5 Makanan Korea : Kamu Bisa Buat Sendiri!

Chingu Anyeong! Ehehehe, emang sih ini bukan situs makanan Korea, tapi karena terinspirasi sama artikel-nya missjutek tentang Ramyeon (udah baca kaaan), aku jadi pengen share sesuatu nih. Ini bukan artikel terjemahan tapi murni tulisan aku sendiri. Hehehehe..

Kadang-kadang kalo kamu suka sama sesuatu, kamu akan menjalar-jalar sukanya. Misalnya kamu suka sama kpop, otomatis kamu jadi suka banyak hal yang berbau Korea. Misalnya makanan. Trus kamu akan coba berbagai makanan Korea. Kadang ada yang pas di lidah kita, kadang enggak. Nah, kalo kamu merasa kamu suka sama makanan Korea, aku mau berbagi 5 resep makanan ala Korea yang simple cara memasaknya dan bahannya. So, kamu bisa bikin sendiri di rumah!

Untuk informasi, selain resep ramyeon, yang akan kamu baca lainnya adalah diambil dari masakan seorang Korea yang waktu itu kami pernah tinggal bersama (hahahha.. kalimatnya ambigu.Jangan bayangin yang macem-macam!! =)) ). Buat kamu yang lagi nggak ada masakan di rumah ato ngekos, Cekidot!

Seafood Ramyeon


Buat kamu tergila-gila ramyeon, tapi takut akan kehalalannya. Bisa dicoba ini. Bahannya adalah mie rebus instan buatan Indonesia🙂 , Kimchi, Nori / Kim, dan Fish Snack. Kim adalah seperi nori (tau kaan lembaran rumput laut yang ada di sushi itu lhoo) tapi lebih crispy. Saat ini banyak dijual di bagian produk impor di supermarket. Harganya pun beragam, ada yang murah juga kok. Fish Snack bisa kamu temui di supermarket bagian snack yang dekat bumbu dapur (bukan semacam Chi**, Po**to, atau Ch**tos). Bentuknya tipis, pipih, seperti pita, dan berwarna putih gading.

Caranya, masak mie rebus seperti biasa dan masukkan kimchi. Penambahan kimchi inilah yang membuat rasa kuah mie rebus segar dan asam. Kim dan Fish Snack bisa kamu potong-potong kecil-kecil dulu jadi seperti sayuran kering yang ada di ramyeon instant. Siap deh ramyeonnya!
note : akan lebih yahud kalo kamu bisa mendapatkan cumi asin kering (bukan seperti yang dipasar, yummyyy..) atau masukkan aja apa yang kamu suka.

Nasi campur telur.

Ini bukan bibimbab. Sebenarnya pun aku nggak tau namanya. Jadi ya kita putuskan saja ya namanya Nasi Campur Telur. Bahan yang dibutuhkan amatlah simple. Nasi, Telur, Kecap asin, dan Minyak wijen. Untuk kecap asin, memang sih disarankan bukan yang produk lokal karena rasanya lebih asin dan berbeda. Tapi kecap asin impor kan mahal ya, jadi nggak papa deh.

Caranya adalah. Campurkan Nasi yang masih hangat dengan telur yang sudah dikocok sebelumnya (Telur campurnya cuma telur yang digoreng dengan sedikit minyak dan diaduk-aduk). Campurkan juga kecap asin dan minyak wijen. Aduk aduk aduk aduk aduk aduk aduk, rasakan hingga rasanya sesuai selera. Jadi deh! Makanan ini enak juga kalo dimakan dengan kim dan kimchi.

ini cuma gambar telor campur

Tumis kentang-wortel.


Hehehe, lagi-lagi aku nggak tau namanya apa. Tapi yah pokoknya begitu. Bahannya mudah. Kentang, Wortel, dan Bawang bombay.

Cara memasaknya. Potong dahulu semua bahan menjadi bentuk panjang-panjang, jangan terlalu tipis ya.. Tumis bawang bombay, dan masukkan wortel terlebih dahulu. Kalo udah agak empuk, masukkan potongan kentang. Bumbunya? Minyak wijen dan Garam sedikit saja (biasanya Orang Korea nggak begitu suka terlalu asin atau terlalu manis). Tumis tumis tumis tumis sampai semua bahan agak kecoklatan dan lebih empuk. Angkat. sajikan!

Telur kukus

Ini makanan favoritku nih.. Bahannya cukup telur, air, dan bawang bombay. Caranya, potong bawang bombay panjang dan tipis, campurkan ke dalam telur. Tambahkan air kira-kira 10 mL (atau sesuai selera) dan garam. Aduk rata. Lalu wadah tersebut bisa langsung kamu rebus di atas kompor. Atau juga, taruh air di wajan atau panci, masukkan wadah berisi adonan tersebut ke dalam air (ditaruhnya dengan wadahnya yaaa). Nyalakan api, tunggu sampai semua telur menggumpal. Angkat, sajikan.

Bibimbab

Aku sebenarnya nggak suka bibimbab. Tapi kalau kamu suka, silahkan langsung beli saus bibimbab yang ada di supermarket.

Bahan yang dibutuhkan adalah : TERSERAH KAMU! Biasanya sih, paling ada tauge, ayam atau ikan (ikannya bisa beli ikan kalengan), wortel, mm,, apalagi ya? Terserah kamu deh. Nah, bahan-bahan yang kamu sukai, iris tipis-tipis dan memanjang. Rebus sampai jangan terlalu empuk, dan angkat. Nah, penyajiannya tinggal campurkan dengan minyak wijen dan saus bibimbab (biasanya kalo lidah Indonesia, suka ditambahin saus sambal🙂 ) Tadaa.. jadi deh. Tambahin telur ceplok juga enak🙂

saus bibimbab

Naah itulah 5 resep pilihan makanan simple ala Korea. Tips dari aku adalah kalau kamu suka makanan Korea , kalau bisa lebih baik sediakan stok kmichi dan kim di rumah kamu. Untuk kimchi, supermarket korea ada yang menjualnya per satu buah sawi, ada juga yang potongan. Untuk kim, kemasan dan harganya pun beragam. Waktu expired Kim harus diperhatikan yaa supaya kamu nggak sakit perut atau apa, tapi untuk kimchi, makanan asam ini kayaknya aman ya untuk dipiara disimpan di kulkas kamu selama beberapa waktu (aku pernah nyimpen kimchi lebih dari satu bulan dan masih baik-baik saja :p). Lalu buat kamu yang mau masak bibimbab sendiri, pastikan kamu suka makanan itu. Karena sayang juga beli sebotol saus bibimbab. Soalnya pemakaiannya untuk satu kali makan tidak begitu banyak dan harganya pun tidak sama dengan sebotol saus cabe biasa.

Selamat mencoba !

Special thanks to : Kim Insik Oppa for the recipes and photos.
Written by : opathebat @HallyuCafe

DO NOT TAKE OUT!

About opat

I am not a martian. I guess so.

Posted on May 29, 2011, in Korean Food, Tutorial and tagged . Bookmark the permalink. 22 Comments.

  1. Nasi campur telur itu rada mirip nasi gila gitu ya kalo di sini?? hehehehe…

    • nasi gila versi di jakarta gimana sih emang? hehehe.. aku nggak ngerti. kayak nasi goreng tapi campur2 gitu yak?
      Hmmm.. kalo ini nasinya nggak usah dimasak lagi pas dicampur telur dan shoyuu dan wijen, cukup diaduk aduk di atas piring😀

      • iya, nasi gila juga yg dimasak cuman telur dan sayurannya aja, terus dituang ke atas nasi putihnya, ntar terserah konsumennya deh mau diadukin apa ngga… kalo aku sih biasanya aku aduk…😀

    • hoo gitu ya.. iyepp mirip sekali. Cuma “sausnya” aja yang beda🙂

  2. errr … ini bisa dimakan?
    LOL. *kidding*

    thanks for the recipe, aku biasa bikin bibimbap nih, biasanya saosnya aku pake pasta cabe tuh yang kotakan merah (ternyata ada sendiri to saosnya, hehehe) kucampur sama sesame oil. kalo ada rumput laut tinggal digulung jadi kimbap ala kimchidee *alaaahh*

    agak susah nih kalo cari saosnya di Jogja, kira” ada yang tau gak ya dimana yang jual lengkap *udah kuputerin 2 lantai carefur tapi gak nemu* =D

    • *getok kimchidee* bisa laaah.. ahahahaha.

      foto saus bibimbap di atas emang langsung dari Korea, tapi aku juga nemuin saus bibimbap merk lain kok. Wahh jogja ya? aku kurang tau deh🙂

  3. beli kimchi harus d Korea ?? emg gak ada resep bikin kimchi ??

    • nggak kok.. maksutnya minimarket Korea itu, minimarket yang hampir keseluruhannya menjual barang-barang dari Korea. kamu bisa hunting di kotamu.

      Resep kimchi banyak, kamu bisa search sendiri🙂 karena resepnya beda-beda. Tapi kalau kamu mau bikin, minimal harus pernah ngerasain dulu kan🙂

      • ohh.. gomawo informasinya..😀
        kapan kapan klo ada resep baru lagi da share yah chingu..
        #doyanmakan soalnyaa..

  4. wuaaa!!! tips yang baguuuss..
    aku mau nyoba yang ramyeon seafood!!
    author, ada yang mauuu???

  5. waaaa chingu keepposting yah :DD

  6. ah gak ngerti deh aku cara buat nya,,,makanan korea yg paling ingin aku coba adalah cik dal sen yo kelihatan nya sih enak tu.ada yg tau mkanan korea cik dal sen yo gak,,,,

  7. q udah buat yg telur kukus sama tumis kentang wortel…makasih ya resepnya..🙂

  8. makanan korea sudah jd makanan se hari2 saya.banyak menu yg setiap hari saya masak.dri chi ge sampai bermacam2 pahncan atau makanan pendamping yg beraneka ragam setiap hari.juga cemilan dari binde tok hingga tock pokgi pedas.n yumiii
    사랑합니다 항국…

  9. waWW

  10. Eoni, aq bkin kimchi, rasa’y terlalu asiiiiim bgt, knp ya? Atw emg gtu rasa’y? Ngatasin’y gmn?

  11. Thanks banget ya ‘miss jutek’,, resepnya, tapi agak GJ nih..

  12. aonnie biasanya kim/nori buat kimbap itu harganya brapa ya

  13. wahh patut dicoba tu ..🙂

  14. hmm… bisa dicoba kapan2 hehe… thanks resepnya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: