K-Pop Menggantikan Drama Korea Dalam Invasi Hallyu Wave??

Photos courtesy of SM, YG and C-JeS Entertainment

Sepuluh tahun yang lalu, drama Korea lah yang memulai gelombang ketertarikan masyarakat dunia pada Korea, atau biasa disebut Hallyu wave, lewat drama-drama populer seperti “Winter Sonata,” “Jewel in the Palace,” “My Name is Kim Sam Soon” dan “Coffee Prince.”

Tapi dengan berkembangnya dunia internet dan website jejaring sosial seperti Facebook, YouTube dan Twitter beberapa tahun belakangan ini, musik pop Korea, atau lebih dikenal K-pop, telah menggantikan peran drama Korean dalam menginvasi seluruh dunia dengan Hallyu wave.

Korea Tourism Organization (KTO) telah merilis hasil dari sebuah survei dalam hal ini untuk memperingati ulang tahun ke-10 dari website mereka.

Survei ini dilakukan pada bulan Mei lalu, dan tercatan ada 12,085 responden non-Korea yang mengikuti survei ini, 90% diantaranya adalah wanita, dari 102 negara yang mengikuti survei ini melalui website KTO, email, Twitter dan Facebook, berdasarkan apa yang disebutken oleh Korea Herald.

Para responden ini ditanya aspek apa dari hallyu wave ini yang paling menarik menurut mereka masing-masing. Dari semua responden yang berpartisipasi dalam survei ini, 53.3% diantaranya atau sebanyak 6,441 responden, memilih K-pop.

Sementara itu, 33.2% diantaranta atau sebanyak 4,012 responden, memilih drama televisi Korea. Sedangkan untuk film Korea dipilih oleh 6.2% atau sebanyak 749 responden. Untuk sisanya sebanyak 7.1% atau 858 responden, memilih hal lainnya termasuk acara televisi Korea (reality show dan variety show), makanan Korea dan pusat perbelanjaan.

77% dari responden ini berasal dari negara-negara Asia, dan sisianya berasal dari negara-negara Eropa, Amerika Utara, Afrika dan Oceania (New Zeland dan lain-lain).

Hampir setengahnya atau sebanyak 49% responden ini berusia 20 tahun-an, dan 18% responden lainnya berusia 30 tahun-an. Untuk remaja sekitar 17% responden, 8% untuk responden berusia 40 tahun-an dan sisanya 6% responden berusia 50 tahun-an.

Para responden ini juga diminta untuk memilih bintang hallyu yang mereka impikan untuk menjadi teman mereka selama berkunjung ke Korea dan hasilnya, sembilan dari 10 bintang hallyu wave yang paling banyak dipilih adalah artis K-pop.

Boyband Super Junior menjadi yang paling banyak dipilih dengan 13% pemilih. BIGBANG berada di urutan kedua dengan 9% pemilih dan JYJ di tempat ketiga dengan 7% pemilih.

TVXQ di nomor keempat dengan 5% pemilih dan Girls Generation di peringkat kelima dengan 4% pemilih.

Sisanya dari kesepuluh bintang hallyu yang paling banyak dipilih tersebut adalah Jang Geun Suk di peringkat keenam 6 diikuti oleh Kim Hyun Joong, SHINee, Hyun Bin dan 2PM secara berurutan.

Jika dilihat dari bahasa yang digunakan oleh para respondennya, responden berbahasa Inggris kebanyakan memilih Super Junior sementara responden yang berbahasa Jepang kebanyakan memilih Bae Yong Joon, yang memang memiliki banyak penggemar fanatik di Jepang.

Credit : JONATHAN M. HICAP @ Manila Bulletin

Indo trans by : missjutek@hallyucafe

DO NOT RE-POST!!

About missjutek

gw cuman manusia biasa yg punya banyak kekurangan dan kelebihan (untungnya...). Disebut missjutek karena muka gw yg jutek (sebenernya bentuk alis gw yg melengkung banget dan item yg bikin muka gw keliatan jutek), padahal hati gw baik loh... *halah...*

Posted on June 21, 2011, in KCulture, KDrama/Musical, KPop, News. Bookmark the permalink. 1 Comment.

  1. C-jes ada d atas
    Wah ni agency udh mulai d perhitungkn,
    The power of jyj family

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: