12 Tips Untuk Membantu Anda Saat Berkunjung dan Berkeliling Korea

taken from netha-sabtu.blogspot

Berikut ini adalah sebuah artikel yang dibuat oleh seseorang dengan nama id Londone7 di website travelpod. Dalam artikelnya ini ia membagi pengalamannya saat melakukan penelitian untuk merencanakan untuk berwisata mengelilingi Korea. Aku men-translate artikel ini karena aku pikir mungkin artikel ini bisa berguna untuk kalian yang juga punya rencana untuk berlibur ke Korea😀 Silahkan dinikmati…

===

Aku pikir sepertinya aku perlu membagi informasi ini pada banyak orang, berbagai cara yang bisa kalian lakukan untuk membuat penelitian dan merencanakan acara atau tempat apa saja yang akan kalin kunjungi selama kalian bepergian ke Korea.

1) Facebook Groups.
Ada banyak sekali group di facebook yang menyediakan trip wisata yang bisa kalian ikuti, serta memberi kalian berbagai informasi yang berguna tentang wisata di Korea. Aku bergabung dengan kesemua group yang aku tulis dibawah ini juga mengikuti milis (mailing lists) mereka tapi tidak menyikuti paket wisata yang mereka tawarkan. Biasanya mereka memulai paket wisata mereka dari kota Seoul, jadi ini menjadi masalah bagi aku yang tinggal di daerah selatan, di kota Daegu. Jadi apa yang dapat kalin lakukan adalah membaca rencana perjalanan mereka, pelajari berbagai daerah/acara yang akan mereka kunjungi, dan lakukan hal tersebut dengan cara kalian sendiri di waktu yang berbeda.

Berikut ini beberapa group Facebook yang aku ikuti :
Seoul Hiking Group
Discover Korea
Daegu Events & Tours
Korea Tourism Organization
Korea Clickers
Seoulite
Busan Daytrippers

Dua group yang aku tulis di paling atas memiliki paket tour yang berbeda-beda hampir setiap minggu.

2) Website ‘Visit Korea’
http://english.visitkorea.or.kr/enu/index.kto
Ini adalah website resmi dari Departemen Pariwisata Korea.
Dibawah sub-page ‘Attractions>Events‘ kalian dapat mencari berbagai festival yang akan diselenggarakan hingga bulan depan. Mereka mungkin tidak selalu mencantumkan secara detil hingga ke tanggal pasti festival tersebut akan diselenggarakan, tapi kadang mereka mencantumkan juga detil yang terjadi saat festival tersebut dilaksanakan di tahun sebelumnya, jadi ada baiknya kalian memeriksa tanggal diselenggarakannya langsung ke website acara/festival tersebut (biasanya menggaunakan bahasa Korea)

Kois Tiket Kereta Elektronik Yang Tersedia Di Stasiun-stasiun Kereta Besar

3) Korail – Korean Rail System
http://info.korail.com/2007/eng/eng_index.jsp
Dari website ini kalian dapat melihat waktu keberangkatan dan kedatangan kereta, memesan tiket, dan melihat harga untuk kereta dengn jenis ‘High Speed KTX‘, tau kommuter lokal seperti kereta ‘Munganghwa‘ dan ‘Saemaul‘. Pada stasiun-stasiun kereta besar biasanya terdapat mesin kios tiket otomatis yang menggunakan bahasa Inggris, jadi kalian tidak harus membeli tiket di loket biasa jika kalian tidak dapat berbahasa Korea.

4) Kobus – Korean Bus System
http://www.kobus.co.kr/web/eng/index.jsp
Dari website ini kalian bisa melihat waktu keberangkatan dan kedatangan bus dari hampir seluruh stasiun bus di hampir seluruh Korea Selatan. Sebenarnya jadwal ini tidak seluruhnya benar-benar tepat, beberapa stasiun bus tidak terlihat dalam website ini, ada beberapa rute dan waktu keberangkatan dan kedatangan bis tidak tercantum disini. Tapi ini tetap bisa memberi kalian ide secara general untuk perjalanan kalian serta informasi mengenai biaya perjalanan yang harus kalian keluarkan.

Website ini juga akan menginformasikan kursi yang masih tersedia dalam setiap perjalanan bus yang kalian cari. Berdasarkan informasi dari website ini, sebenarnya ada cara untuk memesan tiket bus yang terdaftar disini, tapi aku tidak mengerti bagaimana caranya, sepertinya fitur itu tidak tersedia dalam halaman website berbahasa Inggis mereka.

5) Blogs
http://blog.korea.net/
‘The Korea Blog’ ini dijalankan oleh KOCIS of the Ministry of Culture, Tourism, and Sports (Kementerian Kebudayaan, Pariwisata dan Olahraga), dimana aku juga adalah penulis kontributor pada website tersebut. Mereka menampilkan berbagai posting-an terbaik dari para kontributor mereka (daftar blog dari para penulis kontributor mereka dapat dilihat disini >> http://blog.korea.net/?p=2188).
Baca tulisan dari teman-temanmu di blog mereka, dan cari degan menggunakan google blog-blog lainnya untuk melihat pengalaman mereka saat pergi ke acara/fesival yang inin kalian datangi.

6) Facebook Friends
Ketika teman-temanmu yang tinggal di Korea meng-upload foto-foto mereka di Korea dalam album meraka, lihat-lihat foto-foto tersebut untuk melihat kenama mereka telah pergi, jika tempat yang mereka kunjungi tersebut menarik, maka katakan lah pada mereka bahwa kalian juga ingin pergi kesana. Teman kalian itu akan selalu bersedia untuk menjelaskan bagaimana kalian bisa pergi kesana dan apa saja yang menurut mereka menarik dari tempat tersebut.
Kalian juga dapat melihat bagaian ‘newsfeed’ dari facebook kalian untuk melihat apa saja acara yang mereka mereka pilih untuk mereka datangi (‘attending’). Facebook ingin agar kalian melihat-lihat apa yang dilakukan oleh teman kalian! (A/N : Agree! so, don’t you ever put something that you want to keep it as a secret on facebook!)

7) Google Images
http://images.google.com/
Dari sini, kalian bisa melihat banyak gambar/foto dari berbagai tempat acara/festival yang ingin kalian datangi.

Rough Guide to South Korea

8) Travel Books
Aku memiliki kedua buku ini : Insight South Korea & Rough Guide To South Korea (Wawasan Tentang Korea Selatan dan Panduan Kasar ke Korea Selatan)

1) http://www.amazon.ca/South-Korea-Insight-Guide-Langenscheidt/dp/9812586903/ref=sr_1_1?s=books&ie=UTF8&qid=1303105531&sr=1-1
2) http://www.amazon.ca/Rough-Guide-Korea-Martin-Zatzo/dp/1843538105/ref=sr_1_2?ie=UTF8&qid=1303105591&sr=1-2

Sebenarnya tidak banyak festival-festival yang diadakan di Korea yang disebutkan dalam buku ini. Mereka hanya menyebutkan beberapa festival besar saja, seperti festival topeng di Andong, dan beberapa kuil cantik yang terdapat di Korea yang dapat kalian kunjungi.

Nomor Telpon Yang Siap Membantu Para Wisatawan

9) Nomor Telpon Yang Membantu Informasi Bagi Para Wisatawan – 1330
http://www.visitkorea.or.kr/ena/GK/GK_EN_2_7_1.jsp
Terdapat operator yang akan siap sedia membantu kalian setiap harinya dengan menggunakan bahasa Inggris. Kalian dapat menghubungi nomor telpon ini untuk memberitahukan kepada pengemudi taksi yang kalian naiki tentang tempat kan akan kalian tuju, memesan makanan/minuman di restaurant, atau informasi general lainnya yang berkaitan tentang wisata kalian seperti nomor bus yang harus kalian naiki dan harga tiket masuk museum atau acara yang ingin kalian datangi. Aku bahkan pernah menghubungi nomor ini ketika aku mengalami masalah dengan kartu ATM bank-ku. Nomor utamanya untuk seluruh Korea Selatan adalah 1330 namun beberapa kota memiliki sub nomor mereka masing-masing :

Untuk seluruh Korea Selatan 1330 (dari telpon rumah) atau 02-1330 (dari handphone)
Untuk kota Seoul 02-1330 (dari telpon rumah)
Untuk daerah Gyeongju 054-1330 (dari telpon rumah)

10) Obrolan Teman
Berbicara lah dengan teman kalian atau wisatawan lain yang kalian temui dan temukan lah tempat-tempat tujuan lain yang menarik, bagaimana cara menuju kesana, kapan sebaiknya kalian pergi, dan apa yang menarik untuk kalian lakukan disana. Bertanya lah kepada mereka tentang semua hal tersebut.

11) Websites & Media Lainnya
Wikipedia, Wikitravel, Tripadvisor, Virtualtourist, World66, dan masih banyak lagi website lainya. Jika kalian berada di Korea mungkin kalian dapat melihat informasi tentang berbagai acara/festival yang akan diselenggarakan dari selebaran, iklan di televisi atau billboard yang dipasang di berbagai jalanan. Setiap provinsi, daerah dan kota di Korea biasanya memiliki website masing-masing yang memberikan pilihan tempat-tempat menarik di daerah mereka, biasanya mereka memiliki fitur berbahasa Inggris pula.

Kantor Informasi Wisatawan Yang Terdapat di Stasiun Daegu

12) Kantor Informasi Wisata & Brosur
http://www.visitkorea.or.kr/ena/GK/GK_EN_2_7_1_2.jsp
Setiap kota besar biasanya akan memiliki satu stasiun kereta atau bandara. Aku selalu menggambil brisur dari setiap tempat yang aku kunjungi dan dari stasiun atau bandara untuk aku baca jika saja ada hal-hal yang menarik dari tempat tersebut yang belum aku ketahui. Festival adalah salah satu cara yang digunakan oleh setiap daerah untuk mempromosikan daerah mereka masing-masing jadi biasanya tersedia brosur tentang festival apa saja yang biasa diadakan di tempat tersebut dan lihat lah, mungkin kalian bisa datang lagi di waktu berikutnya jika ada sesuatu hal yang menarik didekat sana.

Aku pernah membaca tentang ‘Jasa Pemandu Wisata’ yang akan membawamu berkeliling secara gratis tapi aku belum pernah menemukannya secara langsung hingga saat ini.
http://www.visitkorea.or.kr/ena/GK/GK_EN_2_7_3_1.jsp

Aku juga sering mengikuti kometisi semacam ini belakangan ini. Expedia menggelar sebuah kontes melalui facebook untuk memenangkan hadiah paket wisata ke Korea, hanya dengan ‘me-like’ facebook page mereka dan mengundang teman-teman kalian untuk ikut bergabung dalam page tersebut.
http://english.visitkorea.or.kr/enu/FU/FU_EN_15.jsp?cid=1256840

Yang penting untuk kalian ingat, Korea adalah negara yang sangat terobsesi dengan Festival, jadi yakin lah ahwa kalian tidak melewatkannya dalam penelitian kalian, sehingga kalian tidak akan melewatkan sesuatu yang unik dan mengagumkan dari Korea!!!

===

Nah itu tadi hasil translate dari artikel milik Londone7 di website travelpod yang mungkin dapat berguna bagi kalian yang berencana untuk berwisata ke Korea. Kalau ada diantara HC readers yang benar-benar pergi ke Korea, jangan lupa oleh-olehnya buatku yaaa… #ngarep!😀

Source : travelpod

Indo trans by : missjutek@hallyucafe

DO NOT REPOST!!

About missjutek

gw cuman manusia biasa yg punya banyak kekurangan dan kelebihan (untungnya...). Disebut missjutek karena muka gw yg jutek (sebenernya bentuk alis gw yg melengkung banget dan item yg bikin muka gw keliatan jutek), padahal hati gw baik loh... *halah...*

Posted on July 8, 2011, in Interesting Places and tagged . Bookmark the permalink. 2 Comments.

  1. Awawawaaa,keren!!aku pgn,tp msh mw ngumpulin duit dlu.
    Ada jg yg lbh enak tu pake paket wisata,jd biar terorganisir semua.lol

    • hahaha… iya sih, cuma kalo ikut paket wisata gitu kan ga bebas, karena kita harus ngikutin jadwalnya, buat yang seneng traveling mengeksplorasi tempat wisata tujuan mereka itu amat mengasikan dan ga bisa dibatas2in waktunya… mungkin tips ini berguna untuk wisatawan yang seperti itu kali ya? hihihihi…😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: