MBC “News Desk” Siarkan Berita Palsu Soal Kecelakaan Big Bang Daesung

Sebelumnya diberitakan di allkpop (klik link beritanya di sini) bahwa media Korea, MBC “News Desk”, memberitakan kemungkinan pengendara motor, yang terlibat kecelakaan dengan Big Bang Daesung, masih hidup. Berita ini tersebar luas dan menyedot perhatian banyak netizen sehingga menimbulkan kekhawatiran baru.

Namun kabar terbaru yang didapatkan dari Allkpop dan Bigbangupdates menyebutkan bahwa berita tersebut tidak benar. Berikut ini penjelasan lengkapnya.

Lembaga Forensik Nasional Korea melaporkan bahwa mereka belum berbicara maupun mengontak pihak MBC terkait kecelakaan yang melibatkan Daesung dan apapun yang dirilis dalam berita MBC “News Desk” dinyatakan mereka murni spekulasi semata.

“Kami belum merilis pernyataan apapun terkait kecelakaan yang melibatkan Daesung,” kata juru bicara dari pihak Lembaga Forensik Nasional Korea. “Proses investigasinya hingga kini masih berlangsung dan kami masih belum bisa memberikan keterangan apapun.”

Pihak lembaga forensik juga menambahkan bahwa setelah melaksanakan penilaian internal, tidak ada seorang pun anggotanya yang telah berbicara dengan pihak MBC terkait kecelakaan itu. “Kami tidak tahu siapa yang berbicara tentang hal itu, tapi ada kemungkinan bahwa siaran berita itu berbeda jauh dari kenyataannya.”

Hasil otopsinya akan dipegang oleh pihak kepolisian pada 21 Juni mendatang.

Selain itu, Flibbertigiblet (penerjemah/reporter berita Big Bang di 6theory forums) memberitakan,

“Siaran MBC “News Desk” sedang menuai banyak protes karena menyiarkan berita spekulasi tanpa adanya bukti. Seorang petugas kepolisian berkata bahwa tidak ada satu pun pengarahan terkait investigasi yang bocor karena kenyataannya investigasi masih berjalan bahkan setelah News Desk menyiarkan berita palsu.”

MBC “News Desk” sendiri baru-baru ini menuai protes masyarakat karena menyiarkan berita tentang seseorang yang dipukuli hingga tewas tanpa sensor gambar dan tanpa adanya peringatan lebih dulu kepada pemirsa. Mereka juga terkadang salah menggunakan gambar atau foto orang yang terkait dengan berita kematian yang disiarkan.

Mereka juga pernah menyiarkan cerita konyol tentang mengetes seberapa jauh perilaku gamer online yang kasar di sebuah kafe internet dengan cara mematikan seluruh listrik yang menyala. Hasilnya, bisa ditebak, para gamer meneriakkan kata-kata kasar dan sang reporter menyimpulkan bahwa kata-kata mereka membuktikan betapa kasarnya para gamer online tersebut.

Berita soal tsunami Jepang pun disiarkan tanpa sensor. Begitu pula dengan berita soal Song Seung Hun yang tanpa sensor yang membuat banyak orang berpikir bahwa ia telah melakukan suatu tindakan kriminal, padahal sama sekali tak ada hubungannya dengan dirinya.

Kesimpulan yang dapat diambil dari kisah pemberitaan News Desk ini adalah belum tentu semua berita yang disiarkan benar sehingga para penonton jangan buru-buru menganggapnya serius.

Source: Nate News and Flibbertigiblet@6theory forums
English Translation: AKP and Flibbertigiblet
Indonesian translation and recomposition: dearmarintan@hallyucafe

*Please, do not re-post. Thanks.

About dearmarintan

Once a journalist, now a flight attendant. Will forever be a blogger and aspire to be an inspiring author. http://dearmarintan.com/

Posted on June 20, 2011, in Hallyu Stars, Idol's Life, News and tagged , . Bookmark the permalink. 3 Comments.

  1. aku tiap ada berita baru tentang daesung bawaannya deg-degan terus.. T_________T

  2. kalo kayak gini kasihan daesungnya T_T

  3. setuju ama oenni stalkinghero ama oenni joa,, semakin diundur semakin kasian daesungnya,, makin muncul berita aneh2,, but be strong daesung-ah,, #wesupportdaesung

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: