Sassy Girl Chun Hyang (2005)

ki-ka: Uhm Tae Woong, Han Chae Young, Jae Hee, Park Si Eun

Sassy Girl Chun Hyang sebetulnya merupakan modifikasi pansori rakyat Korea, Chunhyangga, mengenai kisah cinta seorang putri gisaeng, Chun Hyang dan anak pejabat, Lee Mong Ryong. Keduanya menikah diam-diam dan saat Lee Mong Ryong pergi ke Seoul, Chun Hyang dipaksa jadi selir seorang pejabat korup.

Tapi dramanya sendiri diberikan sentuhan modern. Sung Chun Hyang (Han Chae Young) sekarang menjadi anak penyanyi klab malam yang cerdas dan rajin cari duit untuk memenuhi kebutuhannya dan ibunya yang suka menghambur-hamburkan uang. Sementara Lee Mong Ryong (Jae Hee) adalah anak kepala polisi Seoul yang demen berantem, cepat emosi, tidak begitu pintar dan jatuh cinta pada kakak kelasnya, Hong Chae Rin, tapi dia harus pindah ke Namwon demi tuntutan pekerjaan ayahnya yang dipindahtugaskan.

Saat ingin memotret suatu objek di tempat wisata Namwon, Mong Ryong mengarahkan kamera ponselnya ke dekat pagar belakang dan tidak sengaja memotret foto Chun Hyang yang memanjat (untuk menghindari tiket masuk). Chun Hyang mengira Mong Ryong berbuat asusila dan mereka terlibat perkelahian. Kemudian Mong Ryong menawan ponsel Chun Hyang sampai Chun Hyang mau memperbaiki ponselnya yang dihancurkan Chun Hyang.

Sebagai anak baru, Mong Ryong sudah bikin ribut dengan suara sepeda motornya yang berisik saat orang sedang upacara, dia juga terlibat pertengkaran dengan sahabat Chun Hyang, Pang Ji Hyuk (Moon Ji Yoon), tapi mereka malah jadi teman dekat gara-gara Chun Hyang malah nggak sengaja menarik celana Ji Hyuk waktu ingin menghentikan mereka bertengkar.

Ketika Chun Hyang sakit karena tercebur dalam kolam, Mong Ryong menjenguknya dan meminum sebotol penuh arak dari kulkas, pagi hari dia ditemukan tidak berbusana (karena kepanasan) dan tidur di kasur yang sama dengan Chun Hyang. Awalnya orangtua mereka merahasiakan ini, tapi gara-gara interogasi yang dilakukan Lee Dan Hae (Lee In Hye) pada Pang Ji Hyuk di ruang radio sekolah (dan nggak sengaja Ji Hyuk menekan tombol siaran), gosip tersebar ke seluruh sekolah dan mereka terpaksa menikah, tanpa cinta. Keduanya berusaha menggagalkan pernikahan dengan segala macam cara (lucu-lucu loh!) tapi ayah Mong Ryong yang baik banget sama Chun Hyang bersikeras menikahkan mereka, ayahnya merasa Chun Hyang bisa mengubah sifat jelek Mong Ryong jadi lebih bertanggung jawab, dan berhasil memang🙂 Sayang ibu Mong Ryong tidak menyukai keluarga Chun Hyang karena tidak sepadan dengan keluarganya.

Setelah menikah, Chun Hyang tinggal dengan keluarga suaminya dan berbaik hati membantu Mong Ryong belajar supaya lulus masuk Universitas Korea. Keduanya lulus, tapi Chun Hyang tidak mau mengaku kalau dia tidak bisa bayar uang kuliah dan berkata bakal bertemu mereka di Seoul. Saat itu Chun Hyang sudah mulai naksir sama Mong Ryong, tapi sayang Hong Chae Rin selalu berusaha mengganggu hubungan mereka. Ditambah lagi dengan pemilik agensi terkenal, Byun Hak Do yang naksir Chun Hyang dan melancarkan agresi militernya #eeaa sewaktu Mong Ryong mulai sadar kalau dia juga cinta sama Chun Hyang.

Sebelum masuk kuliah, Chun Hyang dan Mong Ryong putus hubungan karena adanya ketidak cocokan antara Chun Hyang, ibu Mong Ryong, dan Hong Chae Rin yang terus kegatelan melobi Mong Ryong setelah diputusin cowoknya. Mong Ryong berhasil menemukan Chun Hyang tapi ternyata Chun Hyang tidak kuliah, padahal dulu Chun Hyang bilang ada yang berbaik hati membiayai kuliahnya (Byun Hak Do in disguise) tapi mendadak membatalkannya (karena cemburu melihat Chun Hyang dan Mong Ryong bersama lagi).

Ayah Mong Ryong yang merasa bersalah, memberi dana untuk membuka usaha toko aksesoris untuk Chun Hyang, ia juga mengusir Mong Ryong dari rumah (karena Mong Ryong menjual pedang kesayangannya buat beli kalung yang mirip pemberian Byun Hak Do yang nggak sengaja dihilangin Chun Hyang), dan ujung-ujungnya bekerja sama dengan ibu Chun Hyang untuk mengakrabkan kembali hubungan anak mereka.

Tentu saja tidak cukup sampai situ, Byun Hak Do menjebak Mong Ryong dengan membayar seorang wanita (pegawai agensinya tuh) yang berpura-pura diserang orang, begitu Mong Ryong menyelamatkannya, wanita itu malah merobek pakaiannya sendiri dan menuduh Mong Ryong ingin melukainya.

Chun Hyang lagi-lagi berkorban demi Mong Ryong, dia bercerai dari Mong Ryong menuruti Byun Hak Do pergi ke Jepang agar video CCTV (yang kejadian sebetulnya sudah diedit) itu tidak tersebar luas. Sebelum pesawat lepas landas, Chun Hyang keluar dan bersembunyi di Busan selama 8 tahun, sampai akhirnya mereka bertiga bertemu lagi dan masalah kembali  muncul…

SGCH adalah salah satu drama populer pembawa Hallyu wave yang dulu ditayangkan di salah satu TV swasta (sempat juga jadi korban jiplakan sinetron). Ceritanya ringan, bisa bikin ketawa sampai sakit perut dan juga bisa bikin nangis! Di sini gw pertama kali nonton dramanya Jae Hee, dan dia bener2 kocak lengkap dengan ekspresi monyong-monyongin bibir plus gaya berantemnya dengan Chun Hyang. Kalau Han Chae Young, sudah pernah lihat aktingnya di Endless Love dan pangling dengan perubahannya di sini, padahal drama ini dulu sempat dipandang pesimis lho! Dan gw melihat kecenderungan dalam drama-drama Hong Sisters yang lain yang suka memakai Ahn Suk Hwan (ayah Mong Ryong) dan Cho Ran (ibu Mong Ryong) dalam drama2 mereka. Contohnya Hong Gil Dong, You’re Beautiful dan My Girl. Sekian review hari ini. Sharing yuuk!!

Written by Alois ★ あずゆ@hallyucafe DON’T REPOST

Posted on June 22, 2011, in KDrama/Musical and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 16 Comments.

  1. Hiyaaaa… one of my fave drama!!!
    iya, drastis banget perubahan Han Chae Young dari Endless Love ke Chunhyang ini!
    ya, emang karakternya juga beda banget sih, kalo di endless love dia jadi “setan”, di chunhyang dia justru jadi malaikat penyelamatnya mong ryong!
    si nyonyakim mendedikasikan nama mong ryong itu buat ade-nya yang dianggap nyebelin, karena karakter mong ryong disini kan emang nyusahin bin nyebelin banget ya… hahahaha…

    • hooh hooh! ceritanya seru banget dari awal sampe akhir dan bikin gregetan.

      paling sedih tu pas mereka pisah, mongryong kan ngirain dia udh di jepang, padahal chun hyang tepat ada di bus sebelah, waktu dia nengok ke sana, chun hyang nggak nengok, pas chun hyang nengok ehhhh dianya dipanggil ajumma2 gitu!!! rrrggghhh gigit jari deh kalo udah adegan beginian!

  2. ini serial bikin nostalgila, jd ingat jaman SMA, tiap hari cerita2 ini serial pas jam belajar..kekekekke
    ngakak, sedih, bikin gregetan dah ini serial, ost nya jg bgs🙂

  3. ini sontreknya mancaf abis deh.. yang paling ane paporitin yang Haengbok Hagil Barae (eh nulisnya bener kagak dah yak?). Itu pasti ane futer tiap nyalain mp3.
    trus trus, seinget ane, mong ryong ini pria Korea kedua yang ane demen setelah abang Won Bin.
    inget banget dulu ampe numpang2 rumah temen gw buat nonton endingnya di dipidih gara2 gw tau pas mau episode terakhir gak bakal nonton di tipi.

  4. haengbok hagil barae ithu lagu yg paling sering diejek ortu aku kalo ngeliat aku nonton chunhyang. bokapku juga demen niruin bagian “aaaa aaaa aaaaaaaaaaaaaa” yang panjang ithu uehehehe

    untung aku sempet beli dvdnya biar bajakan dan kabur banget, yg penting bisa keliatan walau bikin picing😀

  5. klau kekurangan stok drama pasti rerun sassy girl chun hyang ,

  6. oke suerr banget ini one of the best K-Drama I’ve ever watched ! engg jaman smp deh ya kalo ga salah hehehe. Baguuusss banget ngaduk-ngaduk perasaan, dari yang ngakak guling-guling sampe nangis sesengukan ! ostnya juga bagus-bagus ! ah pokonya ini drama everlasting banget deh~~ sejajar sama goong dan full house. Drama yang ga mungkin orang lupa sampe kapanpun :))

  7. salah satu drama favorit sepanjang masa❤

  8. baca reviewnya jadi snyum2 sndiri ni, keingetan gimana konyolnya mong ryong di drama itu😄
    drama ini masuk salah satu favorit drama jmn dulu euy, trus yg pas eps. terakhir drama my girl kan mreka dtg ke tmpatnya lee da hae ama lee dong wook (lupa ama nama mreka di drama itu) bwt jadi cameo, gw ampe histeris nonton tuh episode *halah
    btw drama hong sister emang slalu kocak, trakhir yg gw tonton dari hong sister ini my girlfriend is gumiho, tipe2 dramanya ringan dan khas komedi yg dodol tapi bikin nagih😄

  9. Talk Less Do MORE

    kka, kan pas eps 14 akhir itu kan ada adegan yang Chae Rin ama Mong Ryong di cafe trus ada lagu backsong bagus itu kalo bole tau judul lagunya apa ya, penasaran banget >_<

  10. lucuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: