jika mereka berusaha mencuri nomor KTP, yang menanyakan pada user lain bagaimana cara menggunakannya. Pop-up box itu adalah pesan dari Layanan Pencegahan Pencurian Identitas yang menyatakan kalau social security diblokir karena kecurigaan pencurian identitas.

Menurut UU Pasal 37 mengenai Registrasi Penduduk, mencuri secara ilegal nomor KTP bisa dijatuhi hukuman 3 tahun penjara dan denda $8,700 USD.

Source: Daily Economy
Tip: Ryan
Taken from allkpop

Posted on November 29, 2010, in News and tagged , , , , . Bookmark the permalink. 1 Comment.

  1. Niat banget mau voting ampe nyuri ID KTP orang :9 tapi dari situ ketahuan banget kalo kpop udah menyebar kemana-mana. Harusnya fans international mulai diperhitungkan dalam poling

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: