Lagu Kpop Terbaik versi Fanboy dan Fangirl di Amerika

Fanboy (DareDB):

Dengan begitu banyak artis menembus pasar Jepang saat ini, para artis lainnya telah mencoba atau berencana untuk mengambil langkah lebih maju dengan menantang industri musik Amerika yang lebih besar lagi.  Musik Amerika cenderung upbeat, catchy pop dan lagu-lagu dance dengan dibumbuhi lagu-lagu bertempo lambat yang akan selalu diingat.
BoA, Wonder Girls, JYJ, dan Se7en pernah merilis musik mereka di Amerika untuk menjadi inspirasi penyandang artis Asia pertama di industri musik mereka. Di pihak lain, Rain mengambil langkah yang berbeda dengan membintangi film Hollywood “Ninja Assassin”. 2NE1 diharapkan akan membumbung tinggi tahun ini di bawah sayap produser dan rapper Black Eyed Peas will.i.am, dan akhirnya membunculkan topik hari ini: lagu-lagu apa saja yang akan menjadi hits bila dirilis di Amerika? Jadi inilah daftarnya.

B2ST – “Thanks To” – Lagu duet ini keren. Suara Yoseob dan Junhyung halus (Junhyung berkata, “Aku terbang seperti G6!” Seolah pikirannya telah dibuat seperti itu). Lagu ini mengingatkanku tentang  rapper terkenal yang akan berkolaborasi dengan Justin Timberlake suatu saat nanti.
Taeyang – “Wedding Dress” dan “I’ll Be There” – Taeyang memiliki kualitas yang luar biasa, dan kebanyakan orang yang kukenal berpikir bahwa dia adalah makhluk paling seksi yang pernah hidup di dunia ini. Kurasa ketika para Belieber tumbuh dewasa, mereka akan mulai menggilai pria ini.
Seungri – “What Can I Do” – Lagu ini punya feel Taio Cruz untukku ketika kudengarkan.
G.NA – “I’ll Back Off So You Can Live Better” – Ini adalah lagu paring keren yang pernah kudengar di tahun 2010, dan kurasa lagunya punya nuasa yang sangat kebaratan. Masuk akal sih, karena G.NA juga berasal dari Kanada.
4Minute – “HUH” dan “Muzik” – Aku terbayang akan Pussycat Dolls karena gadis-gadis ini.
SHINee – “Forever or Never” – Lagu ini aslinya adalah lagu barat dari Cinema Bizarre yang merupakan lagu underrated yang cukup serius digarap dan lebih memberikan suara yang lebih matang untuk menarik perhatian orang-orang Amerika.
BoA – “Adrenaline” dan “Dangerous” (“Dangerous” diproduksi oleh orang yang sama yang juga memproduksi “Eat You Up“). Aku sebenarnya berpikir bahwa album BOA sedikit pas dengan selera kali ini, melihat musik club dance yang ada di album lebih relevan saat ini. Mungkin dia bisa menjadi salah satu si penyandang nama artis Asia pertama bila dia merilis album Bahasa Inggris lainnya dengan akan dirilis film Hollywoodnya yang akan datang ini.
2NE1 – “Can’t Nobody“, “Clap Your Hands“, dan “Go Away” – Pada awalnya, aku ragu bila 2NE1 akan punya kesempatan di sini, tapi tiga lagu ini memberikan kesan yang kuat untuk image mereka yang ‘ganas’. Dikemas dengan bahasa yang gamblang dan vokal yang kuat, orang-orang Amerika pasti akan jatuh cinta pada mereka.
Se7en – “Drips” – Kalau tidak salah, lagu ini pernah menjadi feature di iklan Lexus beberapa waktu lalu. Lagu-lagu CF memiliki tendensi untuk lebih populer ketika diputar di radio. Tapi sayangnya, orang akan lebih mengingatnya sebagai “Lagu Lexus,” bukannya lagu milik Se7en.
Super Junior-M – “Off My Mind” (Henry Solo) – Kurasa cukup membantu dengan Henry berasal dari Amerika Utara, karena dia tau bagaimana caranya menciptakan suara yang pas untuk marketnya sendiri. Akankah SM berencana untuk membuatnya sebagai artis solo di Amerika?
GD&TOP – “High High” – Lirik bahsa Inggrisnya memang harus sedikit diubah, tapi lagu ini punya potensi untuk sukses.

Bicara tentang SHINee, produser “Lucifer” merilis sebuah English demo untuk lagu ini. Tidak jelek juga, dan aku bisa mengerti kenapa dia menghilangkan “Lucifer” dari liriknya, karena itu sama saja bunuh diri di Amerika. Para ahli  bible akan berpikir mereka adalah budak Setan (hanya melihatnya dari judul lagu).

Apa kalian memperhatikan semua artis pria yang kupilih bersolo atau duet? Karena mereka yang sedang tren saat ini. Lagu-lagu Boy band tidak akan berhasil di Amerika sekarang. Karena itu aku lebih memilih SHINee “Forever or Never”, karena kupikir lagunya akan lebih disukai. Tapi yang kupilih ini punya kualitas spesial. Beberapa girl grup secara spesifk akan berhasil menjalaninya. Image dan materi lagu SNSD sama sekali tidak akan disukai di Amerika kecuali bila SM menciptakan subgrup image baru yang lebih provokatif dan ganas. 2NE1, 4Minute, dan mungkin f(x) lebih cocok di sini.

Siapa tau, mungkin setelah arti-artis ini selesai promosi di Jepang, mereka akan mulai menginvasi dunia barat. Dengan begitu, mereka tidak hanya akan menjadi pelopor yang legendaris, tapi pasar yang lebih besar kebanyakan bisa menciptakan kesuksesan yang lebih besar juga. Saat ini kita tinggal melihat pertarungan mereka dengan siapa yang akan berada di puncak, Amerika menunggu adanya artis Asia yang sukses melewati industri musik mereka.

Fangirl (MrCKDexter):

Aku juga ingin melihat artis K-pop favoritku meraih kesuksesan mereka di Amerika, tapi yang ingin kutekankan adalah Amerika SUDAH melihat kesuksesan para artis Asia. Perjalanan ke Timur yang panjang?  sebut saja begitu untuk menyebut  perjalanan para grup Asia Amerika, bukankah ini sudah saatnya bagi Artis Asia dari Asia bersinar di Amerika?

Aku banyak mendengar spekulasi orang-orang bahwa Girls’ Generation mungkin akan berhasil di Amerika karena mereka sangat Asia. Aku tidak sepenuhnya setuju, tapi itu pemikiran yang cukup menarik. Tidak ada yang menyukai mereka di Amerika, karena mereka adalah wujud stereotype “Gadis Asia yang cute” secara sempurna.

Selain artis yang sudah disebu di atas, aku ingin menambahkan:

Jay Park – “Abandoned” – Tidak mengejutkan lagu yang dinyanyikan oleh seorang Korean American ini akan terdengar berbeda di telinga orang Amerika. Simak English version yang Jay Park tulis dan bagikan untuk para fansnya di youtube.
Miss A – “Love Alone” – Beberapa orang mengkritik lagu ini terdengar begitu Amerika dan tidak mecerminkan Miss A sama sekali. Tapi ketika aku menangkap tune catchy yang kusuka, aku sama sekali tidak peduli apa kata orang-orang di luar sana. Aku suka lagu ini! *aku juga =D*
One Way – “Magic” dan “Rainy Days” – One Way memuliki kulitas suara R&B yang elegan seperti Ne-Yo atau Usher. Fakta bahwa mereka berbicara bahasa Inggris dan menulis lagu mereka sendiri pun sudah sangat menjual.
Rania – “Dr. Feel Good (English version)” – Melihat lagu ini menjadi feature di saebuah show TV Amerika di MTV and Spike, bisa kubilang lagu ini pas dengan kecenderungan musik America.

Yang manrik adalah Rania tidak akan menunjukkan etnisitas anggota mereka dalam promosinya di US, ternyata artis baru ini akan lebih fokus pada penampilan di radio, tanpa memberitahukan latar belakang mereka ketika melangkah ke pasar US. Aku sangat penasaran dengan keberhasilan promosi mereka.

Fanboy menyebut Taeyang dan menjelaskannya dengan sangat baik, tapi aku ingin menambahkan lagu lain ke dalam daftar untuk pemanis: “Connection“, lagu berbahasa Inggris yang dimasukkan ke dalam versi internasional Solar. Kurasa Taeyang mungkin adalah salah satu artis Korea yang sangat menjual di Amerika.

Menurut kalian lagu-lagu apa lagi yang akan menjadi hit di Amerika?

———————–

*Fanboy and Fangirl adalah penulis editorial baru di Koreaboo. 

source: MrCKDexter@koreaboo
indo trans: kimchidee@hallyucafe
*DO NOT TAKE OUT
Advertisements

About Dista Dee

|DARKee's Maknae| author of Louboutin's Catalyst | ignorant graduate student | cynical blogger| a-never-ending-idiocy | I.should.Stop.this | follow my tweets on: @kimchidee

Posted on May 19, 2011, in Fanmade, News and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 7 Comments.

  1. hampir semua lagu yg disebutin diatas memang lagu2 yg nemplok di playlist-ku hehehe…
    thank you-nya yoseob&junhyuny beast, wedding dress-nya taeyang, go away-nya 2ne1, high high-nya GD&TOP, abandoned-nya jay park & rainy days-nya one way (soalnya ini lagu bogor banget!! hahaha..)

    buat lagu jay park, sebenernya aku lebih suka tonight dibanding abandoned, tapi kalo buat dijual diamrik, tonight emang kurang cocok sih.. melodinya khas kpop banget.. 😀

    lagu lain yg sepertinya bakal di suka di amrik menurutku adalah : lonely-nya 2ne1 (feel-nya pas denger lagu ini sama kek kalo denger lagunya rihanna yg unfaithful), digital bounce-nya se7en ft. TOP (iramanya catchy bgt), 사랑은 비를 타고-nya CNBLUE (iramanya sweet & indah) 😀

  2. sunteaaddict

    suka banget sama komen “Taeyang memiliki kualitas yang luar biasa, dan kebanyakan orang yang kukenal berpikir bahwa dia adalah makhluk paling seksi yang pernah hidup di dunia ini. Kurasa ketika para Belieber tumbuh dewasa, mereka akan mulai menggilai pria ini.”

  3. wah yg ada diatas fav song ku,,kyak
    4minute-huh,muzik
    GD&TOP- HIgh high
    2ne1-cant nobody,clap your hands
    seungri-what can i do
    shinee

    pokoknya mantep2 semua dah,ga bosen bwat d dengerin,,.

  4. love2ne1bigbang

    wah..rata2 artis YGE ya…secara gtu ya musiknya kren bget…
    YGfam NOLJA…hebbbbaaattt..yg lain lewat…
    Turut prihatin dg pnilaian SNSD….^_^d

  5. waduh.. snsd kasian juga di kasih komentar kaya gitu.padahal di korea dia paling oks.. tapi selera korea sm amerika beda sih.. mudah2an mereka bisa tembus pasar amerika.. *terusss indonesia kaaapaaannnn…??

  6. Tapi SNSD uda mulai mauk ke Amerika loh…
    Doain ya biar sukses!!!

  7. 2ne1 I love you,I’m the best,,go away,it hurts,lonely,fire,don’t stop the music dll
    4minute muzik,hot issue,volume up,
    Kara lupin
    Taeyang I need a girl
    Bigbang monster,alive,bad boy,blue.
    Taetiseo twinkle,baby steps
    F(x) electric shock
    T-ara po beep-po beep,day by day,lovey dovey
    After school bang
    Miss a love alone,good bye baby
    2pm again and again

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: