Parlemen Korea Selatan Sedang Mempersiapan Peraturan Pelarangan Lip-Sync Bagi Penyanyi??

Group idol Korean Selatan seprti Girls’ Generation dan Super Junior adalah bagian dari maraknya Hallyu wave yang menyapu seluruh bagian Asia, namun kebali ke negara asal mereka, mereka harus menghadapi sebuah berita yang agak memalukan. Dengan kenyataan bahwa kadang kala para group ini melakukan lip-sync dalam penampilan mereka di atas panggung, Parleman Korea Selatan telah secara khusus mempersiapkan “Amandeman Undang-undang Pertunjukan Seni”, yang mana akan mengatur para idol untuk bernyanyi secara langsung, atau jika ada hal lain yang memaksanya untuk tidak melakukan hal tersebut, mereka harus memberitahukan secara langung kepada para penontonnya.

Berdasarkan berita dari JoongAng Daily News, peraturan ini telah dibicarakan pada tanggal 13 Mei lalu. Khususnya, peraturan tersebut menyebutkan bahwa penyanyi dilarang melakukan lip-syncing pada saat melakukan penampilan secara komersial, dengan aturan saknsi bagi siapa yang melanggar akan dikenai hukuman penjara maximum 1 tahun kurungan dan denda maximum satu juta won. Peraturan ini telah dibawa ke tingkat pemerintahan karena hal ini dipercaya dapat “meningkatkan budaya pertunjukan seni Korea”.

Namun pada kenyataannya, karena kebanyakan group idol Korea memiliki jumlah personel yang banyak, bagian menyanyi solo para personel group idol sangat pendek; sebuah kantor berita Korean Selatan telah menganalisa penampilan dari 7 group idol terkenal dan menemukan bahwa setiap personel group idol ini rata-rata hanya mendapat kesempatan bernyayi solo selama 6 detik, bahkan ada diantara mereka yang tidak mendapat bagian menyanyi solo sama sekali. Hal ini lah yang kemudian membuat publik mempertanyakan kemampuan menyanyi dari para idol ini.

Berita mengenai peraturan ini banyak mendapat tanggapan juga dari para fans mereka di negara-negara lain seperti Taiwan dan Jepang, mereka berkata: “Jika mereka (group idol) melakukan lip-sync dengan tujuan untuk memberikan penampilan keseluruhan yang lebih baik, kenyataan tersebut bisa diterima”. Para fans lainnya setuju bahwa memang bagus melihat penampilan yang jujur dari para idol, namum rasanya tidak perlu untuk dibuat undang-undang resmi dengan peraturan hukum yang mengikat seperti ini.

Bagaimana menurut kalian mengenai peraturan ini?

Source: Now News via Koreaboo

Indo trans & Re-written by : missjutek@hallyucafe

Advertisements

About missjutek

gw cuman manusia biasa yg punya banyak kekurangan dan kelebihan (untungnya...). Disebut missjutek karena muka gw yg jutek (sebenernya bentuk alis gw yg melengkung banget dan item yg bikin muka gw keliatan jutek), padahal hati gw baik loh... *halah...*

Posted on May 22, 2011, in Hallyu Stars, Idol's Life, KPop, News and tagged , . Bookmark the permalink. 2 Comments.

  1. mnrtku,emg perlu dbuat aturan penyanyi menyanyi langsung tnp lip sync..rasany aneh penyanyi lip sync n g nyanyi,lalu ap kerjaan dy klo hny lip sync..klo cm lip sync,smw org jg bsa..mgkn dlm keadaan trtentu blh lh lip sync..denda mhl aj,g ush kurungan pnjra..

  2. kalo berkaca pada hukum indonesia, aku pikir sih ga perlu ada UU kaya gini. (secara masih banyak yang di urusin..ada kemiskinan,pendidikan, TKI, de el el)
    tapi mungkin di korea udah ga ada hal lagi yang di urusin. makanya ampe di bikin UU untuk lip-sync.
    aku rasa hal ini karena pemerintahnya sudah melihat hallyuwave yang makin berkembang.. idol2 mereka sudah merambah kemana2, asia bahkan eropa. jadi mereka mau idol2 dari negara mereka memiliki kwalitas. bukan hanya tampilan luar tapi juga punya suara yang memang tidak akan kalah bersaing.
    bagus juga sih, ini akan semakin memicu para idol2 itu untuk lebih baik..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: