12 Hal Penting Bagi Para Expatriat Yang Tinggal Di Korea

Jika kalian baru saja pindah dan menetap di kota Seoul dan pada hari pertama kalian kerja kalian pergi ke karaoke hingga pukul 3 pagi. Dikelilingi oleh para gadis-gadis teman kerja kalian yang terus menerus berpose “V signs” setiap kali kamera mengarah pada mereka, sambil menyanyikan lagu-lagu boyband ‘klasik’ semisal Backstreet Boys.

Well, itulah kehidupan sehari-hari kalian di Korea. 😀

Hapus rasa “culture shock” kalian dengan petunjuk kecil ini untuk bisa tetap bertahan hidup di Seoul, Korea. (A/N : atau setidaknya mungkin ini bisa membantu kalian untuk berpikir ulang apa akan tetap tinggal di Korea… Hihihihi… 😀 )

1. Belajarlah untuk minum seperti seekor ikan

Mungkin di kontrak kerja kalian disebutkan bahwa jam kerja kalian adalah mulai jam 9 pagi hingga jam 5 sore, tapi sebenarnya tidak seperti itu di Korea. Pesta ulang tahun, jamuan makan malam para staff dan pekerjaan lainnya akan memaksamu untuk tetap “bekerja” hingga larut malam. Ingat lah hal ini adalah peraturan penting dalam dunia kerja di Korea Selatan, undangan adalah kewajiban (maksudnya, jika kalian diundang ke suatu acara yang berhubungan dengan pekerjaan kalia, maka kalian wajib hadir!). Dan dalam jenis “pekerjaan” seperti ini, minum-minum sudah menjadi suatu keharusan. 🙂

2. Cobalah untuk tidak ‘ke-Ge-eR-an’

Hanya karena kalian diperhatikan orang-orang dijalanan yang terlihat kaget melihat kalian adalah bukan orang Korea, bukan berarti kalian orang terkenal. Karena mereka itu mungkin hanya golongan minoritas yang sedang cari perhatian, jadi jangan terlalu memikirkan hal itu, Ok?!

3. Bawa pakaian anda sendiri

Jika kalian memiliki bentuk bahu yang lebar, ukuran sepatu yang besar, ukuran dada yang besar atau apapun anggota tubuh anda yang besarnya diatas rata-rata orang Korea, lupakanlah mimpi anda untuk mendapat pakaian yang muat untuk anda di Korea, karena kalian mungkin tidak akan mendapatkan yang sesuai tanpa berburu dengan liar. Dan jangan pernah berpikir untuk mengimitasikan gaya berpakaian orang-orang Korea pada tubuh anda tersebut, karena tidak akan cocok! Well, sepertinya ini sebuah tantangan bukan? 😀

4. Belajarlah menarikan tarian K-Pop

Tak perduli seberapa “lurus” kalian, kecintaan masa pubertas kalian pada boyband atau girlband (masih ingat Spice Girls dan N’Sync?) akan kembali setelah mendengar lagu-lagu dari para boyband dan girlband Korea, mulai dari 2PM dan BIGBANG hingga Wonder Girls dan Girls Generation. Dan jangan merasa malu untuk mempelajari tarian mereka; karena teman-teman berkebangsaan Korea kalian pasti akan sangat menyukainya.

5. Jika kalian gay, sembunyikan hal itu!

Meskipun masyarakat Korea dikenal sebagai orang-orang yang individualis, dan meskipun peraturan hak asasi untuk para gay telah diberlakukan dari 10 tahun yang lalu, namun masih banyak orang-orang yang memegang teguh nilai-nilai anti-gay dalam kehidupan sosial mereka yang amat konservatif (kuno). Jadi, jika kalian masih ingin tetap tinggal dengan nyaman di Korea, sembunyikan atau buang jauh-jauh jiwa ke-gay-an kalian.

6. Belilah krim wajah yang bagus

Entahl lah apa ini faktor polusi yang tinggi, tinggat stres kehidupan korea yang tinggi, atau mungkin efek air di Korea, tapi dengan tinggal di Korea ini akan membuat kalian terlihat lebih cepat tua, dan jerawat serta kerutan diwajah anda akan berkembang biak dengan cepat. Jadi tidak mengherankan mengapa banyak klinik kecantikan hampir disetiap sudut jalan kota Seoul.

7. Keluarkan sisi diva kalian!

Hampir di setiap kalian pergi bersama teman-teman anda di malam hari, kalian akan pergi ke a nore-bang atau tempat karaoke, dimana kalian dan teman-teman kalian tersebut bisa menyewa satu kamar yang private untuk bernyanyi sepuasnya, kalian bisa saling berteriak menyanyikan lagu apa pun yang kalian inginkan disini.

8. Jangan memberi uang tip

Awalnya mungkin kalian akan mendapati seorang pelayan yang menghampiri kalian ketika kalian telah membayar bill kalian dan mengatakan bahwa uang yang anda bayarkan lebih banyak dari yang seharusnya. Sopir taxi, penata rambut, dan pelayan restaurant tidak menerima uang tip, jadi simpan uang lebih kalian itu untuk dana tambahan untuk jalan-jalan ke tempat lain dengan teman-teman kalian.

9. Jangan jadi pecandu kopi!

Secangkir kopi di Korea aslinya hanya terbuat dari satu sendok teh kopi bubuk asli, jadi kalian yang pecandu kopi mungkin harus menghabiskan enam cangkir kopi dulu untuk medapat sensasi minum kali yang anda inginkan. Dan harga secangkir kopi di korea itu sama sekali tidak bisa dikatakan murah — secangkir java coffee bsa berharga tiga kali lipat dari harga yang biasa kalian bayarkan di negara asal kalian. Jadi jika kalian sudah terlanjur menjadi pecandu kopi yang tinggal di Korea, cobalah untuk minum kopi stick instan saja (ini lebih murah dan mudah).

10. Buat foto makanan kalian

Hal yang biasa jika kalian datang ke suatu restaurant, makan disana dan menfoto apa yang kalian makan dengan kamera DSLR milik kalian. Mulai dari makanan pelengkap khas Korea seperti kimchi hingga daging barbecue, segelas teh atau kue beras semuanya menarik dan boleh kalian foto. Semua orang melakukannya dan lagi pula siapa sih yang akan mengingat makanan-makanan itu setelah memilin tujuh gelas soju sebagai minuman pendamping paling populer di Korea? Kalau tidak kalian foto, kalian tidak akan ingat setapa cantiknya makanan-makanan itu!

11. Sesuaikan program diet kalian

Selamat tinggal terigu, dan ucapkan selamat datang pada makanan pedas dan nasi (A/N : ucapan pembuka ini keknya cuma cocok buat para bule ya, kalo buat orang Indonesia kayak kita mah emang udah terbiasa dengan makana pedas dan nasi :D). Makanan penuh terigu kalian akan berubah 180 derajat menjadi dunia makanan khas Korea. Jangan khawatir, karena kebanyakan dari makanan khas Korea itu adalah makanan-makanan sehat dan harga makanan ini pun tergolong murah. Tapi tenang saja, jika kalian memang tidak bisa juga terbiasa dengan makanan Korea, kalian masih bisa datang ke restaurant yang sesuai dengan negara asal kalian, karean di Seoul banyak terdapat restaurant yang menyediakan masakan internasional.

12. Mari belajar berpose gaya Asia

Ketika kalian berfoto, sebuah senyuman biasa hanya akan membuat kalian terlihat monoton. Gunakan “peace sign” dengan kedua jari kalian atau bentuk hati dengan lengan kalian, perlihatkan gaya kalian yang lucu atau gaya terkejut. Semakin “gila” semakin baik! Untuk beberapa tips berpose gaya asia, lihat di asianposes.com. Mhehehe… ^o^V

Source : CNNGo.com

Indo trans & Re-written by : missjutek@hallyucafe
Advertisements

About missjutek

gw cuman manusia biasa yg punya banyak kekurangan dan kelebihan (untungnya...). Disebut missjutek karena muka gw yg jutek (sebenernya bentuk alis gw yg melengkung banget dan item yg bikin muka gw keliatan jutek), padahal hati gw baik loh... *halah...*

Posted on May 25, 2011, in KCulture. Bookmark the permalink. 5 Comments.

  1. “jika kalian gay sembunyikanlah hal itu”

    wow…trs boy band yang cium2, gandeng, peluk2, nangis2 itu gimanaaa…

    trs sama pose V sign, itu udah wajib ya.. hadehhh..

    • iya juga ya… cium2 & peluk2 itu malah dianggap sebagai “fans service” sama mereka… hmm…

      • mereka suka jodoh2in idol mereka kan.. kaya KYUMIN (sampe aku pusing..ni orang beneran gay gitu)
        😦
        gimaneeee citizen

      • eh tapi itu kan kalo dai beneran gay disuruh sembunyikan, berarti idol yang ngumbar2 itu bukan gay… *positive thinking*

  2. sepakat positif thinking….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: