Korea Selatan Terpilih Menjadi Tuan Rumah Winter Olympic Games 2018

Tanggal 6 Juli 2011, Pimpinan dari International Olympic Committee (IOC), Jacques Rogge, mengumumkan bahwa tuan rumah untuk Olimpiade Musim Dingin ke XXIII yang akan diselenggarakan tahun 2018 adalah PyeongChang (Korea Selatan) dengan motto “New Horizons”.

Pengumuman ini berdasarkan proses panjang selama 2 tahun dan dilangsungkan pada IOC Session ke 123 di Dubai. Sebelumnya kota-kota yang menjadi kandidat adalah Munich (Jerman), Annecy (Perancis), dan PyeingChang (Korea Selatan). Di tiap sesi, tiap-tiap kota mempresentasikan tawaran mereka selama 45 menit dan menjawab pertanyaan dari anggota IOC selama 15 Menit. Presiden Korea Lee Myung Bak pun yang menjadi perwakilan Korea berbicarakan lancar dalam bahasa Inggris.

Selama 16-19 Februari 2011, Komisi Evaluasi untuk Games di tahun 2018 yang dipimpin anggota IOC Gunilla Lindberg, mengunjungi PyeongChang. Tujuan membawa Olimpiade Musim Dingin ke PyeongChang adalah menjadikan Provinsi Gangwon sebagai pusat olahraga musim dingin di Asia. Dan dikarenakan mayoritas populasi Asia adalah anak muda, tujuan utamanya adalah memperkenalkan olahraga musim dingin yang sebenarnya tidak populer di Korea. Setelah kehilangan kesempatan mereka untuk Olimpiade Musim Dingin 2010 dan 2014, Korea meluncurkan “Dream Program”. Ini adalah pembukaan kesempatan untuk merasakan olahraga musim dingin di negara yang sebenarnya aksesnya terbatas. Karena gagal di dua tahun itu, PyeongChang pun berkonsentrasi membangun infrastruktur olahrada untuk perkembangan pasar olahraga musim dingin di Asia.

PyeongChang adalah kota bagi 3,6 juta pemain ski Korea tiap tahunnya dan merupakan kota ketiga terbesar di Korea Selatan. Kota ini juga menarik sekitar 150.000 turis untuk ski tiap tahunnya. PyeongChang mendapatkan dukungan dari pemerintah dan warga Korea untuk setiap tahun mereka mencalonkan diri menjadi kandidat tuan rumah. Di Bulan Mei, SNSD, CN Blue, Insooni, dan banyak lagi melakukan pertunjukkan untuk mendukung PyeongChang menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Dingin 2018.

Winter Olympic Games ini akan diselenggarakan 9-25 Februari 2018. Dan Paralymic Winter Games akan dilaksanakan 9-18 Maret 2018.

Selamaaat …🙂

Source : International Olympic Committee official site and Yonhap News via Koreaboo
photo : here and here
Indonesian : opathebat@hallyucafe

No Repost


About opat

I am not a martian. I guess so.

Posted on July 8, 2011, in News and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink. 1 Comment.

  1. Masih 7 tahun lagi ya… hehehe… kira2 siapa aja ya artis yang bakal mengisi acara pembukaan & penutupan olimpiade ini?? Adakah artis yang populer saat ini akan ikut ambil bagian nantinya?😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: