Cheonggukjang : Makanan “Ajaib” Pengurang Resiko Kanker Payudara

Dalam sebuah penelitan terbaru mengenai makanan tradisional Korea, cheonggukjang, yang dibuat dari kacang kedelai yang telah difermentasikan, terbukti bahwa makanan ini dapat mengurangi resiko perkembangan sel-sel kanker payudara.

Kim Han-bok, seorang professor di bidang bioteknologi di Hoseo University, mengatakan beberapa komponen dari pasta kacang kedelai dapat membantu menekan pertumbuhan sel-sel kanker payudara.

Ia dan timnya mengambil ekstrak dari makanan tersebut dan mencampurkannya pada sel-sel kanker payudara. Hasil dari pengetesan tersebut memperlihatkan bahwa beberapa sel kanker tersebut berhenti berkembang, dan tim peneliti juga menemukan 91 macam DNA berbeda yang dapat membantu pencegahan pertumbuhan sel kanker.

Prifessor Kim juga mengatakan bahwa memakan cheonggukjang secara teraatur dan sesuai porsinya dapat membantu meringankan peradangan.

Cheonggukjang ini terbuat dari kacang kedelai yang difermentasikan selama 2-3 hari, tanpa memberinya garam. Berbeda dengan pasta kacang kedelai yang biasa digunakan untuk membuat Doenjang jjige yang dihalusakan, dalam membuat Cheonggukjang ini kacang kedelainya tidak dihancurkan sama sekali. Bahan makanan lain yang ditambahkan untuk membuat Cheonggukjng ini biasanya adalah kentang, bawang bombay dan tahu. Makanan ini biasa disajikan di rumah keluarga Korea pada saat musim dinggin.

Source : The Chosun Ilbo & Wikipedia

Photo taken from : korea-fans forum

Indo trans by : missjutek@hallyucafe

DO NOT TAKE OUT!!

About missjutek

gw cuman manusia biasa yg punya banyak kekurangan dan kelebihan (untungnya...). Disebut missjutek karena muka gw yg jutek (sebenernya bentuk alis gw yg melengkung banget dan item yg bikin muka gw keliatan jutek), padahal hati gw baik loh... *halah...*

Posted on June 4, 2011, in Korean Food. Bookmark the permalink. 10 Comments.

  1. Wakwao.. Doenjangjjige aja udah cukup menakutkan rasanya, apa lagi yang ini hehe…

    • Gw pikir malah mungkin Cheonggukjang ini akan lebih baik rasanya dibanding Doenjangjjige, soalnya dia kan difermentasiinnya sebentar cuma 2-3 hari, jadi mungkin baunya ga sedahsyat doenjang… ditambah ini juga ga dihaluskan, mungkin rasanya bakal mirip2 sama sayur kacang yang biasa ada di acara nikahan di kampung gitu… mungkin ya… gw juga kan belom pernah nyobain…

  2. weh… kayanya pada fasih banget sama makanan korea..
    doengjangjjige aja ga tau tuh apaan..
    nyonyakim udah pernah cobain??

    • iya, dia pernah nyobain (barengan sama aku waktu itu, aku makan kimchi jjige)… dan rasa doenjangjjige itu emang ga bersahabat sama lidah orang sini… rasanya lebih kuat dari taucho, baunya juga lebih kecium banget…
      jadi, buat yg belum terbiasa makan makanan korea, sama sekali tidak dianjurkan makan doenjangjjige…

      • oh begituuuu, duh ga kebayang deh baunya… lha MJ sunbae kenal nyonyakim ?? makan bareng???
        *mauuuuuu juga dong…

      • hehehe… iya, we’re friends since 9 years ago😀
        Waktu itu kita makan di resto makanan Korea yg di FISIP UI…😀

  3. udah nyobain. bau. hahaha. lama-lama rasanya kayak sayur lodeh engan tauco kental. haha

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: