50 Alasan Seoul sebagai Kota Paling Keren se-Dunia (Part 1)

Ada alasan turis-turis Asia merangking Seoul sebagai kota favorit mereka di seluruh dunia selama tiga tahun berturut-turut, mau tau apa aja? Silakan eh disimak!

1. Galbi

Iga panggang yang diasinkan ini bernama galbi dan merupakan makanan Korea paling populer dikalangan turis asing. Soal makannya adalah pengalaman yang bisa kamu coba sendiri, dengan seorang ‘koki’ di dalam grup yang mencurahkan segenap ‘dedikasinya’ untuk memanggang daging di wajan cekung di tengah meja *alias masak sendiri*. Beberapa staff yang ramah akan selalu siap untuk membantu para turis pemula. Galbi di Budnamujip tidak pernah mengecewakan.

Budnamujip, 689-12 Yeoksam-dong Gangnamgu (강남구 역삼동 689-12); +82 2 2088 3392

2. Drama queens

Dimulai dari gaya pelatnya Choi Ji-woo dan hilangnya memori Bae Yong-joon di drama “Winter Sonata” tahun 2002. Para ibu rumah tangga yang jatuh cinta pada drama ini berbondong datang ke Seoul, membuka lebih banyak gerbang produksi drama dan juga international fandom hallyu (Korean wave). Kru kamera syuting di sepangjang lokasi kota Seoul. Mereka mudah ditemukan — karena kebanyakan dibuntuti oleh ratusan fans yang memekik histeris melihat idol favoritnya.

3. Asisten pribadi paling pintar dan murah seDunia

Layanan sehari-hari Haejuseyo akan mengambil laundry kamu dan mengantarkan makanan — dan bahkan melakukan pekerjaan pribadi yang lebih sulit lainnya — dengan biaya rendah mulai dari ₩7,000. Mungkin karena itu situs “The Daily Beast” New York baru-baru ini menyebut Korea sebagai negara paling malas di Asia. Mereka salah paham, tentu saja. Kalau kita tidak sibuk sepanjang hari, kita tidak akan membutuhkan bantuan ekstra dari para ‘asisten’ ini.

Anyman; +82 2 1588-5279

4. Jembatan-Pancuran Paling Spektakular di Dunia

Jembatan Banpo dan pancuran Moonlight Rainbow telat tercatat dalam Guinness World Records sebagai jembatan pancuran terpanjang di dunia dengan panjang 1,140 meters. Juga merupakan jembatan paling photogenic, memancurkan anak air yang menari melalui pipa semprot dengan 10,000  lampu LED  yang menyilaukan. Untuk melihat pemandangan memukau ini, kamu harus mengecek jadwalnya:

 jam operasi
※ April – Juni, September – Oktober:
* Senin – Minggu : 12:00, 17:00, 18:00 (3 kali sehari, 20 min)
※ Juli – Agustus:
* Senin – Jumat : 12:00, 17:00, 18:00, 19:00 (4 kali sehari, 20 min)
* Sabtu – Minggu : 12:00, 17:00, 18:00, 19:00, 20:00, 21:00 (6 kali sehari, 20 min)

dan melihatnya dari 88 Highway atau Gangbyeon Highway saat malam.

5. Jjimjilbangs yang super Ceria

Sauna di Korea (jjimjilbang) mengambil konsep tradisi lama termoterapi yang dapat membantu kamu untuk melepas segala stres dengan mengeluarkan banyak keringat. Jjimjilbang terbaik — seperti Dragon Hill Spa yang terkenal — merupakan gedung bertingkat yang dilengkapi dengan kolam whirlpool, ruangan mineral, ruang pijat, salon kuku, ruang TV, café manga *komik* dan restoran di mana kamu bisa bersantai sebelum dan sesudah berendam, menggosok badan dan mencoba steaming untuk peremajaan kulitmu.

Dragon Hill Spa, 40-713 3-ga Hangang-ro, Yongsan-gu (용산구 한강로 3가40-713); tel. +82 2 792 000

6. Skandal Selebritis Terliar

Lee Ji-ah telah menjadi salah satu aktris paling misterius di Korea — suatu prestasi yang luar biasa mengingat kemampuan netizen Korea dalam pencarian informasi di Internet dikenal sangat gencar dan radikal. Kemudian di bulan April, muncul berita bahwa dia telah menikah selama 9 tahun dengan Seo Taiji, penyanyi terbesar dan “Presiden Budaya” di Korea. Lalu bercerai!

Ditambah lagi dia juga sedang berkencan dengan aktor terseksi di seluruh Korea Jung Woo Sung ketika berita ini tersebar dan sempat membuat geger seluruh negeri. Untungnya, kami sudah cukup pulih dan sangat siap untuk masa krisis selanjutnya. *LOL*

7. Golf di segala cuaca

Mark Twain pernah berkata bahwa golf adalah cara yang oke memanjakan kaki untuk berjalan *saya ngeliatnya karena area golf itu luasnya amit-amit nggak nanggung, dan orang” biasa pake Golf car buat pindah ke satu lokasi ke lokasi lain*, tapi Seoulites *sebutan untuk penduduk kota Seoul – keren yah! =D* tidak pernah membuat berjalan kaki menjadi penghalang mereka untuk tetap bermain golf. Area golf terlihat dimana-mana di sekitar kota, juga para pemain ‘pro’ dengan sepatu don golf mereka, menyewa club *stik* dan memukul luapan hati mereka jauh ke luar jangkauan pandangan mata. Kamera-kamera merekammu saat kamu mengayunkan stik, jadi kamu bisa melihat tayangan ulangnya dan mengecek apa yang salah dengan gerakanmu.

Design Screen Golf, 150 Yeomni-dong, Mapo-gu (마포구 염리동 150); +82 2 704 0753

8. Maniak ‘Kesehatan’

Seoulites tidak pernah lelah mengajarkan bagaimana cara hidup sehat. Mereka akan makan apapun demi umur panjang, yang membuat seluruh kota terobsesi dengan makanan organik dan tonik kesehatan lainnya. Jadi, apa hal ini berhasil? Menurut worldlifeexpectancy.com, Korea selatan menduduki posisi ke 27 di seluruh Dunia dalam harapan hidup penduduknya pada rata-rata 78,7 tahun tiap orang (Andorra, Jepang dan Singapura adalah 3 teratas). Tidak masalah, kami akan berusaha keras untuk bisa mencapai posisi top 10 — atau berusaha sampai mati.

9. Museum yang Tidak Wajar

Ini bukanlah tamasya paling menyenangkan di Seoul, tapi penggila sejarah dan fans Park Chan-wook fans bisa melakukan tour ke Seodaemun Prison. Pernah digunakan untuk memenjarakan pejuang kemerdekaan yang bangkit melawan pemerintahan Jepang, penjara ini sekarang menjadi museum dengan pameran-pameran yang mengerikan, seperti ruang eksekusi yang bisa bikin merinding pengunjungnya.

Seodaemun Prison, 247 Uljuro, Seodaemun-gu (서대문구 을지로  247); +82 2 360 8590

10. Mall Bawah Tanah Terbesar di Asia

Di Samseong-dong, COEX adalah tempat bermain yang luas, dengan toko-toko, arcade, restoran, teater dan Museum Kimchi. Pusat pameran di lantai atas menampilkan pameran pernikahan terbaru atau perumahan, dan juga merupakan venue utama untuk Seoul 2010 G20 Summit.

simak alasan-alasan lainnya di beberapa part selanjutnya, =D

—————————-

source : cnngo, visitkorea
credit to: Frances Cha Lucy Corne
translated & recomposed by: kimchidee@hallyucafe
thanks stalkinghero for the tip!
*DO NOT TAKE OUT
Advertisements

About Dista Dee

|DARKee's Maknae| author of Louboutin's Catalyst | ignorant graduate student | cynical blogger| a-never-ending-idiocy | I.should.Stop.this | follow my tweets on: @kimchidee

Posted on May 24, 2011, in Interesting Places, KCulture, Korean Food, Korean Life. Bookmark the permalink. 17 Comments.

  1. iya… itu pengen nyobain saunanya orang korea deh… seru gitu kayaknya… 😀

  2. pengen ke Banpo bridge ah!!! mau tau gimana rasanya berduaan di situ meratapi air mancurnya ohohoho

  3. waaa,…
    pengen ke museummnyaa…
    mo tau sereman mana ama disini, xixixixixi

  4. pengen cobain makanan korea nih.. kayanya tiap liat di drama, variety show.. enak2 bangeeettt…

  5. pengen ke jeju island.. seru kayaknya tuh tempat. Setiap liat di drama pasti ngiler.. waaaaaa…

  6. dari 10 alesan d atas, yg paling bikin gw trtarik adalah…skandal selebritis terliar!!! *beda sndiri*
    ntahlah, gw trtarik aja ama kmampuan misterius lee ji ah-seo tai ji yg bisa ngelabui netizen berinsting tajam slama brtaun2
    “Untungnya, kami sudah cukup pulih dan sangat siap untuk masa krisis selanjutnya.” gw suka narasi ini!!!! kekekeke~~~~

  7. SPOILER : GD di nomor 30! :))

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: