YG Entertainment Melantai di Pasar Saham KOSDAQ

YG Entertainment merupakan salah satu penggerak halyu wave di seluruh penjuru dunia. Dengan jumlah viewer melewati 400 juta penonton, dan penjualan di tahun 2010 sebesar 44.8 milyar won/ $44 juta dengan laba bersih sekitar $10 juta.

Big Bang yang pergi ke Jepang dan mendominasi berbagai chart di sana. Superstar K2 Kang Seung Yoon yang menandatangani kontrak dengan YG Entertainment. 2NE1 yang mempersiapkan debut Amerika dengan dibantu Will.I.Am dari Black Eyed Peas. Hal itu sendiri  sudah menujukkan kalau YG Entertainment dpat bantuan yang baik di kancah showbiz Korea.

Tapi itulah hal mengasyikkan yang bisa dilihat fans, tapi behind the scene dari seua prose situ jauh lebih mengasyikkan.

YG Entertainment adalah perusahaan entrtainment Korea kedua yang melantai di KOSDAQ (Korea Securities Dealers Automated Quotations), kalau di Indonesia sama kayak IHSG. Sebenarnya YG sudah berusaha masuk tahun lalu, tapi ditolak. Dan YG pantang menyerah dengan ledakan ketertarikan dari fans luar negeri, dan kali ini mereka diterima.

Untuk penawaran lublik pertama, 35 milyar won/ $33 juta, kenaikan yang ditawarkan sebesar 24.600-28.200 won/ $22-$26 dengan nilai nominal 500 won.

CEO Yg ent pun bersabda pada OSEN, “aku sudah ditawari berkali-kali untuk menjual saham perusahaanku lewat sebuah backdoor listing, tapi aku menolaknya. Aku tak punya ketertarikan untuk membuat keuntungan lewat stock market. Alasanku YG Entertainment terdaftar secara public adalah aku menerima tawaran manajemen untuk membuat YG sebagai perusahaan yang transparan dan global.”

Sebuah ‘perusahaan global’, kata-katar tersebuat menjelaskan kenapa fenomena melantainy YG Ent di KOSDAQ ini jadi mengasyikkan. Jadi perusahaan entertainment Korea yang melantai di KOSDAQ, membuat YG Ent eksis dip eta bisnis internasional, yang juga berarti membuka banyak kesempatan internasional. Contohnya SM Entertainment dan SM Town Paris.

Ada yang berminat untuk menanam saham di YG??

Source: TheNextHokage @Soompi

Translated by: Yesulli@Hallyucafe

Posted on June 10, 2011, in News and tagged , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: