Junhyung BEAST Bicara Tentang Caranya Memproduksi Musik

Pada tanggal 17 Mei lalu, Beast telah merilis full album resmi pertamanya yang amat dinantikan oleh para fans mereka, yang berjudul “Fiction and Fact”. Kemudian lewat lagu mereka yang berjudul “Fiction” dan “On Rainy Days”, mereka telah merajai berbagai chart di berbagai program musik. Dengan menduduki peringkat pertama dalam berbagai program musik, group ini semakin mengembangkan popularitas mereka. Selain karena merilis album baru dan memenangkan mutizens ada hal lain yang membuat group ini semakin mendapat perhatian publik. Alasannya adalah karena sang rapper, Yong Junhyung menulis lirik dan membuat komposisi, serta menjadi produser untuk salah satu lagu mereka di album ini, yang berjudul “Freeze”.

Teman satu groupnya di Beast, Yang Yoseob berkomentar tentang hal ini dengan mengatakan, “Album ini menjadi berarti karena berbagai alasan. Khususnya, karena Junhyung memproduseri salah satu lagu di album ini. Untuk berbagai alasan, ia menjadi satu-satunya personel yang tidak dapat pulang. Awalnya aku pikir, ‘Apa yang sedang dikerjaannya saat itu membuatnya tertidur dimana-mana’ tapi yang aku lihat ternyata ia bahkan tidak tidur semalaman di studio untuk menulis lagu.”

Junhyung menjawab cerita keingintauan Yoseob tersebut dengan mengatakan, “Karena studio kami berada di basement, aku bekerja dengan keras tanpa mengetahui bahwa waktu terus berlalu. Ketika aku berkonsentrasi pada pekerjaanku, maka aku tidak akan sadar kalau itu sudah dini hari. Ketika aku merasa terlalu lelah untuk mengemudi sendiri, aku akan menelpon seorang supir dan pulang sangat terlambat.” Ketika ditanya ia menjelaskan tentang hasratnya dalam menulis lagunya sendiri, “Aku telah tertarik pada bidang menulis lagu ini sejak lama. Aku mempelajarinya terus menerus dan akhirnya aku melakukannya sekarang. Meski begitu, ketika aku mendengarkan laguku yang aku buat semalam sebelumnya, awalnya akan terdengar bagus tapi kemudian ketika aku mendengarkannya lagi di keesokan harinya, aku akan tidak menyukainya. Aku menulis beberapa lagu dan membuangnya, terus menerus melakukan hal yang sama.”

Kemudian Junhyung berbicara tentang proses pembuatan lagu “Freeze” sampai akhirnya bisa mencapai harapannya, “Suatu hari, S. Tiger hyung menasihatiku ‘Fokus pada satu lagu dan cobalah untuk memperbaikinya (agar sesuai dengan keinginanmu).’ Lalu setelah itu, aku memperbaiki sebuah laguku, dan pemperdengarkan lagu pertamaku itu kepada direktur dan bertanya apa pendapatnya, lalu ia bertanya padaku, Kenapa kau membawa ini padaku?’ Aku kaget saat itu, aku berpikir ‘Apakah aku tidka memiliki kemampuan dalam memproduksi sebuah lagu?’ dan aku menjadi sedih. tapi kemudian S. Tiger hyung mengatakan, ‘Ini sangat jarang terjadi bahkan pada diriku sendiri untuk mendapat persetujuan dalam percobaan pertama. Jika satu lagu itu tidak berhasil, mengapa kau tidak mencoba untuk membuat yang baru lagi?’ Jadi aku menbuatnya lagi dan akhirnya lagu ‘Freeze’ lah yang muncul.”

Berdasarkan ceritanya mengenai kisah dibalik lagu “Freeze” ia lalu mengatakan, “Aku sangat berterimakasih kepada S. Tiger hyung. Jika bukan karena nasihatnya, mungkin aku tidak akan pernah merilis lagu pertama yang aku produksi sendiri ini. Bahkan sekarang pun ia mengatakan padaku ‘Ambil (ilmu) apapun yang bisa kau dapatkan dariku’ dan ia terus mengajariku tentang memproduksi sebuah lagu.” Tentu saja S. Tiger bukan satu-satunya orang yang mendapat ucapan terima kasih dari Junhyung berkaitan dengan hal ni, “Aku juga berterimakasih pada semua personel. Setelah mendengarkan lagu tersebut, mereka mengatakan padaku bahwa lagu tersebut harus masuk kedalam full album resmi pertama kami ini. Maka kami pun memasukan lagu ini kedalam album tersebut, dan album ini menjadi sangat berarti bagiku dalam berbagai hal.”

Sebagai penutup Junhyung mengatakan, “Aku ingin dapat memproduksi lebih banyak lagu lagi.” Mungkin dengan ini ia akan semakin sering tertidur dimana-mana atau bahkan tidak tidur sama sekali, sehingga ia dapat memproduksi lagu lagi. (A/N : Oh, nooo… don’t be… perhatikan kesehatanmu juga Junhyung-ah…)

Sudah mendengarkan lagu “Freeze”? Bagaimana menurut HC readers, apa Junhyung harus terus tertidur di studio untuk hal ini? Haruskan personel BEAST lain juga memulai untuk menulis lagu mereka sendiri?

Source + Photos : Sports Chosun
Eng Trans by : poco123@B2stRising

Indo trans by : missjutek@hallyucafe

About missjutek

gw cuman manusia biasa yg punya banyak kekurangan dan kelebihan (untungnya...). Disebut missjutek karena muka gw yg jutek (sebenernya bentuk alis gw yg melengkung banget dan item yg bikin muka gw keliatan jutek), padahal hati gw baik loh... *halah...*

Posted on June 8, 2011, in Idol's Life, KPop, New Single/Album/Comeback/MV, News and tagged , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

