Eatyourkimchi.com : Melihat Korea Dari Kacamata Simon dan Martina

Haiho, HC readers tentunya sudah tidak asing lagi dong dengan “Kpop Music Mondays” dan “eatyourkimchi”?😀 Hallyucafe kan setiap minggu selalu posting videonya. Nah, berikut ini adalah artikel hasil wawancara reporter dari Hancinema dengan si pembuat website eatyourkimchi.com, Simon dan Martina.

Bertemu dengan Simon dan Martina. Pasangan muda asal Kanada ini mulai membuat video tentang Korea sejak bulan Mei tahun 2008 sampai sekarang, website mereka (www.eatyourkimchi.com) telah mengumpulkan berbagai moment yang mereka lewati. Video-video yang mereka buat sendiri tersebut, awalnya mereka buat untuk memperlihatkan alasan keputusan mereka untuk pergi ke Korea kepada teman-teman dan keluarga mereka. Tapi sekarang pengunjung website mereka telah meroket dari berbagai penjuru dunia untuk melihat video-video lucu tentang budaya pop Korea yang mereka rilis setiap minggunya.

Simon dan Martina telah tinggal di Korea kurang lebih tiga tahun lamanya sekarang dan, seperti kebanyakan orang asing yang tinggal di Korea, mereka awalnya datang untuk mengajar bahasa Inggris. Mereka mengakui, bahwa sebenarnya awalnya mereka berencana untuk tinggal di Korea hanya untuk satu tahun kemudian melanjutkan perjalanan mereka ke Jepang (eatyoursushi.com ada yang mau?) dan mungkin juga pergi ke negara lain di Asia tenggara (A/N : Indonesia?😉 ). Namun mereka terlanjur jatuh cinta pada Korea dan kebudayaannya yang bersemangat membuat mereka mempertibangkan kembali rencana mereka tersebut dan mereka membagi pengalaman seru mereka tentang Korea secara online semenjak itu.

Kebudayaan Korea sebenarnya bukan hal yang benar-benar mengejutkan bagi mereka. Ketika masih tinggal di Kanada mereka berdua telah cukup familiar dengan kebudayaan tersebut karena di Kanada sendiri terdapat “K-Town”. Tidak banyak orang asing di Korea yang sebelumnya telah memiliki pengetahuan yang cukup tentang kebudayaan Korea sebanyak yang Simon dan Martina miliki, dan perasaan senang yang dimiliki mereka terhadap negara ini cukup menginspirasi dan menular.

Eatyourkimchi.com adalah ‘anak kesayangan’ mereka, tempat mereka membagi pengalaman mereka tentang Korea dan kebudayaannya melalui video blogging. Sangat informatif, sedikit ‘aneh’, segar, dan selalu mengundang tawa dengan gaya komikal mereka yang tidak hanya dalam mengekspoitasi pengalaman tersebut, namun juga dalam mengungkapkan pemikiran mereka terhadap hal tersebut.

Simon dan Martina memiliki banyak penggemar setia yang selalu mengikuti update dari mereka yang membuat website mereka menjadi sesukses sekarang dan dapat dinikmati dari seluruh penjuru dunia. Mereka mengatakan bahwa ketika mereka mendapat subscriber pertama, Steve, di akun YouTube mereka, mereka sangat terkejut. Steve, sama dengan orang asing lainnya, sedang mencari informasi karena akan berkunjung ke Korea dan menemukan website mereka yang informatif dan memiliki banyak gambar yang menarik tentang Korea dan kebudayaannya. Tapi Steve tidak hanya sekedar “subscriber” mereka yang biasa, setelah melihat Steve di kolom subscriber mereka kemudian saling berhubungan dan ia benar-benar datang ke Korea dan hingga saat ini mereka masih berteman.

Hubungan semacam ini sangat penting bagi Simon dan Martina. Berdialog dan membuka komunikasi dengan para pengunjung website dan pengikut mereka di berbagai jejaring sosial yang mereka miliki adalah hal yang paling penting dan menjadi tanggung jawab yang mereka nikmati. Kolom komen dalam video mereka telah menjadi seperti sebuah obrolan terbuka, bukan hanya komunikasi satu arah. “Web 2.0”, seperti yang dikatakan oleh Simon, adalah bagaimana caranya membuat sinergi antara mereka sebagai pembuat konten dengan para pengikut mereka. Mereka telah banyak berhubungan dan mendapat banyak teman melalui website mereka tersebut dan secara berkala mereka juga bertemu dengan para subscribers, pengunjung website dan pengikut twitter mereka. Pasangan ini telah benar-benar memdedikasikan diri mereka dalam hal ini dan menikmati kesempatan mereka untuk menunjukan diri mereka yang sebenarnya kepada para pendukung mereka.

Meskipun fokus mereka tetap pada segala sesuatu tentang Korea dan kebudayaannya, virus yang ditularkan Simon dan Martina telah terbentuk secara alami melalui apa yang mereka sajikan dan karenanya semakin banyak yang bertanya tentang kegidupan personal mereka berdua. Baru-baru ini dalam website mereka, mereka mem-postingbeberapa video yang menceritakan bagaimana pasangan ini bertemu dan bagaimana cara Simon melamar. Mereka membuat keseimbangan dalam membagi antara konten dalam website mereka dengan cara mereka membuat konten tersebut. Kepribadian mereka tercermin dalam setiap posting-an dan semacamnya yang mereka buat, image mereka sebagai blogger pun dengan sendirinya terbangun.

Ketika aku (reporter) minum kopi bersama pasangan ini, aku merasa sepertinya aku sedang menonton sebuah video spesial dari mereka. Meskipun aku tidak terkejut dengan kenyataan bahwa kepribadian mereka yang terlihat di dunia online ternyata sama dengan kepribadian asli mereka, yang mengagetkanku adalah bagaimana mereka tetap menjaga pendangan mereka yg kritis terhadap Korea. Website mereka ini sangat positif dan mereka pun berusaha untuk memberikan image positif tidak hanya tentang Korea, tapi juga mereka pribadi sebagai pasangan menikah yang masih muda. Ketika aku mengatakan bahwa mereka selalu melihat Korea secara positif mereka menjawabnya dengan berfilosofi, bicara tentang kehidupan masyarakat perlu ada konflik sebagai faktor pendorong narasi dan dongeng. “Orang-orang cenderung melupakan semua peristiwa baik yang terjadi sehari-hari dan fokus pada hal negatifnya. Kesenangan yang terjadi setiap hari cenderung dibiarkan tidak diungkapkan”.

Film dari Park Chan-wook yang berjudul  “Old Boy” dan “Sympathy for Lady Vengeance” adalah film favorite mereka berdua dan mereka juga sangat senang berbicara tentang K-pop. Meskipun K-pop awalnya tidak terlalu mereka perhatikan, namun sekarang mereka amat menyenanginya dan menghargai talenta para artisnya. Video mingguan mereka “K-pop Music Mondays” menjadi sangat populer sekarang dan komentar mereka yang ringan dan menyenangkan pada para idol pop Korea terkadang mendapat reaksi yang beragam dari para netizen Korea. “Orang-orang Korean bisa menjadi sangat difensif jika kami mengatakan sesuatu yang agak negatif atau bahkan sebuah kritikan”. Hal ini sangat melegakan sebenarnya dan menonton penampilan penuh komedi dari mereka setiap minggunya selalu menyenangkan dengan hanya melihat kelucuan yang mereka miliki terhadap apa yang mereka bahas.

Aku pikir segmen favoritku adalah bagian “WTF”, dimana mereka me-review (atau lebih mirip dengan ‘mencoba untuk mengerti’) beberapa hal yang aneh dan sesuatu yang ‘gila’ yang mereka temukan di Korea. Dan disetiap akhir video, mereka memberikan kesempatan kepada para penontonnya untuk memenangkan apa pun yang mereka bahas pada saat itu. Bahkan orang-orang mulai banyak yang mengirimkan benda-benda untuk mereka review dan berbagai macam fan art dari pasangaan ini yang banyak terus bermunculan sebagai bentuk testament dari kemampuan mereka untuk disukai dan karisma mereka. Video terbaru mereka dalam bagian “WTF” adalah tentang “Training Chopsticks”. Berikut ini link posting-an mereka tersebut : http://www.eatyourkimchi.com/training-chopsticks/

Jangan terlalu memikirkan kata-kataku tentang Simon dan Martina, kunjungi saja website merka dan tonton berbagai video lucu yang mereka buat sendiri! Kalian akan menemukan berbagai hal tentang Simon dan Martina dengan mengunjungi website mereka di www.eatyourkimchi.com dan jika kalian terlalu sibuk untuk itu, follow akun Twitter mereka”@eatyourkimchi” untuk dapat mengetahui update terbaru dari mereka.

 -Christopher James Wheeler

Source : Hancinema

Indo trans by : missjutek@hallyucafe

DO NOT RE-POST!!

About missjutek

gw cuman manusia biasa yg punya banyak kekurangan dan kelebihan (untungnya...). Disebut missjutek karena muka gw yg jutek (sebenernya bentuk alis gw yg melengkung banget dan item yg bikin muka gw keliatan jutek), padahal hati gw baik loh... *halah...*

Posted on June 20, 2011, in Inspiring People, KCulture, Korean Life, News and tagged , . Bookmark the permalink. 1 Comment.

  1. ane juga suka bnget liat simon ma martina XDD

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: