[SPOTLIGHT] Trax, Percobaan Pertama Kpop Dalam Sebuah Band Rock

Semenjak tahun 2000, SM Entertainment telah merencanakan untuk membuat sebuah group band rock tapi karena mereka tidak memiliki banyak pengetahuan musik rock, maka mereka tidak berani untuk memulainya. Namun akhirnya di tahun 2004, SM Entertainment akhirnya merilis debut band Trax, sebuah band beraliran musik rock dengan 4 orang personel yang untuk penampilannya mengusung jenis gaya group band asal Jepang “Visual Kei“.

Trax pertama muncul di akhir tahun 2003 lewat lagu BoA yang berjudul “Rock with U” tapi saat itu Trax belum debut sampai akhirnya beberapa bulan kemudian setelah SM Entertainment merilis debut untuk boyband terbaru mereka pada saat itu, TVXQ. Akhirnya Trax debut di bulan Juli tahun 2004 dengan sebuah lagu yang mengusung jenis musik heavily rock dan gaya penampilan Visual Kei, “Paradox“. Nama dari band Trax ini merupakan akronim dari nama panggung para personilnya, yakni : Typhoon (Jay), Rose (No Minwoo), Attack (Jungwoo) dan X-Mas (Jungmo); atau juga singkatan dari kata “Recording Tracks” (rekaman lagu).

Untuk single kedua mereka, “Scorpio“, SM Entertainment mendapat bantuan dari seorang artis populer asal Jepang Yoshiki dari band X Japan. Yang kemudian untuk sebagai simulasi dirilis di Jepang dan Korea Selatan secara bersamaan. Pada saat single ini dirilis di Jepang, beberapa toko CD kehabisan stock album single mereka karena semuanya terjual habis. Melihat kesuksesan tersebut, kemudian mereka kembali merilis single Jepang lagi seperti “Rhapsody” dan “Blaze Away“. Karena aktivitas promosi single Jepang mereka, maka Trax absen dari kegiatan mereka di Korea hingga akhirnya mereka merilis full album pertama mereka “First Rain” di tahun 2006.

Hengkangnya Rose
Setelah 2 tahun mereka debut, Rose (No Minwoo), secara resmi hengkang meninggalkan group ini untuk mengejar ketertarikannya yang lain. Para fans merasa hancur setelah melihat drummer dari band ini pergi dan bahkan yang lebih mengejutkan lagi ketika ia kembali ke dunia musik bergabung dengan sebuah band underground, The Romantist, tidak lama setelahnya. Setelah selama setahun tidak mendengar kabar tentangnya, No Minwoo muncul sebagai aktor dalam sebuah film televisi berjudul “Story of Wine“. Bersamaan dengan itu, ia juga merilis single dengan sebuah proyek group vokal SM bernama 24/7 yang beranggotakan 3 orang aktor No Minwoo, Lee Jang Woo (suami virtual Eunjung T-ara di WGM season 3) dan Hyun Woo (MC Music Bank saat ini). No Minwoo dan Hyun Woo kemudian sama-sama bermain dalam drama MBCPasta” (yang saat ini tayang di salah satu stasiun TV nasional Indonesia). Setelahnya No Minwoo juga muncul di drama “My Girlfriend is a Nine-Tailed Fox“, “Midas“, dan baru-baru ini dikabarkan sedang syuting film “Ghastly“.

Berbeda dengan karier aktingnya, Minwoo juga meng-upload video dimana ia meng-cover lagu-lagu populer dengan memainkan berbagai instrumen musik ke internet. Hal ini ia lakukan untuk memperlihatkan kepada para fans-nya bahwa ia masih bekerja di bidang musik dan berencana untuk membuat proyek bermusik lain di masa depan.

Berikut ini salah satu contohnya, ia membawakan lagu Gee dari SNSD dengan versi rock menggunakan gitar sekaligus drum. KEREN BANGET!!

Beberapa bulan setelah ditinggalkan oleh No Minwoo, Trax akhirnya merilis full album pertama mereka di Korea yang berjudul “First Rain”, yang diikuti pula dengan dua single Jepang baru di bulan Agustus tahun 2006 dan bulan Januari tahun 2007. Kemudian group ini jatuh diam-diam ketika Jay sang vokalis didiagnosa mengalami masalah dalam pita suaranya beberapa saat setelah Trax merilis single Jepang terakhir mereka yang berjudul “Find the Way“. Berbagai penampilan live dan kemunculan mereka di radio dibatalkan karena Jay harus menjalankan operasi atas masalah pita suaranya tersebut. Saat itu lah karier bermusik Trax benar-benar jatuh dan tidak terdengar gaungnya sama sekali.

Rumor yang beredar mengatakan bahwa SM Entertainment berencana untuk membubarkan Trax setelah kontrak mereka berakhir karena angka penjualan album mereka tidak mencapai target. Tidak ada informasi yang falid mengenai apakah SM saat itu benar-benar membubarkan Trax tau tidak. Yang diketahui bahwa saat itu Trax menghentikan semua kegiatan bermusik mereka setelah tahun 2007. Sedangkan personel ketiga Trax, Jungwoo pun tidak diketahui keberadaannya pada saat itu.

“Band of Brothers” dan “Oppa Band”
Kurang dari dua tahun setelah single terakhir mereka tersebut, dua dari ketiga personel Trax kembali ke dunia entertainment dengan membentuk band dalam acara reality show bernama “Band of Brothers“, bersama dengan dua orang personel Super Junior Heechul dan Kangin. Acara ini berdurasi 30 menit setiap episode penayangannya, dan memperlihatkan evolusi dari keempat personelnya sebagai sebuah band penghormatan yang tidak hanya menampilkan lagu-lagu pop klasik milik band legendaris semacam The Beatles atau Abba dan Queen, tapi juga bercerita mengenai sejarah dan informasi tentang kapan band-band legendaris tersebut menjadi populer, tentunya diceritakan dengan cara yang kocak dan lucu. Acara ini diakhiri dengan keempat personelnya menggelar showcase mereka sendiri dimana Heechul menjadi drummer, Kangin sebagai bassist, Jungmo pada gitar dan Jay sebagai vokalis.

Setelah acara “Band of Brothers” berakhir, sang gitaris Jungmo tampil dalam sebuah reality show pendek yang berjudul “Oppa Band“. Pada saat itu, yang menjadi salah satu personel band-nya adalah salah satu personel Super Junior Sungmin. Namun acara ini pun tidak lama dihentikan penayangannya kerena rating penontonnya yang kurang bagus.

Kembalinya Trax Ke Industri Musik Korea
Di musim panas tahun 2009, terdengar kabar dari Trax ketika mereka tampil di panggung musik kembali menbuat sebuah proyek lagu bersama band slow rock bernama “Air“. Kemudian mereka membuat sebuah single digital sebagai proyek band bernama “TRAX+Air” untuk membawakan sebuah soundtrack drama Korea berjudul “Swallow the Sun“.

Diawal tahun 2010, publik pun dikejutkan dengan berita yang mengatakan bahwa SM Entertainment berencana untuk membawa kembali Trax ke industri musik Korea dengan merilis sebuah mini album baru. Bahkan publik semakin dikejutkan ketika Trax tampil tidak lagi mengusuk jenis musik rock seperti dulu, tapi berubah menjadi ballad, dan menegaskan diri sebagai duo Trax. Music video untuk lagu andalan dari mini album tersebut yang berjudul “Cold-Hearted Man (Let You Go)” menampilkan teman mereka sesama management, sekaligus teman mereka sejak lama Heechul dari boyband Super Junior, dan Victoria dari girlband f(x). Komposisi dan arransemen dari lagu tersebut dibuat oleh sang gitaris Jungmo, sementara lirik lagunya ditulis sendiri oleh sang vokalis Jay.

Berikut ini MV-nya :

Kurang dari setengah tahun setelahnya, Trax kembali merilis mini album kedua mereka yang berjudul “Oh! My Goddess“. Sama seperti MV untuk lagu “Cold-Hearted Man (Let You Go)”, kali ini pun mereka mendapat bantuan dari teman satu managementnya. Seohyun dari girlband SNSD lah yang didapuk untuk menjadi seorang “Goddess” (dewi) dalam MV lagu andalan mereka yang berjudul sama dengan mini album terbaru mereka, “Oh! My Goddess”.

Berikut ini MV-nya :

Berkolaborasi Dengan Artis Lain
Trax pertama kali melakukan penampilan bermusik di depan publik ketika berkolaborasi dengan BoA dalam lagu “Rock With U” di bulan Desember tahun 2003. Setelah itu, mereka juga berkolaborasi dengan TVXQ dialbum pertama dan keduanya, “Tri-Angle” dan “Rising Sun“. Bersama dengan BoA, Trax tampil dalam MV untuk lagu andatan TVXQ di album pertamanya yang berjudul “Tri-Angle”.

Lagu Trax yang berjudul “Are You Ready“, ada di album single pertama mereka, juga mucul sebagai lagu insert dalam film Super Junior yang berjudul “Attack on the Pin-up Boys“. Dimana saat itu salah seorang personel Super Junior, Yesung merekam versinya sendiri dari lagu ini untuk film tersebut. Lagu ini komposisi musiknya dibuat oleh Rose (No Minwoo).

Berikut ini MV dari lagu “Tri-Angle”

Kemudian Trax banyak dikenal lewat lagu-lagu remix yang mereka tampilkan dalam konser SMTOWN tahun lalu. Tidak hanya lewat penampilan dipanggung bersama SHINee dengan membawakan versi rock dari lagu “Lucifer“, mereka juga me-remix lagu dari Super Junior yang berjudul “Don’t Don” dalam konser SMTOWN di Los Angles tahun kemarin, bersama Heechul sebagai drummer dan Changmin dari TVXQ sebagai vokalis kedua. Pada saat itu juga dikatakan bahwa lagu “Don’t Don” tersebut sebenarnya pada awalnya direncanakan untuk menjadi lagu Trax, bahkan pernah ditampilkan secara live oleh Trax sebelum akhirnya lagu tersebut dirilis dalam album kedua Super Junior. Heechul juga mengungkapkan bahwa ia juga sering ikut berkolaborasi dalam lagu-lagu Trax di tahun-tahun terdahulu.

Berikut ini fancam dari penampilan lagu “Don’t Don” tersebut :

Di akhir tahun 2010, SM Entertainment membuat debut untuk group vokal dengan konsep baru bernama SM The Ballad, yang beranggotakan salah seorang personel Super Junior Kyuhyun, personel SHINee Jonghyun, Jino dan personel Trax Jay. Mereka merilis mini album pertama mereka yang berjudul “Miss You” di akhir bulan November tahun lalu dan memulai promosinya di berbagai program acara musik tidak lama semenjak merilis mini album tersebut. Karena keterlibatan Jay sebagai salah satu pemeran dalam drama KBS berjudul “President” bersama personel Super Junior Sungmin, ia tidak dapat sepenuhnya ikut dalam penampilan panggung SM The Ballad selama masa promosi mereka, sehingga sering kali SM The Ballad melakukan promosi lagu mereka hanya bertiga saja.

Masa Depan
Pada akhirnya, tidak banyak yang tau bahwa Trax sebenarnya adalah sebuah group band yang telah ada bahkan sebelum TVXQ dibuat, dan bahkan group band ini telah banyak merilis lagu-lagu mereka di Korea dan Jepang secara bersamaan. Setelah perusahaan management mereka ‘memasukan mereka kedalam rak’ karena jenis musik rock tidak terlalu populer di negara asal mereka, mereka bahkan tidak pernah benar-benar berada dibawah ‘sorotan lampu’ sama sekali. Dengan kesuksesan FnC Music dengan men-debut-kan group rock band baru bernama CNBLUE yang kemudian membuat pulik tertarik dengan konsep musik band, maka SM entertainment kemudian memunculkan kembali Trax yang mengusung jenis musik yang berbeda dengan sebelumnya lewat sebuah mini album baru. Dan kurang dari setengah tahun setelahnya, mereka muncul kembali dengan mini album mereka berikutnya yang berjudul “Oh! My Goddess”.

Kemudian para personelnya melakukan aktivitas mereka masing-masing setelah masa promosi mini album terakhir mereka selesai, nampaknya kali ini pun group ini kembali ‘menghilang ditelan bumi’ lagi. Saat ini Jay sedang mengerjakan kegiatannya dibidang akting lewat drama KBS terbarunya yang berjudul “Our Women“. Tidak ada penampakan bahwa Trax akan merilis album atau single baru. Absennya mereka dari konser SMTOWN di Paris yang baru-baru ini telah dilaksanakan dengan sukses, bisa dimaknai sebagai sesuatu hal yang berbeda. Tiak ada yang tau apakah baik Jungmo ataupun Jay masih mengerjakan sesuaitu untuk merencanakan album terbaru mereka atau tidak, atau mungkin SM Entertainment tidak tau lagi apa yang harus mereka perbuat untuk memunculkan kembali Trax dalam karier bermusik mereka, tidak ada yang tau.

Untuk mengakhiri artikel ini, berikut ini cover dari lagu milik goup band Amerika Evanescence yang berjudul “Bring Me To Life“, bersama Luna dari girlband f(x) sebagai vokalis wanitanya (penampilan ini diambil dari program acara “The Muzit“).

Source : SMTOWN Trax, cobaltsam, 3ffectfx, jesuiscecile, edithchen, sment and eheradyya via Koreaboo
Indo trans & Re-written by : missjutek@hallyucafe
Thanks to Park Hyechan who inspired me and tell me a lot of story behind Trax😀

DO NOT RE-POST!!

About missjutek

gw cuman manusia biasa yg punya banyak kekurangan dan kelebihan (untungnya...). Disebut missjutek karena muka gw yg jutek (sebenernya bentuk alis gw yg melengkung banget dan item yg bikin muka gw keliatan jutek), padahal hati gw baik loh... *halah...*

Posted on June 18, 2011, in Inspiring People, KCulture, KPop and tagged , , , . Bookmark the permalink. 2 Comments.

  1. syukurlah sekarang mereka udah insap dengan gaya urakan.
    karena sesungguhnya mereka jauh lebih keyen dengan style seperti itu. kkk
    sayang sekali mereka tercerai-berai…
    Yesul juga penasaran ke mana perginya Jungwoo.
    lagu Oh! punya SNSD yang bernada centil pun bisa disulap jadi ngerock banget sama Jungmo.

  2. nemu ini pas googling (telat abis).
    sedih deh, biar gimana juga kayaknya mereka senengan di heavy rock, dan saya seneng mereka yang dulu. orang-orang kayak gini /kayak yang di atas saya?/ yang bikin musik jadi jarang yang fresh.

    ah, sudahlah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: