Ada Perayaan Hari Apa Saja di Korea?

Valentine's day

Pasar Korea telah lama menjadikan tanggal tertentu dalam kalender tahunan sebagai sarana untuk memasarkan produk mereka sebagai usaha meraih kesuksesan mereka. Beberapa telah berhasil. Misalnya adalah hari Valentine dan pepero. Tidak hanya itu, hari-hari yang aneh pun bermunculan. Apa saja hari-hari yang bisa membuat barang-barang tertentu laris di pasaran? Ini dia..

14 Januari – Diary Day
Di hari ini, kekasih dan teman saling memberikan buku agenda baru yang merupakan awal yang cerah untuk memulai tahun. Para wanita yang memiliki kekasih pun mendorong sang kekasih merekam (dalam bentuk apapun) hari-hari kebersamaan mereka.

14 Februari – Valentine’s Day
Versi Korea dari hari Valentine diambil dari Jepang setelah sebuah perusahaan Jepang dengan cerdasnya membuat White Day untuk membuat kartu ucapan dan penjualan coklat laris manis. Di hari Valentine, adalah kewajiban wanita untuk membeli coklat untuk orang-orang yang penting dalam hidup mereka.

3 Maret – Samgyeopsal day
Bulan Maret dalam bahasa Korea ditulis sama dengan angka 3 dan dibaca “sam”. Ini juga suku kata pertama dari Sam-Gyeop-Sal, yang berarti perut babi. Sejak tahun 2003, pada hari ini orang-orang pergi keluar untuk makan perut babi.

14 Maret – White Day
Di hari spesial ini, waktunya para pria menunjukkan balasan pada wanita yang telah memberi mereka cokelat di Valentine’s Day

14 April – Black Day
Mereka yang gagal pada Valentine’s Day atau White Day memiliki Black Day. Para jomblo memakan jajangmyeon, yang merupakan mie hitam yang bisa didapat di restoran Cina.

Grape Day / Diary Day / Rose Day

14 Mei – Rose Day
Ini adalah salah satu trik pasar. Pada hari ini para pasangan sebaiknya menghadiahkan pasangan mereka bunga mawar. Dan bulan Mei adalah saat mawar berkembang. Hari ini mempromosikan para tukang bunga dan taman-taman yang mencoba menarik konsumen di usia muda di musim semi.

14 Juni – Kiss Day
Kali ini tidak ada hubungannya dengan bisnis. Kiss Day lebih merupakan hal pribadi.

14 Juli – Silver Day
Para pasangan muda menukar cincin perak – yang dikenal sebagai “cincin pengikat janji”. Menariknya, ini adalah kesempatan mereka mengenalkan pasangan pada orang tua mereka.

8 Agustus – Grape Day
Secara kesulurahan tidak diketahui apakah ini berkaitan dengan suatu hari di tahun 2008 saat Nonghyup memulai promosi anggur untuk menaikkan penjualan. Tapi Agustus di bahasa Korea sama dengan 8, yang berarti pula “banyak anggur”

14 Agustus – Green Day
Hari ini dirancang untuk para pasangan menikmati keindahan alam. Untuk mereka yang single, Green day adalah hari untuk menghapus kesedihan mereka dengan minum soju, yang dikemas dalam botol hijau.

9 September – Googoo Day
Diciptakan oleh Kementerian Pangan, Agrikultur, Kehutanan, dan Perikanan, Googoo Day (Chicken Day) bertujuan untuk mempromosikan makan ayam. DI Korea bunyi ayam direfleksikan dengan suara “googoo” (kalo di Indonesia kan kukuruyuuuk), yang juga dilafalkan sama dengan pengucapan nomor 99.

Black Day / Samgyeopsal Day / Kiss Day

14 September – Photo Day
Pacar, Teman, Keluarga merayakan hari ini dengan berfoto di outdoor.

4 Oktober – Cheonsa (Angel) Day
Di Korea, Angka 1.004 (dari bulan 10 tanggal 4) dibaca “Cheonsa”, yang juga berbunyi sama dengan bahasa korea yang berarti malaikat. Di hari ini, organisasi non prfit (NGO) mengajak orang-orang melakukan kesukarelawanan dan memberikan sumbangan.

8 November – Bra Day
Hari ini adalah waktunya para pria membelikan pacar atau istri mereka Bra!. Mereka mengatakan angka 11 sama dengan tali pada bra. Dan 8 (jika dimiringkan) menyerupai Bra.

11 November – Pepero day
Ketika hari-hari lain diacuhkan, Pepero day adalah salah satu hari yang amat sukses dari sisi penjualan. Pepero adalah merk coklat yang pertama kali dibuat oleh perusahaan Lotte. Menurut legenda, Pepero Day bermula di sekitar tahun 1990an di antara musrid SMA di Busan yang berharap mereka menjadi kurus seperti tongkat.

14 November – Movie Day
Dibuat oleh perusahaan-perusahaan film untuk mengajak orang-orang pergi ke bioskop.

14 Desember – Hug Day
Ini adalah hari di mana orang-orang saling berpelukan untuk berbagi kekuatan cinta. Asal muasal hari ini tidak diketahui.

Naah, yang mana hari favoritmu?🙂

Credit : Min Dong-ki [ojlee82@joongang.co.kr]
English Source : JoongAng Daily
Choco pic : daazlevents.com
Indonesian Trans : opathebat@hallyucafe

DO NOT REPOST

About opat

I am not a martian. I guess so.

Posted on June 14, 2011, in KCulture, News and tagged , , . Bookmark the permalink. 16 Comments.

  1. uhm… aku pilih pepero day… kebayang makan cokelat… yummy…😀

  2. Tanggal 14 Juli nanti siap-siap dibeliin cincin sama diajak ke Korea nih ama Lee Seok Hoon buat dikenalin ama calon mertua haha…

  3. pengen ketawa baca yg tanggal 8 november…
    itu jadi cowo2 pada belanja bra ya? :p

    ga kebayang muka2 kaya TOP ngasih gituan ke gw *re : pacarnya

  4. buahahhahahaha… bra day paling bikin ngakak !!

  5. waks, itu beneran pd beliin bra O,o
    gila kalau di indonesia ada hari bra, akakaka *ngakak*

  6. hai teman2 tersayang.. komentar yang tidak begitu berkaitan dengan isi artikel dicukupkan yaa.. silahkan langsung menanggapi tentang isi konten artikelnya🙂
    terima kasih yaaa..🙂

  7. aaaahhh maaf author😦
    maaaaffff….. terbawa suasana..

  8. 3 Maret – Samgyeopsal day >>> Perayaan paling mengerikan buat ku,,,,hoho
    ,,,, omo~,,

  9. park min rin

    Tanggal 14 yg ga ada perayaan cuma 14 oktober ya? Waa padahal asik tuh kalo setiap tanggal 14 ada perayaan.
    Btw pepero day asik tuh😀

  10. Kreatif bgt ya menciptakan hari spesial mulai dr thn bru, hri coklat bahkan hari bra… 😉

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: