Sekelumit Tentang K-ROCK

Kalau kamu lagi ngobrol dan ngomong “Musik Korea”, mereka kebanyakan langsung menuju nama macam TVXQ, SNSD, Super Junior, Big Bang, dan bintang besar lainnya. Kalau kamu sebut Korean Rock, mereka akan menyebutkan nama FTIsland, CNBlue, dan tentu Seo Taiji. Tapi tahukah kamu band rock Korea macam Pia, Guyz, Aile, Mate, Vanilla Unity, band metalcore Vassline, atau penyanyi Kim Sarang?

Saat showbiz di Korea lebih mengutamakan tampang, beat yang asik, dan dance yang kompak belakangan ini, orang-orang sepertinya lupa bahwa Korea memiliki jalur indie dan underground rock. dari soft punk dan macam musik yang dipengaruhi Visual Kei dari Jepang, semua ada. Namun tidak banyak orang tahu itu.

Inilah beberapa di antaranya :

GUYZ

Guyz dibangun pada tahun 1998 dan mengeluarkan single pertama “Get Away” pada tahun 2003. Dua single selanjutnya menyusul dan debut album mereka “Diary” rilis tahun 2006. Setelah satu single berjudul   “You mean everything to me,” mereka kembali merilis album “Like a Movie” di tahun 2008.  Kemudian mereka menghilang beberapa waktu dan mempersiapkan diri menulis materi untuk album berikutnya. Di Desember 2009, special mini album dirilis.

Belakangan ini, keempat anggota band merilih single “New Stage”. Single ini rilis dengan bahasa Jepang dan Korea karena mereka secara rutin tour di Jepang dan Korea. Style mereka dapat dideskripsikan campuran antara pop rock dan alternative rock dan terasa lebih dewasa dibanding sebelumnya.

Kim Sarang

Kim Sarang adalah rocker berusia 29 tahun yang juga adalah salah satu model terkenal Korea. Dia memulai karir musiknya saat Seo Taiji mulai berkarir solo, dan mengejutkan penonton dengan suara dan teriakannya. Belakangan suaranya lebih lembut dari tahun-tahun sebelumnya. Sebelumnya di umur 18 tahun, dia mengeluarkan album pertamanya berjudul  “I’m 18 years old,” dengan pengaruh kental nu-metal. Dia sangat peduli pada setiap hasil karyanya termasuk penulisan dan pembuatan album, bahkan merekamnya sendiri.

Kim Sarang memiliki 3 album dan 1 mini album berjudul “Behind the Melody.”  Perilisan terakhirnya adalah “Goodbye” yang merupakan single di bulan Juli 2010.

Moon Heejun

Familiar doong sama nama ini. Yap mantan leader H.O.T. Selain itu? Tidak banyak yang tahu kegiatan heejun. Bahkan tak banyak yang tahu ia muncul di sitkom “Taehee, Hyegyo, Jihyun” di samping SHINee Taemin.

Sejak H.O.T berhenti membuat musik, dia beralih kepada musik yang amat berbeda. Dengan menulis dan menyusun musik dan liriknya sendiri, ia menjadi artis rock, yang mengubahnya jadi penyanyi pop ke penyanyi yang “berteriak”. Album solo pertamanya rilis di tahun 2001. Ia juga merilis 4 album, satu spesial album, satu album the best, dan satu mini album. Mini album terakhirnya rilis di Juni 2009 dengan lagu rock yang lembut berjudul “Toy”.

Pia

Pia memulai post-hardcore yang sangat beken di dunia underground rock. Selama bertahun-tahun, mereka menjadi jauh lebih berpengalaman namun tetap menjaga jati diri mereka. Pia, yang berarti “Dunia dan Aku” atau “Kau dan Aku”, terbentuk di Busan tahun 1998. Mereka menjadi populer dengan perilisan album pertama mereka  “[pia@Arrogant Empire]” di tahun 2001 bahkan mendapat kesempaan tampil di Konser Linkin Park di Korea. Mereka telah merilis 4 album dan 1 mini album “Urban Explorer” selama lebih dari 10 tahun. Saat ini dikabarkan mereka sedang mempersiapkan materi baru.

Pia sudah bekerja dengan berbagai artis seperti Epik High, yang dengannya mereka tampil live sebuah lagu Seo Taiji yang berjudul “Classroom Idea.”

Vasslin

Bagi mereka yang biasa mendengarkan hardcore atau metalcore, inilah Vassline. Band ini beraliran lebih keras dibanding band yang telah disebukan. Namun kualitasnya juga oke. Kalau kamu suka metalcore band-band Barat, inilah macamnya, hanya dari Korea.

Mereka telah bermain sejak tahun 1996. Di tahun 2005, band ini memenangkan Best Rock diKorean Music Awards tahun 2005.  Pada tahun 2004, mereka merilis  “Blood of Immortality.” Adalah discography mereka termasuk demo, EP album, 3 full album, dan 1 split album.

 

Source: Guyz Official, Bandyguyz, Kim Sarang Official, ComeAndHaveACoffee, Bandpia, Nellhouse, orienkorea, SidusHQ, dan yaminifurukiseki ; video : Youtube

Credit : TwistedInsanity @Koreaboo

Indonesia Translation : opathebat @HallyuCafe

DO NOT TAKE OUT

About opat

I am not a martian. I guess so.

Posted on May 29, 2011, in News and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. 6 Comments.

  1. aku punya album lengkap ny MATE,hehe

  2. uwow ternyata ada juga yg ngerock2 dkorea yak?!

    gak nyangka ternyata kim sarang penyanyi roctk

  3. aku tau mate…
    lagunya enak didenger…

  4. Itu Kim Sarang Secret Garden ya..??

  5. Aku sih sebenernya cuma tau Seo taiji dan Nell. Nell mantep banget musiknya!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: