Presentase Rumah Tangga Single Parents di Korea Semakin Melonjak

Statistik menunjukkan tipikal keluarga yang terdiri dari dua orang tua dan anak-anak berjumlah kurang dari setengah dari seluruh rumah tangga di Korea karena angka perceraian terus bertumbuh dan populasinya semakin mengkhawatirkan. 

Menurut sensus tahun 2010 dari Statistics Korea, ada lebih dari satu juta rumah tangga single parents pada tahun lalu.

Sementara itu presentase rumah tangga yang terbentuk dari dua atau tiga generasi dari sebuah keluarga termasuk anak yang belum menikah jatuh secara signifikan selama 1 dekade terakhir ini. Mereka terhitung lebih dari setengah atau 56.6% total di tahun 2000 namun menyusut hingga 43.2% di tahun 2010.

Di sisi lain proporsi keluarga single parent, rumah tangga kakek-nenek tanpa orangtua, rumah tangga satu orang dan pasangan tanpa anak melonjak dari 37.9% ke 55.7% dalam periode yang sama.

Korea melihat ledakan perkembangan perceraian pada tahun 1990an. Dan mencapai puncaknya di tahun 2003 sebanyak 166,000 namun turun sedikit menjadi 120,000 selama setahun di tahun 2005. Pada tahun 2010, sekitar 1.27 juta orang memutuskan untuk tidak menikah kembali sementara membesarkan anak-anak mereka sendiri setelah perceraian, meningkat menjadi 40.2% di tahun 2005.

“Alasan utama terputusnya pola keluarga tradisional telah bergeser akibat kematian pasangan hingga perceraian,” kata Kang Ji Won, seorang peneliti di Korea Institute for Health and Social Affairs. “Kami kini pelu merangkul para single parents tanpa bias sosial.”

Sebanyak 3.6 kali lipat anak-anak dari orangtua yang bercerai lebih suka tinggal bersama ibu mereka (1,247,000 rumah tangga) daripada dengan ayah mereka (347,000 rumah tangga).

source: the chosunilbo | image: ilovekoreangirls | indo rans by. stalkinghero@hallyucafe ( do not repost)

About stalkinghero

me? you can ask jejung.. he knows me well :p

Posted on July 13, 2011, in KCulture, Korean Life. Bookmark the permalink. 2 Comments.

  1. Biasanya kalo baca artikel ttg rumah tangga orang Korea inget si Opat yang rajin nulisnya hehehe… Anyway, kalo artikel ini juga berlaku buat idola Korea ya berarti ada kesempatan buat deketin mereka kalo udh jadi duda/janda dong ya hahahaha😀

    • hahahahahh.. ide yang bagus! aku juga deh, klo biasku udah merit, trus menduda, aku mau deketin juga. lol *kayak mereka mau dideketin*

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: