Mengapa Para Pasien Tidak Lagi Malu Mengakui Bedah Plastik Yang Dilakukannya?

Pengadilan Tinggi Ditrik Seoul pada tanggal 20 Mei lalu menangani kasus perseisiahan antara seorang wanita yang menjalani bedah plastik melawan kepala klinik bedah plastik yang telah mempublikasikan foto-foto wanita tersebut.

Pihak pengadilan mengatakan bahwa pihak klinik telah melanggar hak penggugat dengan mempublikasikan foto-foto sebelum dan sesudah penggugat melakukan operasi bedah plastik di majalah tanpa izin dari sang penggugat dan meminta bayaran untuk operasi plastik tersebut sebesar 10 juta Won (US$1=W1,080).

Korea memimpin dalam pendapatan per capita yang didapat dari operasi kecantikan, tapi kebanyakan dari para pasien melakukan hal licik dalam operasi mereka.

Kasus seperti ini terus seamakin bertambah, meskipun, para pasien pada awalnya setuju untuk secara sukarela foto sebelum dan sesudah ia operasi dipublikasikan untuk iklan dari klinik bedah plastik tersebut.

Kenapa bisa begitu? Alasan utamanya adalah uang. Operasi plastik itu mahal, dan setuju untuk dijadikan model untuk iklan itu dapat mengurangi biaya yang harus dikeluarkan sang pasien. Operasi pembesaran payudara atau pengoreksian gigi bagian atas itu bisa menghabiskan uang sebesar 10 juta Won. Beberapa klinik memiliki program yang memungkinkan pasien untuk mendapatkan operasi kecantikan secara gratis atau dengan diskon yang besar jika mereka memperbolehkan keseluruhan proses operasi untuk difoto dan dipublikasikan.

Tapi beberapa pasien memiliki padangan lain. Seorang wanita berumur 32 tahun, yang memperbolehkan pihak klinik tempat ia melakukan bedah kecantikan untuk mempublikasikan foto-fotonya, mengatakan bahwa ia ingin memperlihatkan perubahan penampilannya kepada para wanita lain yang memiliki masalah kecantikan yang sama dengan dirinya.

Sama halnya dengan seorang wanita berumur 26 tahun yang berpose untuk foto sebelum dan sesudah dilakukannya bedah kecantikan secara besar-besaran pada mata, hidung alis, tulang pipi dan rahangnya tahun kemarin. “Aku memiliki ketakutan saat bersosialisasi yang disebabkan oleh rasa rendah diriku terhadap penampilanku sebelum aku melakukan bedah plastik,” ujarnya. “Dengan berpose untuk iklan tersebut, aku ingin menjadi role model untuk orang-orang yang memiliki situasi yang sama denganku sebelumnya.”

Ada lagi seorang gadis berumur 23 tahun yang telah diputuskan oleh kekasihnya yang mengatakan bahwa ia malu dengan penampilan sang gadis. “Aku marah padanya karena ia memandangku hanya berdasar pada penampilan luarku saja, maka dari itu aku secara sukarela berpose untuk foto iklan semacam itu dengan harapan ia akan meminta maaf kepadaku ketika ia melihat perubahan penampilanku,” ujarnya.

Wanita lainnya ada yang secara sukarela berpose untuk iklan seperti itu dengan pandangan untuk mencegah adanya permasalahan yang menyebabkan kesalahan medis. Seorang wanita berumur 34 tahun ambil bagian dalam sebuah TV kabel untuk berbicara tentang operasi kecantikan. “Sebelumnya aku pernah mengalami kesalahan pembiusan saat aku melakukan operasi kecantikan, tapi aku yakin akan mendapat operasi kecantikan yang bisa dipertanggung jawabkan jika aku muncul di program televisi yang menampilkan keseluruhan proses operasi kecantikanku.”

Sebenarnya sudah menjadi hal yang biasa untuk para wanita memperlihatkan foto ia sebelum dan sesudah melakukan operasi plastik yang mereka posting di internet bahkan tanpa adanya sponsorship dari klinik tempat mereka menjalai operasi plastik tersebut.

Sebuah forum tentang operasi plastik dengan jumlah member sekitar 200,000 orang telah membuka bagian khusus dalam forum tersebut sebagai tempat untuk para membernya memperlihatkan hasil bedah kecantikan pada mata, hidung, kontur wajah, dan payudaranya. Para membernya dapat melihat foto-foto dari para member lainnya serta memberikan nasihat dan komentar pada hasil operasi bedah kecantikan tersebut.

Lee Seung-yeon, seorang staff dari sebuah klinik bedah plastik di kota Seoul di distrik Gangnam mengatakan, “Kebanyakn dari pasien tidak segan-segan untuk memnampilkan foto masa lalunya untuk memperlihatkan perubahan penampilannya. Kebanyakan dari mereka melihat bedah kecantikan ini sebagai bagian dari usaha mereka untuk meningkatkan rasa percaya diri mereka.”

Source : The Chosun Ilbo

Indo trans by : missjutek@hallyucafe

DO NOT TAKE OUT!!

About missjutek

gw cuman manusia biasa yg punya banyak kekurangan dan kelebihan (untungnya...). Disebut missjutek karena muka gw yg jutek (sebenernya bentuk alis gw yg melengkung banget dan item yg bikin muka gw keliatan jutek), padahal hati gw baik loh... *halah...*

Posted on June 2, 2011, in KCulture, Korean Life, News and tagged . Bookmark the permalink. 7 Comments.

  1. buseeettt…. membernya sampe 200,000 orang..
    berapa banyak orang korea yang operasi plastik??!

  2. nasti GD is VIP

    hmmm beneran g’ malu2 tu para pasien d korea,,,
    padahal tu kan aib juga y…
    klo aq, masuk rumah sakit gara2 sakit demam Z g’ mau publikasi k orang,,,

  3. iiihhhh… mereka pede” banget yaa nunjukkin ke orang” kalo diri mereka yang sekarang itu ‘palsu’..
    heuuu.. mungkin pandangan kita sama orang korea beda kali ya? hahahah.. up to them laahh, klo aku sih gakmau oplas cuma buat nyenengin orang lain, sementara diri sendiri tersiksa. kan oplas sakiiiittt!! =__=

  4. @meredith : aku bernah baca, 80% dari warga Korea pernah melakukan bedah kecantikan… kalo itu bener, ya bisa diitung sendiri lah…🙂

    @nasti : aku pikir, mereka ga berpikir hal tersebut sebagai aib… dan ya memang bukan aib juga sih… itu kan hak setiap orang untuk tampil cantik, apa pun usahanya… toh mereka juga melakukan operasi itu secara legal…🙂

    @purplee : iya, karena beda lingkungan jadi pandangan juga berbeda…🙂

  5. beda pemikiran siih ya..tapi tetep ada juga yang nggak mau kok.
    Oiya, sekilas info, ada juga yang menipiskan lensa matanya jadi supaya nggak pake kacamata atau lensa akibat minus matanya.yang itu, baru ngeri deh aku..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: