Perjalanan Drama Ber-genre Komedi Romantis Dari Masa Ke Masa

Belakangan ini ada banyak drama dengan genre komedi romantis yang ditayangkan, dan kesemuanya sukses menarik perhatian pecinta drama. Tapi ternyata hal tersebut tidak berpengaruh terhadap rating penontonya, contohnya saja drama “Lie to Me” yang kalah dalam peringkat rating penonton karena terlalu banyak drama ber-genre sama yang muncul secara bersamaan.

Drama komedi romantis sampai saat ini masih menjadi ‘sesuatu’ yang digemari. Meskipun, tidak ada satupun dari drama ber-genre ini yang mendapat rating penonton yang sangat tinggi.

Drama SBS “Lie to Me” yang menampilkan Yoon Eun-hye sebagai pemeran utama wanitanya and drama KBS 2TV “Babyfaced Beauty” yang menampilkan salah satu bintang Hallyu generasi pertama Jang Nara, keduanya harus puas dengan hanya mendapatkan rating penonton sebesar 10%. Drama MBC “Best Love” yang menampilkan Gong Hyo-jin justru mendapatkan rating penonton yang lebih baik, yakni sebesar 18.1% (Berdasarkan survei rating dari AGB Nielsen Media Research) di minggu pertama bulan Juni ini.

Drama dengan genre komedi romantis biasanya menampilkan seorang wanita biasa yang bertemu dengan seorang pria kaya dan menjadi Cinderella. Dari mulai drama “Cat on the Roof” (MBC 2003), “Lovers in Paris” (SBS 2004), “Full House” (KBS 2004) hingga “My Name is Kim Sam-soon” (MBC 2005). Drama komedi romantis cukup menjanjikan untuk mendapat perhatian dari penonton. Kenyataan bahwa para wanita dapat dengan nyaman menontonnya dan menggelitik sisi emosionalnya, itu lah yang menarik dari drama komedi romantis.

Meski begitu, terlalu banyak drama komedi romantis yang berditayangkan dan rating-nya pun jauh dari yang diharapkan. Jika kita melihat pada drama-drama yang memiliki rating penonton diatas 30% adalah :

– Dari MBC ada drama saeguk “Queen Seon-deok” (33.9%),

– Dari SBS ada drama “Temptation of Wife” (32.1%) dan “Shining Inheritance” (31.5%),

– Dari KBS ada drama “Three Brothers” (33.3%), “The Slave Hunters” (30.3%), “Bread, Love and Dream” (36.7%), “Smile, Dong Hae” (30.7%) dan masih banyak lagi.

Dan tidak ada satu pun dari drama-drama diatas yang memiliki genre komedi romantis.

Produser Executive KBS, Kwak Ki-won mengatakan, “Benar adanya bahwa belakangan ini ada terlalu banyak dram dengan genre komedi romantis yang ditayangkan di televisi”. Meski begitu, pihak prosuser lebih memilih untuk memproduksi drama dengan genre komedi romantis dengan alasan ekonomis dan mudah untuk dibuat dengan hanya sedikit karakter utama. Produser Executive Kwak mengatakan, “Kita tidak dapat menilai drama dengan genre komedi romantis tersebut hanya berdasarkan rating penontonnya yang rendah. Meskipun begitu, jika tidak ada sesuatu yang baru secepatnya, kita juga tidak akan bisa menjamin perhatian pemirsa akan mengarah kemana”.

Source : nate via hancinema

Indo trans & Re-written by : missjutek@hallyucafe

DO NOT REPOST!!

About missjutek

gw cuman manusia biasa yg punya banyak kekurangan dan kelebihan (untungnya...). Disebut missjutek karena muka gw yg jutek (sebenernya bentuk alis gw yg melengkung banget dan item yg bikin muka gw keliatan jutek), padahal hati gw baik loh... *halah...*

Posted on June 10, 2011, in Intermezzo, KDrama/Musical, News and tagged . Bookmark the permalink. 4 Comments.

  1. bener juga, kalo kebanyakan drama yang genrenya sama penonton bisa cepet bosen. walaupun yang main bintang2 terkenal, belum tentu ratingnya tinggi. kayak personal taste-nya Lee Min Ho yang garing pas di bagian pertengahan dan kehilangan banyak penonton..

  2. betul banget, aku uda nonton lie to me bagus filmnya.
    tapi pas liat ratingnya rada mengecewakan.
    jadi penonton punya pembanding film mana yang lebih seru untuk di tonton. kalo genre nya beda bisa jadi variasi pas mereka nonton. sayang banget yaaa

  3. hmmmm gtu ya,,,pantesa aza drama2 komedi romantis ratingnya pada minim….

    kalo secret garden gendrenya apa ya??????komedi romantis bukan????
    kok gw ketawa banget lyatnya,,,huahhahahah…

    mungkin itu drama terbaek yg gw tonton selama taun 2011,,ne hahhaha….
    setelah sekian lama gak nemu drama yg bener2 rame kyak boys before flowers,,,hoh

  4. secret gareden kayanya komedi romantis dan fantasi deh… jadi beda karena ada fantasinya.. hehehehehe…
    tapi ya, aku suka drama2 komedi romantis.. soalnya ngilangin stress, kalo nonton drama yang bikin deg2an , terlalu serius malah males.. selera kali ya…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: