Siapakah Theresa Rah?

Rah Seung Yun, atau lebih dikenal sebagai Theresa Rah, menjadi hangat di internet. Siapakah dia? Dia adalah juru bicara presentasi dari Korea saat General Assembly IOC ke 123 di Durban, Afrika Selatan. Theresa adalah wanita berusia 38 tahun yang merupakan juru bicara dalam pencalonan PyeongChang sebagai tuan rumah Olimpiade Musim Dingin 2018. Theresa menjadi daftar pencarian netizen setelah penampilannya yang mengesankan.

Kepada anggota IOC, Theresa mengatakan : Kami dikecewakan dua kali, tapi kami tetap berusaha. Kami mendengarkan seksama saran kalian dan belajar dari kesalahan kami”.

Theresa Rah menjadi komite pencalonan di April tahun lalu dan telah melalui sekitar 10 presentasi untuk mejadi tuan rumah acara internasional itu. Ia kemudian memperoleh julukan “Ratu presentasi”, “Kontributor no. 1 untuk kemengangan PyeongChang” dan “Bintang Durban”.

Theresa Rah telah hidup menjelajah di luar negeri selama 12 tahun karena ayahnya, seorang diplomat, diposisikan di Kanada, Inggris, Denmark, dan Malaysia. Ia kembali ke Korea saat di SMA dan lulus dari Ewha Woman University, dengan mengambil jurusan Sastra Perancis. Ia pun lancar berbahasa Inggris dan Perancis. Lulus dari universitas, Ia bekerja di Bank of Korea selama satu tahun sebelum bergabung dengan Stasiun TV berbasis bahasa inggris, Arirang TV, yang diluncurkan tahun1996. Di sana ia bekerja selama 4 tahun sebagai reporter dan pembawa berita. Sebelumnya, Theresa Rah juga bergabung dengan pencalonan Korea-Jepang sebagai tuan rumah World Cup 2002 dan 2012 Yeosu World Expo.

Warga Korea bertambah senang padanya apalgi karena ia bukan orang yang anti menunjukkan sisi emosiaonalnya. Theresa menangis saat penduduk PyeongChang menyanyi “I have a dream” di arena es di Gangneung di depan pemeriksa IOC yang sedang berkunjung. Ia kemudian kedapatan tersedu kembali saat PyeongChang terpilih menjadi tuan tumah Olimpiade Musim Dingin 2018. Katanya : “Kupikir jantungku akan meledak saat chairman IOC (Jacques) Rigge mengumumkan “PyeongChang””. “Aku tak dapat menahan air mataku karena wajah-wajah penduduk PyeongChang muncul di kepalaku”, tambahnya.

Source : Chosun Ilbo
Photo : 3wiresports.com
Indonesian : opathebat@hallyucafe

NO REPOST


About opat

I am not a martian. I guess so.

Posted on July 10, 2011, in Inspiring People and tagged , . Bookmark the permalink. 3 Comments.

  1. Selalu kagum sama wanita-wanita pintar seperti Theresa Rah ini…🙂

  2. wah…bacanya aja aquw kagum, apalagi menyaksikan dia melakukan semua itu.
    keren.

  3. inginsekalisehat

    berarti termasuk wanita hebat juga ya si Theresa Rah, nggak kenal lelah… Berkat dia, Korea menjadi tuan rumah World Cup 2002 dan 2012 Yeosu World Expo.

    blogwalking ya dari http://inginsekalisehat.wordpress.com
    salam kenal🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: