Stasiun TV Korea: SBS

Setelah beberapa waktu yang lalu Yesul udah ngebahas tentang salah satu stasiun TV terbesar di Korea—KBS—kali ini giliran SBS. Para kpopers tentu sudah nggak asing lagi sama acara reality show macem Running Man, Strong Heart, atau Star King, bahkan drama-drama booming sepeti Secret Garden, Temptation of Wife alias Cruel Temptation yang baru ajah kelar tampil di salah satu tv nasional, dan City Hunter yang baru jalan beberapa episode baru-baru ini. Semua tayangan tadi ada di channel TV SBS.

SBS adalah perusahaan TV dan radio nasional. SBS adalah perusahaan penyiaran privat komersil satu-satunya dengan jaringan regional yang luas di Korea, bukan milik pemerintah Korea seperti KBS. SBS TV mengudara di Channel 6 untuk analog dan Channel 16 untuk digital (Korean only of course..).

Sejarah singkat

Perusahaan siaran ini dibentuk pada tahun 1990. Jauh sesudah MBC dan KBS yang berdiri di tahun 60-an. Tapi SBS bisa jadi perusahaan siaran terdepan sejak saat itu. SBS juga jadi pelopor siaran HD di tv-tv Korea.

Pada tanggal 17 Maret 2009, perusahaan ini resmi berganti nama jadi SBS atau 에스비에스 [Eseubieseu], nama sebelumnya adalah Seoul Broadcasting System atau 서울 방송 [Seoul Bangsong]. Tapi nama lama tersebut masih tetap dipakai sampai sekarang.

Nggak sampai di situ ajah, SBS juga punya kantor yang tersebar di berbagai belahan dunia seperti Washington, New York, LA, Tokyo, Beijing, Paris, dan Kairo. Selain itu KBS juga menjalin kerjasama dengan Indonesia lo… T*RI adalah salah satu family companiesnya SBS dan Tr@ns Tipi adalah Foreign Partner dari SBS. Kalo soal penghargaan, SBS udah banyak menyabet berbagai penghargaan baik di dalam negeri, juga di kancah internasional. Contohnya nih, SBS berhasil menyabet lebih dari 30 penghargaan di Houston International Film Festival sampai tahun 2009, dan masih banyak lagi.

Sekarang SBS dipimpin oleh bapak-bapak di bawah ini:

Mr. Yoon Se Young sbg Chairman

Mr. Ha Geum Ryeol sbg President *berasa opening drama.

Sekian sejarah agak panjangnya…

Siaran TV

  • SBS Channel 6: di channel ini isinya ada news, drama-drama, entertainment, olahraga, film, dan documenter. Di sini ditawarkan tayangan yang menghibur dan dinamis sesuai sama selera dari penonton.

  • SBS Sport: tentu ajah nie channel isinya tentang olahraga mulai dari baseball, sepak bola, basket, dll. Di sini juga kita bisa nonton acara olahraga internasional kayak NBA, Piala Dunia, Piala Eropa, dll deh.

  • SBS Golf: ini dalah channel golf pertama dan yang paling disukai di Korea. Dan ini adalah siaran dengan kualitas HD. Di sini kita juga bisa belajar main golf dari para atlit professional. Nggak cuma itu, di sini juga ada program newsnya, dari news tentang kejuaraan, sampe news tentang pemain golf dunia yang kayaknya dikemas mirip sama acara-acara gossip Indonesia.
  • SBS Plus: ini adalah channel surga bagi pecinta drama. Bisa dipastikan drama-drama beken ditampilkan di sini. Nggak cuma itu, di sini juga ada TV series beken dunia dan drama klasik legendaris.
  • E!Entertainment Television: ini adalah channel yang didalangi oleh kerjasama dengan  Comcast International Media Group. Kalau yang suka western-western, channel ini tempatnya. Mulai dari infotainment artis Hollywood terbaru sampai program-program western lainnya ada di sini.

Radio

  • Love FM: ini cuma ada di Seoul, di frekuensi 103.5 MHz. Slogan dari radio ini adalah ‘Radio is Love’. Dulunya ada di frekuensi AM, 792 KHz. Radio ini isinya cerita-cerita penyejuk hati, news & music yang up to date. Music yang diutar mulai dari music pop kontemporer korea sampai lagu-lagu lawas.
  • Power FM: siaran radio ini eksis di seluruh daratan Korea Selatan dan mejeng di frekuensi 107.7 MHz. slogannya adalah ‘Music is my power’. Radio ini selalu punya rating tertinggi dengan menyuguhkan music korea. Kalau pagi, sasaran siarannya adalah program berita buat para komuter, agak siangan buat para ibu-ibu ruma tangga. Kalau siang ari buat anak-anak muda. Pas sore, rakyat Korea bakalan dimanjakan dengan music yang syahdu binti mellow.

Digital Multimedia Broadcasting

  • SBSⓤ (Ubiquitous): merupakan servis DMB (digital multimedia broadcasting) terestial yang diluncurkan 1 desember tahun 2005. Makna kata ‘ubiquitous’ di sini maksudnya adalah kemampuan untuk mengakses program SBS di manapun dan kapanpun. Layanan ini dibuka penuh 24 jam lewat 1 channel visual, 3 channel audio dan 3 channel data. Slogannya sendiri adalah “kebebasan 24 jam, SBSⓤ”. Jadi, program prime time yang ada di channel-channel SBS ditransmisikan kembali dan subscribers bisa nonton program SBS tanpa khawatir ketinggalan meski cuma bisa nonton di bukan jam prime time.

Youtube

Buanyak banget yaw channelnya… silakan kalian kunjungi satu-satu. ㅎㅎㅎ

Mau curcol bentar..

Tadi Yesul nyasar di webpage SBS dengan belantara Han-gul dan nggak sengaja nemuin sedikit harta karun. Kkk

Dia, Kim Juu adalah salah satu penyiar di SBS dengan wajah super bening. Uwauwauwa.. *dibekep Jonghyun*

Source: Wikipedia, SBS Global, Official Site SBS

Written by: Yesulli@Hallyucafe

Please, don’t take out!

Posted on June 9, 2011, in Intermezzo and tagged . Bookmark the permalink. 13 Comments.

  1. Kalo KBS kemaren setipe sama ti-pi-ar-ai, SBS ini setipe-nya sama tr@ns, kesuksesannya juga sama… masih berumur muda, tapi bisa bersaing dalam rating…🙂

    Btw, enak ya kalo di korea… semua stasiun televisinya udah berbasis digital, jadi ga ada lagi yg namanya layar tipi disemutin lagi…

  2. Banyak rakyat Indonesia belum mampu beli receiverx yg mahal, sunbæ. . . Kkk

    • ya emang sih receiver tv digital emang mahal, tapi dari pihak stasiun televisinya juga emang belum banyak yang menyiarkan program acaranya secara digital, that’s the problem!

  3. Hmm. . . Actually kalo dr segi program tvx juga masi jaoh sie dr korea. Sinet masi alay, program musik lipsync, reshow jg gtu2 ajah. Gak hot kea korea. Kkk

  4. Itu Mr. Yoon Se Young ama Mr. Ha Geum Ryeol punya anak cowo ngga ya, boleh tuh kalo ada, generasi ke-2 atau generasi ke-3 haha… wuih Announcer SBS bening banget, penyiar radionya juga bening2 apa lagi yang siaran jam 10 malem, panggil Lee Seok Hoon.

  5. Bagus nih artikelnya🙂 Thanks Yesulli!

  6. sumaph. aku nggak konsen bacanya, konsen di paragraf terakhir doang. si semut menjelma jadi om-om bening. tapi berhubung aq lgi demen brondong #ceburindirikelaut

  7. bgus bgt artikelnya. tp maaf ak agk norak (bner2 ga tau soal ginian) gmna biar bs dpetin channel SBS ini?? aku br akhir2 ini suka ntn pelm korea.. buta bgt.. tolongin ya d jawab.. biar ga buta2 bgt soal ginian ^_^ thx

    • setau Yesul, belum ada penyedia TV kabel Indonesia yang nayangin SBS, paling2 kebanyakan KBS ajah.
      satu-satunya cara kalo mau nonton SBS bisa kunjungin channel youtube yg uda tersedia di atas. ntu juga paling cuma teaser-teasernya ajah. hehe…
      kalo mau update ttg drama n reshow korea, silakan kunjungi rumah baru kami di http://hallyucafe.com/ ya…

  8. Tanya dong, di indo kan ga ada yg nayangin sbs, mbc atw mnet. Kalo pake recevier itu gmn? Trus apa smua stasiun tv korea ktrima smua ga. Abis pk indovision cm ada kbsw aja, cm bs liat IY aja jd brenti deh

  9. trus klo di indonesia tv cable apa yg ada yak?? mau nont HEIRS nih *nungguin bajakan juga

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: