Individualisme Telah Mengakar di Korea

Kekuatan persatuan yang didasarkan pada kedaerahan dan hubungan sekolah, yang secara tradisional sudah menjadi inti cara orang Korea menjalin hubungan, kini telah berkurang. Paling tidak begitulah hasil survey yang menunjukkan bahwa individualisme telah berkembang di antara masyarakat Korea.

Survey telah dilakukan di penjuru Korea yang diadakan LG Economic Research Institute pada tanggal 13 Juni. Sebanyak 1.800 orang berpartisipasi di dalamnya. Hasilnya. 36,4% responden memprioritaskan individualitas ketimbang organisasi. Sebanyak 36,8% mengatakan mereka tidak setuju apabila tindakan atau aksi yang dilakukan untuk publik harus memberi batasan atau melanggar hak pribadi seseorang.

Perubahan cara pandang ini makin nyata di kalangan mahasiswa. Sudah hal biasa apabila melihat mahasiswa makan sendiri di kafe kampus. Dan ada kecenderungan untuk berteman dengan sedikit orang dari fakultas dan angkatan yang sama. Seorang mahasiswa berusia 22 tahun mengatakan : “Ada lebih banyak keuntungan dengan makan sendiri. Kau bisa menghema uang dan waktu“.

Pada survey kepada 528 mahasiswa oleh situs pencari kerja Incruit tahun lalu, 34,5% mahasiswa menganggap diri mereka adalah “outsider” yang jarang bersosialisasi dengan teman-teman mereka.

Source : Chosun Ilbo
Indonesian : opathebat@hallyucafe
photo : ivygateblog.com

no repost.

About opat

I am not a martian. I guess so.

Posted on June 28, 2011, in Korean Life, News and tagged , . Bookmark the permalink. 4 Comments.

  1. individualisme ya? hmm.. di indonesia juga individualismenya udah mulai tinggi…
    ternyata di korea juga ya?? apa enaknya sih ngapa”in sendiri??

  2. aku ksh tau yah. Emg sih ada enak atau nggknya bersikap individualisme. Tp kdg2 kt hrs berskp seprti itu. Krn jk kt berskp individualisme trs-menrs,bisa2 kt jd gila. You know?

  3. menurutq kudu seimbang antar individualisme sama sosialisme.Kdg emg kita btuh waktu bwt sndirian,tp kalo sampe mkn di kantin aja sndiri? Sungguh hampa hidup kita=.=

  4. uhm.. dikamppus q juga individualismenya keliahatan banget…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: