Berapa Rata-rata Usia Menikah Orang Korea?

Menerima banyak undangan pernikahan teman di facebook sedikit menggalaukan hatiku. Hehe,, bagaimana ngga mupeng, bahkan teman yang sudah menikah kalau update status selalu tidak lupa upload foto anak-anak mereka yang masih bayi dan lucu. Jadi ceritanya ketika pagi ini melihat timeline twitter dan menemukan satu link artikel yang menyebutkan usia menikah orang-orang Korea, kegalauan pun menghilang seketika. Hoho..sudah basa basinya kita langsung saja ke topik hallyucafe kali ini >> Rata-rata Usia Menikah Orang Korea.

Rata-rata usia menikah orang Korea untuk pertama kalinya mencapai yang tertinggi  pada tahun lalu. Menurut statistik yang dikeluarkan pada hari selasa lalu, rata-rata usia menikah bagi pria Korea pada tahun lalu adalah 31.8 tahun, sementara wanita berusia 28.9 tahun. Jika dibandingkan dengan tahun 2000, maka usia laki-laki yang menikah 2.5 tahun lebih telat dan usia wanita 2.4 tahun lebih telat.

Angka diatas adalah angka rata-rata nasional, sementara khusus untuk kota Seoul, rata-rata menikah ini lebih tinggi lagi, bagi pria 32.2 tahun dan wanita 29.8 tahun.

Ada sekitar 1.5 dari 10 pasangan atau 14.9% atau 37.900 pasangan menikah tahun lalu dimana usia wanita lebih tua dari mempelai pria. Jumlah itu lebih tinggi 10,000 daripada tahun 2000.

Sementara jumlah pasangan yang menikah dengan usia yang sama, ada sebanyak 16% atau bertambah sebanyak 3.2% dari 10 tahun lalu.

Tak jauh berbeda bagi kabar perceraian. Pada tahun lalu, rata-rata orang Korea bercerai di usia 45 bagi laki-laki dan usia 41.1 bagi wanita. Angka usia ini naik 4.9 dan 4.6 tahun sejak 10 tahun lalu.

Pada tahun 2000, 6.5% pria dan 3.1% wanita diusia 50an memilih untuk bercerai. Tapi di tahun lalu angka ini naik menjadi 14.1% pria dan 8.9%.

Dari 1000 orang pasangan di tahun lalu, hanya 4.7 pasangan yang bercerai atau sebanyak 5.8% dan turun 0.4% dari tahun 2009.

Sun Woon Joo dari Statistic Korea mengatakan “dengan adanya implementasi atas periode wajib bermusyawarah bagi pasangan yang ingin bercerai, menjadi lebih sulit untuk mengabulkan perceraian, sementara efek dari pemulihan ekonomi juga tampaknya berperan.” Ia juga menjelaskan mengenai kenaikan jumlah orang yang menikah setelah sebelumnya selama tiga tahun berturut-turut jumlahnya menurun “jumlah ini karena adanya beberapa pasangan yang menikah tahun lalu setelah menunda pernikahan mereka karena krisis global pada tahun 2008.”

Setelah bercerai, tentu saja orang-orang bebas untuk menikah lagi dan berapa angka yang timbul bagi pernikahan kedua? Rata-rata orang melakukan pernikahan kedua mereka di usia 46.1 tahun bagi pria dan 41.6 tahun bagi wanita atau naik sebanyak empat tahun.

Source. The Chosunilbo + image. ephemera | Indo Trans & Re-Written by. Stalkinghero@hallyucafe
do not take out

*ngitung 32 tahun – usia jaejoong = hahahahhaa… masih ada waktu pedekate* 

Advertisements

About stalkinghero

me? you can ask jejung.. he knows me well :p

Posted on April 21, 2011, in Korean Life. Bookmark the permalink. 14 Comments.

  1. Wehhehehe…
    Onnniii ngitung usia jejung.. Heee
    Beda amad yaa kalo disiniii…
    Kalo disini mah baru luluz kul ajaa uda dibilang tua, huaa….
    Tp y jodoh ditangan tuhann laa..
    Kata org dulu neh, semua ad jodohnya, tinggal nunggu waktu en ga mungkin la bejodoh ama tiang =_=”
    Haaahaaahaaa
    Semangaddd onnn…
    Ditunggu undangannya,kekekekekkkk

  2. ya ampun,kalo disini cewek 23 atau 24 udah disuruh cari jodoh… terbang ke korea aja deh,nunggu donghae umur segitu.. hahay

  3. keknya cuman di Korea kali y umur ada angka desimalnya…???

  4. dan setauku buat artis2 korea, mereka memang memilih menikah diusia yang udah tua… karena pengaruh tanggung jawab sebagai artis… mesti seneng ato nggak ya?? #mikir

  5. waduh, intronya nyesek, gw mengalami hal yg sama T_T *curcol
    tapi d korea mah emang rata2 di atas 30 baru pada nikah, makanya mending qt nyari jodoh orang korea yuk~~ *ngaco

  6. yossy ohhhh~~~~~

    saya mungkin tidak akan menikah dengan artis korea~~~
    karena faktor usia~~~
    ga mau kawin tua euy~~~~

    kalau usia lee joon 32 kawinnya atau park jung min
    kira-kira ane bakal kawin antara usia 29-31 tahun #mirissssss

  7. coba….orang ina juga begitu,,,!” jadi seenggaknyaa kita masih bisa mengejar impian kita..”(oooo co wise…..^O^ “#) n lebih bisa brfikir dewasa….

  8. klo dah siap nikah ya nikah aja… kelamaan sendiri juga ga enak 😉

  9. mengapa berusia segitu sist?
    terimakasih 😉

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: