10 Ramyeon Paling TOP Di Korea [Part 2]

Setelah membaca 5 dari 10 ramyeon paling TOP di Korea, sekarang giliran 5 ramyeon paling top berikutnya yang dibahas. Selain kelima ramyeon ini juga ada 2 Honorable Mentions ramyeon dengan rasa yang unik. Here is the list :

6. Masineun ramyeon (맛있는 라면)

Masineun ramyeon (맛있는 라면) secara harfiah berarti “delicious ramyeon” (ramyeon enak). Pertama diluncurkan pada tahun 2007, belum terlalu lama semenjak ramyeon ini dijual di pasaran, namun popularitasnya telah berkembang semakin mapan saat ini. Ramyeon ini memiliki kandungan sayur-sayuran yang cukup banyak – mereka bilang mengandung 60 jenis sayuran berbeda dalam satu kemasannya – misalnya wortel, bok choy, brokoli, dan jamur shiitake. Minya memiliki tekstur yang tidak terlalu berminyak dibanding ramyeon lainnya dan karena soup-nya tidak memiliki rasa daging yang seberat ramyeon lain maka kuah dan rasa ramyeon ini menjadi lebih “bersih” dan encer dibanding ramyeon lainnya.

7. Jin ramyeon (진라면)

Berbed dengan ramyeon yang sebelumnnya, ramyeon ini memiliki rasa yang lebih “berat”, ramyeon ini memiliki disebut Jin ramyeon (진라면). Ramyeon ini disebut mengandung kaldu daging sapi yang kuat pada bumbu kuahnya dan memiliki 2 macam rasa : pedas dan tidak pedas. Mienya terbilang cukup kenyal.

Versi yang tidak pedas biasanya yang diberikan oleh para ibu untuk anak-anak mereka yang masih kecil, jika mereka terpaksa harus memberikan ramyeon untuk anak mereka. Biasanya Jin ramyeon ini sering digunakan sebagai bahan dasar untuk bereksperimen membuat menu masakan lain karena bumbu soup-nya cocok untuk dipadukan dengan berbagai macam bahan yang munkin kalian masukan.

Biasanya Jin ramyeon ini selalu menggunakan para idol untuk bintang iklan mereka, jadi mungkin ini juga menjadi startegi mereka untuk menarik hati konsumen. Iklannya untuk saat ini dibintangi oleh Jokwon 2AM, G.Na (untuk kemasan biasa) dan BEAST (untuk yang kemasan cup).

8. Mupama (무파마)

Bumbu soup Mupama (무파마) ini dibuat dari daging sapi yang dicampur dengan mu (무, lobak Korea), pa (파, daun bawang), dan maneul (마늘, bawang putih) menjadikan kuahnya menjadi memiliki rasa yang lebih mendalam dan “bersih”, mengingatkan pada rasa soup daging sapi dengan lobak (mu guk, 무국) yang merupakan masakan tradisional Korea. Kemasan gundeogi ramyeon ini disebut-sebut telah memiliki paket yang sempurna, jadi bagi yang sering memakan ramyeon tidak perlu lagi menambahkan bahan apapun kedalam ramyeon ini.

9. Wang Ttukkeong (왕뚜껑)

Berbeda degan ramyeon lainnya diatas yang harus dimasak dengan menggunakan panci, jenis ramyeon ini adalah bentuk yang benar-benar instan. Wang Ttukkeong (왕뚜껑) secara harfiah berarti ‘big lid’ (tutup besar) dan ini diberi nama seperti itu karena memang kemasannya memiliki ukuran penutup yang besari. Karena banyak orang yang suka menambahkan nasi dingin kedalam mangkuk ketika mie ramyeonnya telah habis pada kuah ramyeonnya, seseorang dari bagian marketing merk ramyeon ini berpikir bahwa orang-orang yang tidak dapat memasak ramyeon dengan panci pun pasti menginginkan untuk melakukan hal semacam ini namun tidak akan cukup jika menggunakan kemasan ramyeon yang biasanya dan datang lah ide yang briliant darinya untuk membuat kemasan yang lebih besar.

Mienya sangat “kurus” dan kriting, dan membuatnya jadi cepat matang, cocok bagia kalian yang tidak mau menunggu lama. Soupnya punya sedikit rasa pedas tanpa harus dibuat terlalu kuat dengan berbagai bumbu yang membuatnya semakin terasa pedas. Menambahkan sesuatu bahan makanan yang belum masak pada ramyeon dalam kemasan cup seperti ini sama sekali tidak direkomensadikan, tapi kebanyakan orang Korea menambahkan kimchi kedalamnya sebagai penambah rasa.

10. Kimchi Sabalmyeon (김치 사발면)

Bentuk ramyeon lainnya yang dikemas dalam cup adalah, Kimchi Sabalmyeon (김치 사발면) yang didalam kemasannya sudah terdapat kimchi-nya. Mie-nya kurus dan kimchi-nya mudah matang dengan hanya diseduh dengan air panas saja, jadi jika kalian adalah pecinta kimchi sejati disarankan untuk memilih ramyeon ini yang telah dilengkapi dengan kimchi di dalam kemasannya. Bisa dibilang inilah ramyeon dengan rasa dan tambahan kimchi yang sebenar-benarnya.

Lipat kemasan penutup dari ramyeon ini menjadi berbentuk kerucut dan gunakan sebagai penyangga mie agar cepat dingin adalah hal yang menjadi kebiasaan orang Korea, khususnya jika ramyeon tersebut dimakan diluar rumah atau ditempat yang tidak terdapat barang-barang lain yang bisa digunakan untuk itu.

Honorable Mentions

1. Shin ramyeon black (신라면 블랙)

Kepopuleran Shin ramyeon yang sangat beasr itu lah mungkin yang menjadi alasan dibalik pembuatan produk spesial ini. Baru diperkenalkan ke publik di bulan April lalu untuk merayakan ulang tahun ke 25 dari author Shin ramyeon, Shin ramyeon black (신라면 블랙) telah mencapai rekor penjualan yang mencengangkan di bulan pertama penjualannya padahal harganya lebih dari 2x lipat ramyeon biasa.

Harga dari ramyeon ini sebenarnya sempat menjadi kontroversi. Meskipun pihak produsennya mengatakan bahwa bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan ramyeon ini adalah bahan-bahan yang berkualitas tinggi (ada bumbu kuah spesial yang ditambahkan dalam kemasan ramyeon ini), reaksi dari kebanyakn konsumennya mengatakan, “tapi tetap saja, ini hanya ramyeon!” Maka dari itu banyak orang yang ingin mencoba ramyeon ini karena ingin tau seperti apa rasa dari ramyeon istimewa ini. Namun sepertinya banyak yang kecewa dengan rasanya karena tidak seistimewa yang dikatakan dalam promosinya, ini lah yang semakin mebuat kontroversi dari harganya semakin menyeruak.

2. Jjapaghetti (짜파게티)

Tidak semua mie dalam kemasan ramyeon adalah soup ramyeon! Produk non-soup ramyeon yang paling terkenal adalah Jjapaghetti (짜파게티) ini sebenarnya adalah bentuk versi mie instant dari  jjajangmyeon (자장면), makanan hasil campuran Korea-Cina mie dengan bumbu kedelai hitam.

Tentu saja masih banyak lagi ramyeon dengan berbagai rasa dan bentuk bumbu soup yang bisa kalian pilih, termasuk diantaranya vegetarian ramyeon. Silahkan cari di supermarket besar di kota kalian mungkin ada salah satu (atau mungkin semua ramyeon yang ada di daftar ini) yang dijual disana.

Meskipun ramyeon telah memiliki rasa yang enak hanya dengan bumbu yang sudah terdapat dalam kemasannya, namun kebanyakan ramyeon akan terasa lebih nikmant lagi jika dtambah dengan bahan-bahan pelangkap lainnya. Tambahkan berbagai macam bahan tambahan ketika memasak ramyeon dan kalian akan mendapatkan citarasa yang berbeda dari biasanya, kebanyakan orang korea melakukannya. Yang paling sering ditambahkan kedalam soup ramyeon adalah telur dan daun bawang. Dengan menambahkan bahan tersebut kalian bisa memperkaya rasa dari ramyeon yang kalian makan. Bahan makanan lainnya yang bisa juga ditambahkan kedalam ramyeon diantaranya adalah tuna asap (kalengan), keju, jaur, pasta kacang kedelai, dubu (두부, tahu), udang, sosis atau apapun yang tersedia di kulkas kalian.

Tentu saja, bahkan ramyeon pun memiliki banchan (반찬, makanan pelengkap). Dan tentu saja, yang paling banyak disukai oleh orang Korea adalah kimchi. Kimchi yang telah difermentasikan lama adalah pilihan yang paling disukai sebagai makanan pelangkap. Ramyeon juga biasanya dimakan dengan danmuji (단무지, asinan lobak).

Jadi, yang mana ramyeon yang paling kalian suka?😉

Source : blog korea via Hancinema

Indo trans & Re-written by : missjutek@hallyucafe

*DO NOT TAKE OUT*

About missjutek

gw cuman manusia biasa yg punya banyak kekurangan dan kelebihan (untungnya...). Disebut missjutek karena muka gw yg jutek (sebenernya bentuk alis gw yg melengkung banget dan item yg bikin muka gw keliatan jutek), padahal hati gw baik loh... *halah...*

Posted on May 28, 2011, in KCulture, Korean Food and tagged . Bookmark the permalink. 13 Comments.

  1. addduhhh ngiler beraaattt..

  2. mmm,….laper ,,,laperrrr,,n ngilerrrrr,,
    pengen yg Masineun ramyeon (맛있는 라면),,kyaknya enak banget dah,,

    ayo admin tanggung jawab,,,beri aku ramyeonnya…
    #dilempar bakiak ma adminnya,,

    • samaaaaaaaaaaaa..aku juga laperrr…
      ngiler liatnya.. tapi cuma ada ramyeon indonesia nih dirumah.. hadehhh…

      • haha sama ramyeon indomie,,kekek

      • hihihi… iyaaaa >.<

      • eh chingu boleh minta fb n twitternya?????
        *memelas

        kalo dilyat2 lagi ternayta Jjapaghetti (짜파게티) juga menggugah seleraku,,,mie item item gtu,,,’
        huaaaaaaaaaaaaa makin laperrrrrrr

      • mienya itu ga pake kuah ya.. kurang tertarik gara2 warnanya.. hahahahaha…tapi tiap liat di drama ada yang makan ini, tetep aja ngiler..

        fb ku ga aktif lagi gara2 ada yang ngehack.. males bikin ulang😦
        adanya twitter… “just_meredith”

      • kalo aku biasanya pake mie instant biasa macem in**mie (gak dibayar sama mereka, jadi nggak mau ngasih merk), trus aku suka beli kimchi di toko2 korea gitu. Nah, pas ngidam ramyeon, keluarin stok-nya dari kulkas deh. Tahan lama kok kimchi itu. trus dimasak bareng sama mie-nya atau dicampurin pas mie udah mateng. Rasanya sama kok sama ramyeon impor =))

      • @meredith
        iya ntar aku follow,,jangan lupa follow back ya,,,
        hooh bener ddrama banyak banget,,,trus bibirna blakpotan gtu item2…ntar dielapin tisue deh ma cowok or ceweknya…ah so sweet deh jadinya,,,
        #plaaaaaaaaaakkk

        #opat hebat,,,
        wah makasih admin atas tipsnya,,,kekkek
        kiss n hug admin…

  3. @ lee taeminhotoph : pastinya dong aku follow back..
    huahahahahaha.. itu adegan drama yang mana, kalo SG adegan fenomenalnya kan busa coffe😛

    @ author opat.hebat : oh jadi gitu caranya.. huaaa… perlu di coba.. cari kimchinya dulu deeehhh….

  4. @meredith-ah pokona suka ada da,,kekek,,
    lupa lg dserial2 apanya mah
    #ngeles

  5. @meredith
    kok “No real-time results for @just_meredith”,,,kyaknya ada yg salah kali chingu…gmana atwh??

    kamu za yg follow duluan ya,,klik aza id aku,,okek

  6. aaaah- ngiler -_-
    kalo di jogja nyarinya dimana ya chingu? aye pengen beli u,u

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: