Perkembangan KPOP di Peru

Bagi fans yang tinggal di belahan dunia lain, pergi ke Korea adalah hal yang sakral bagi mereka yang menginginkan datang ke konser maupun bertemu langsung dengan Kpop idol. Peru, misalnya. Untuk ke Korea mereka membutuhkan 20 jam perjalanan dengan pesawat ditambah transit dan juga jarang pula idol datang ke negara tersebut.

Namun, fans Kpop di Peru tidak kehilangan akal untuk tetap menikmati suguhan dari para idol tersebut. Tahun lalu seorang wanita bernama Estrella Park dikejutkan dengan adanya kumpulan massa pemuda yang menonton DVD idol dengan layar besar di San Isidro. Mereka yang kebanyakan pelajar SMA dan kuliah bernyanyi selama 2,5 jam dengan gembira. Video yang ditampilkan anara lain SNSD, SS501, Big Bang, dan TVXQ.

Sejak itu, banyak acara yang dibuat. Di sebuah mall di Lima, pengunjung bisa menemukan dengan mudah poster KPop fans club yang menyelenggarakan gathering. Beberapa fanclub juga mengadakan kompetisi dance. Tanggal 25 kemarin gans dari KARA mengadakan gathering untuk merayakan ulang tahun Han Seung Yeon dan Park Gyuri.Selain itu, akan ada juga acara di tanggal 3 Juli untuk merayakan ulang tahun Kim Hyun Joong.

Lucia Guzman, salah seorang saf yang menjual CD dan komik di mall mengatakan bahwa CD bintang Kpop sebaik penjualan komik Jepang.Gelombang hallyu di Korea dimulai sejak Januari 2002 dengan ditayangkannya drama Korea seperti My Lovely Samsoon. Sejak saat itu, Kedutaan Besar di Korea mengatakan bahwa 9 fan club sudah dibentuk.

Kepupuleran kpop dan kdrama di Peru menumbuhkan minat program bahasa Korea. Di beberapa universitas, termasuk San Marcos University kini mempunyai program bahasa Korea. Bahkan telah meminta Korea International Cooperation Agency (KOICA) untuk mengirim relawan untuk mengajar bahasa Korea di universitas. Jang Boong Soon, kepala KOICA berkata : “Kami dapat mengajarkan bahasa Korea di sana atau membuat acara kebudayaan untuk meningkatkan pengetahuan budaya Korea. Kami juga merencanakan program pertuakran pemuda dari mahasiswa Peru yang tertaring untuk mengetahui lebih banyak tentang Korea”.

Credit : Kang Hyun Kyung via The Korea Times
Indonesia trans (recomposed) : opathebat@HallyuCafe

About opat

I am not a martian. I guess so.

Posted on June 7, 2011, in Fans, News and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 2 Comments.

  1. wuih kereeen bnget..
    wah,wah,wah, hallyu lovers sudah menyebar dseluruh penjuru dunia..

  2. wadduhhh bagus ya.. korea jadi makin maju gara2 kpop sama kdramanya.. wow banget !!
    indonesia kapan yaa.. ?? *pertanyaan misteri abad ini*

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: